Budaya Creswell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebilah potongan Batu Cresswell, di Museum dan Galeri Seni Derby[1].
Tiruan ujung tombak atau pisau Cresswell, dari Batu Cresswell, di Museum Derby[2].

Budaya Cresswell adalah budaya zaman batu dari masa "Paleolitikum Atas" di Britania Raya dinamakan dari jenis lokasi bebatuan Creswell di Derbyshire oleh Dorothy Garrod tahun 1926. Diperkirakan sekitar tahun 12.500 dan 12.000 SM (belum dipastikan) dan digantikan budaya Maglemosian Mesolitikum.

Pararel dengan budaya Federmesser dan Hamburgian di Eropa barat laut kini dan budaya Magdalenian di Eropa selatan. Dari penelitian alat-alat yang ditemukan mempunyai berbagai bentuk seperti pisau berbentuk trapesium disebut bilah Cheddar dan variasinya yang disebut bilah Creswell serta beberapa bilah pisau yang lebih kecil. Peralatan lainnya termasuk pengupas yang berbentuk pisau panjang. Teknik pembuatan pisau batu ini dengan cara memukul batu bentuk aslinya dalam satu arah, yang meninggalkan bekas alur-alur di bagian yang dipukul. Alat pemukulnya menggunakan batu yang lebih lunak atau tanduk keras.

Temuan lainnya dalam kaitan Creswellian termasuk ambar Baltik, gading mamut dan gigi serta tulang hewan lainny. Benda-benda ini dipakai sebagai harpun, penusuk, manik-manik dan jarum. Sebuah batang gading yang diruncingkan, yang mungkin jadi ujung tombak ditemukan di Gua Gough di Somerset dan Gua Kent di Devon.

Dua puluh delapan situs ditemukan bilah Cheddar di seluruh Inggris dan Wales namun belum ditemukan di Skotlandia atau Irlandia, daerah yang diduga belum ditinggali manusia sampai era berikutnya. Kebanyakan situs adalah gua namun mulai banyak ditemukan di daerah terbuka dan sumber bahan yang disukai untuk membuat peralatan bisa sampai 100 mil jauhnya dari tempat penemuan. Beberapa bilah di Guah Cave berasal dari Pewsey Vale di Wiltshire yang mana ditemukan kerang laut dan ambar dari pantai Laut Utara juga menandakan mobilitas tinggi dari populasi waktu itu. Setara dengan bukti-bukti dari budaya Magdalanian di banyak tempat di Eropa dan kemungkinan pertukaran barang dan pengiriman kelompok ekspedisi mencari bahan-bahan mentah sudah dilakukan waktu itu. Analisis dari benda-benda sisa atau serpihan di situs-situs yang pernah ditempati menandakan bahwa benda dan pisau yang dibawa kelompok Creswellian sebagai peralatan dibuat lebih kecil untuk megurangi beban perjalanan.

Membandingkan benda-benda dari Gua Kent dan Tebing Creswell mengarahkan para arkeolog untuk percaya bahwa mereka dari kelompok yang sama.

Spesies yang dimakan oleh pemburu Creswellian terpusat pada kuda liar (Equus ferus) atau rusa merah (Cervus elaphus), kemungkinan berdasarkan musim, meski kelinci kutub (Lepus articus), rusa kutub (Rangifer tarandus), mamut (Mammuthus), antelop saiga (Saiga tatarica), sapi liar, beruang coklat, lynx (sejenis kucing liar), rubah kutub (Vulpes lagopus) dan serigala juga diburu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) The museum's exhibit label says "Leaf-points were probably spear tips. They are one of the earliest recognisable objects made by fully modern humans in Britain. This is a particularly good example. c.38-35,000 years old"
  2. ^ (Inggris) The museum's exhibit label says "Cresswell points were probably hafted knife blades"