Benteng Romawi Strutts Park

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Benteng Romawi Strutts Park
Peta menunjukkan lokasi Strutts Park di Derbyshire.
Benteng Romawi Strutts Park is located in Derbyshire
Peta menunjukkan lokasi Strutts Park di Derbyshire.
Lokasi High Peak, Derbyshire
Daerah East Midlands
Coordinates 52°55′53″LU 1°28′50″BT / 52,93139°LU 1,48056°BB / 52.93139; -1.48056
Jenis Benteng Romawi
History
Dibangun 50
Ditinggalkan 80
Terkait dengan Infanteri ke-3 Bracara Augustani

Benteng Romawi Strutts Park adalah benteng Romawi kuno di Strutts Park, di pinggiran Derby di Derbyshire, Inggris. Digunakan pada abad pertama Masehi, ketika benteng baru bernama Derventio dibangun di seberang Sungai Derwent.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Benteng ini berlokasi saat ini di Duffield dan Belper Road. Penggalian tahun 1995 mendapatkan terasering, pondasi dinding batu dan perkerasan batu.[1] Benteng ini dibangun tahun 50 untuk membatasi perlintasan sungai dan ditinggalkan 30 tahun kemudian ketika benteng baru dibangun di sisi lain sungai di Little Chester.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kampanye perang Ostorius Scapula

Bagian wilayah Romawi di Britania ini sebelumnya dikuasai suku asli yang dikenal dengan nama Cornovii. Tahun 46-47 Tentara Romawi dibawah pimpinan gubernur Aulus Plautius kemungkinan menguasai wilayah sampai ke selatan Sungai Trent, jadi pada tahun 50 daerah ini adalah garis depan. Sedikit dokumentasi tertulis dari tahun-tahun ini, jadi informasi diperoleh dari penggalian arkeologi. Akhir tahun 47 gubernur baru Britania, Ostorius Scapula, mulai memerangi suku-suku di wilayah yang sekarang dinamakan Wales dan Cheshire Gap. Pimpinan mereka Caratacus menyerah pada Pertempuran Caer Caradoc dan melarikan diri ke kelompok suku jajahan Romawi Brigantes yang menguasai daerah Pennines. Ratu mereka, Cartimandua mempunyai perjanjian dengan Romawi dan menyerahkannya kepada Romawi. Ostorius meninggal dan digantikan oleh Aulus Gallus yang membawa perbatasan Wales dalam kekuasaannya namun tidak memperluas ke utara atau bart, kemungkinan karena Claudius menghindari pertempuran yang sulit karena sedikitnya material berguna untuk bererang di tanah pegunungan Britania atas. Pada waktu ini Strutts Park adalah salah satu benteng yang dibangun untuk jalur pasokan dari Wroxeter ke Rossington.

Kampanye perang untuk menguasai pegunungan Welsh berlanjut dibawah gubernur Quintus Veranius dan penggantinya Gaius Suetonius Paulinus; saat ini peran Strutt Park adalah menjaga perdamaian. Sekitar tahun 74, wilayah di utara Sungai Mersey menjadi rawan, ketika Ratu Cartimandua meminta bantuan Romawi untuk memerangi pemberontakan. Lalu tahun 78, Gnaeus Julius Agricola, yang terkenal karena pujian dalam biografi yang ditulis menantunya Tacitus, menjadi gubernur. Ia mengatur ulang benteng, meningkatkan infrastruktur jalan dan dari informasi sejarah yang tercatat baik - awalnya tahun 78 ia menguasai kembali Wales Utara, lalu tahun 79 menguasai Brigantes dan Parisii menguasai seluruh Utara Inggris yang saat ini adalah perbatasan Skotlandia. Tahun 80 benteng baru dan lokasi pengamatan di Little Chester dibangun dan benteng Strutts Park dikosongkan.

Strutts Park menjadi lokasi arkeologi yang menarik karena ditemukannya gerabah serta disimpan di Peak Archaelogical Trust dan Museum Derby.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Clay, Patrick; George (2008). An Archaeological Desk-Based Assessment for Proposed Development at the former Union Iron Foundry, City Road, Derby (SK 353 372). University of Leicester Archaeological Services. 
  2. ^ (Inggris) Dool, J; Wheeler H (1985-6). "Roman Derby - Excavations 1968- 1983". Derbyshire Arch. Journal 105. Diakses 23 May 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]