Kastil Codnor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 53°2′43,5″LU 1°21′17,1″BT / 53,03333°LU 1,35°BB / 53.03333; -1.35000

Dari arah Barat Laut
Dari arah Barat Daya

Kastil Codnor adalah reruntuhan kastil dari abad ke-13 di Derbyshire, Inggris. Lahan sekitar Codnor dibawah kekuasaan William Peverel setelah Penaklukan Normandia di Inggris.[1] Meski terdaftar sebagai monumen kuno yang dilindungi, secara resmi sejak 2008 masuk juga dalam daftar bangunan yang berbahaya.

Kastil ini adalah benteng batu yang melindungi kebun istana dibangun oleh William Peverel.[2] Sisa reruntuhan saat ini memperlihatkan batas dari dinding dan parit yang kuat setinggi bangunan tiga tingkat, diapit menara bulat. Bagian luar kebun di bagian bawah dibangun pada periode berikutnya. Kastil ini mempunyai pemandangan lembah Erewash serta daerah Derbyshire dan Nottinghamshire. Aslinya memiliki parit yang dalam dan di sisi timur pernah terdapat pepohonan yang lebat, yang saat ini sudah habis ditebang. Di sisi barat terdapat lapangan yang dijaga oleh menara bundar yang besar, yang memiliki lekuk untuk pertempuran. Di bagian lain dari reruntuhan terdapat bukti bahwa dinding luar memiliki lubang-lubang yang bisa dipakai pemanah jika diperlukan.

Tahun 1211 kastil ini dimiliki oleh Henry de Grey, seorang keturunan kesatria Normandia Anchetil de Greye. Keturunan Henry meliputi Lords Grey dari Codnor, Lords Grey dari Ruthyn, Wilton dan Rotherfield, Lady Jane Grey dan Earls dari Stamford, dan keluarga Dukes dari Suffolk dan Kent yang tak memiliki keturunan lagi. Anaknya Richard tinggal di Codnor dan menjadi Baron yang loyal pada Henry III. Bersama dengan saudaranya John mereka melayani Raja di Tanah Suci. John Grey memisahkan diri dari perang Skotlandia dan bergabung pada Edward III. Bersama dengan William D'Eincourt, Lord Grey memimpin semua kesatria Derbyshire dan Nottinghamshire untuk mencegah invasi.

Henry, keturunan terakhir keluarga, meninggal pada masa pemerintahan Henry VIII. Ia mewariskan sebagian tanahnya ke putra-putranya, Henry dan Richard.

Sisanya diwariskan ke bibinya Elizabeth Grey, yang kemudian pada 1429 menikah dengan Sir John Zouche, anak termuda dari empat bersaudara Baron Zouche dari Harringworth. Sir John Zouche dari Codnor tiga kali menjadi High Sheriff of Derbyshire. Kastil ini menjadi milik keluarga Zouche selama 200 tahun sampai mereka menjualnya dan pindah ke Virginia tahun 1634.

Sir Streynsham Master, High Sheriff of Derbyshire, yang tinggal di kastil tahun 1712, dilaporkan sebagai orang terakhir yang tinggal di kastil tersebut.

Kastil Codnor terletak di dataran tinggi, mempunyai pemandangan yang baik kearah Timur, dimana sebagian sisa dinding masih ada, lubang-lubangnya saat ini menjadi tempat tinggal burung. Dari bekas dinding dan pondasi, kelihatannya pernah menjadi tempat yang cukup luas. Di selatan terdapat ruang persegi yang besar, dimana terdapat dua pintu masuk ke dalam kastil; di sisi timur terdapat parit yang luas dan dalam, dan di tanggulnya pernah ditumbuhi dua baris pepohonan, yang telah ditebang sekitar tahun 1738. Taman dalam wilayah Kastil luasnya sekitar 89 kilometer persegi (22,000 acre). Di awal abad ke-13 terdapat kastil disitu; dan dalam masa pemerintahan Henry III, menjadi tempat bertugas Richard de Grey, dimana keturunannya, Baron Grey dari Codnor, tinggal cukup lama, keturunan terakhir, Henry, seorang filsuf dan ahli alkimia, pada masa pemerintahan Henry IV, mendapat lisensi untuk belajar mengubah logam; ia meninggal sekitar tahun 1526, ketika daerah Codnor dialihkan ke Sir John Zouch, yang menikahi Elizabeth, bibi dari pewaris terakhir. Wilayah Codnor dijual oleh Sir John Zouch dan John Zouch, Esq. pewarisnya pada 1634 kepada Uskup Agung Neile, dan anaknya, Sir Paul. Keturunannya, Richard Neile, Esq. menjual kastil dan kepemilikan lahannya di Codnor, kepada anggota Heanor, Loscoe, dan Langley. Dan tanah Taman Codnor, tahun 1692 kepada Sir Streynsham Master, yang menjadi high sheriff tahun 1712, dan menguasai Kastil Codnor, namun kemudian menjadi bangunan yang tak dirawat, sejak periode itu mulai runtuh. Diceritakan bahwa ada enam rumah pertanian dan bangunan lainnya dibangun dari bahan bangunan yang diambil dari reruntuhan. Kanal Cromford dan Erewash kemudian menyatu[3]

Hari ini sisa dari Kastil Codnor adalah reruntuhan yang rapuh, sisa dinding tingginya disangga dengan perancah. Tanda pada pagar pembatas memperlihatkan bahwa lokasi itu kini dimiliki oleh UK Coal Mining Ltd. dan orang dilarang masuk. Namun pandangan ke reruntuhan kastil masih dimungkinkan dari pedestrian yang bisa dilalui masyarakat.

Pada Juni 2007, program Time Team dari Channel 4 melakukan penggalian arkeologi di sekitar kastil, dengan hasil yang menarik. Yang paling spektakuler adalah penemuan koin emas abad pertengahan yang ditemukan di parit, sekarang dipamerkan di Museum dan Galeri Seni Derby[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Codnor - the Domesday Book Online accessed 6 January 2008
  2. ^ (Inggris) CastleUK.net accessed 6 January 2008
  3. ^ (Inggris) White's 1857 Directory of Derbyshire
  4. ^ (Inggris) Time Team at Channel Four: Codnor Castle, first broadcast 6 January 2008, accessed 4 July 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]