Gnaeus Julius Agricola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gnaeus Julius Agricola
Patung Agricola
PengabdianKekaisaran Romawi
Lama dinas58-85
PangkatProkonsul
KomandanLegio XX Valeria Victrix
Gallia Aquitania
Britannia
Perang/pertempuranPertempuran Watling Street
Pertempuran Mons Graupius
PenghargaanOrnamenta triumphalia

Gnaeus Julius Agricola (13 Juni 40 – 23 Agustus 93) adalah jendral Romawi yang terlibat dalam penaklukan Romawi di Britania. Biografinya, De vita et moribus Iulii Agricolae, adalah karya pertama menantunya, Tacitus.[1]

Agricola memulai karier militernya di provinsi Britannia di bawah gubernur Gaius Suetonius Paulinus. Ia ditunjuk dalam berbagai posisi, seperti quaestor di provinsi Asia tahun 64, Plebeian Tribune tahun 66, dan praetor tahun 68. Ia mendukung Vespasianus selama Tahun Empat Kaisar (69) dan memperoleh komando militer di Britania. Ketika komandonya berakhir pada tahun 73, ia menjadi patrician di Roma. Agricola menjadi konsul gubernur Britannia pada tahun 77. Saat disana, ia menaklukan Wales dan Inggris utara, serta bergerak di dataran rendah Skotlandia, di mana ia menancapkan dominasi Romawi. Terdapat spekulasi bahwa Agricola juga melancarkan ekspedisi ke Irlandia. Ia ditarik dari Britannia pada tahun 83, dan lalu pensiun dari kariernya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tacitus, Agricola; Dio Cassius (Roman History 66.20 Diarsipkan 2023-08-06 di Wayback Machine.) and three inscriptions found in Britain (including the Verulamium Forum inscription) also make reference to Agricola.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Sextus Julius Frontinus
Gubernur Provinsi Britannia
78–85
Diteruskan oleh:
Sallustius Lucullus