Wikipedia:Halaman yatim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Yatim)
Langsung ke: navigasi, cari

Halaman yatim adalah halaman, berkas atau proyek Wikipedia yang tidak atau hanya sedikit memiliki pranala balik dari halaman yang lain. Bantulah menandai halaman yang tidak memiliki pranala balik dengan mencantumkan {{yatim}} dan dengan memberikan beberapa pranala ke artikel tersebut.

Kriteria[sunting | sunting sumber]

Beberapa faktor kriteria artikel yang bisa disebut sebagai artikel yatim adalah:

  • Artikel yang tidak memiliki setidaknya 10 pranala balik dari artikel lain, tidak termasuk proyek Wikipedia, halaman pengguna dan halaman pembicaraan.
  • Artikel yang terisolasi yakni artikel yang tidak bisa dijangkau dari halaman utama Wikipedia.
  • Artikel yang memiliki pranala saling-silang, yaitu artikel yang memiliki pranala dari artikel satu atau lebih artikel serupa, namun tidak ada pranala balik dari selain artikel-artikel tersebut.
  • Proyek Wikipedia yang tidak memiliki pranala dari artikel Wikipedia/tidak digunakan dalam artikel dan/atau tidak memiliki kaitan dengan proyek-proyek yang lain.
  • Berkas (gambar, animasi, suara) yang tidak memiliki sedikitnya 1 (satu) pranala dari artikel/proyek Wikipedia.

Ada apa dengan halaman yatim?[sunting | sunting sumber]

Halaman yatim yang tidak memiliki atau hanya sedikit memiliki pranala balik dari halaman yang lain akan sangat sulit untuk ditemukan, sulit untuk dikembangkan, sulit untuk dipantau, dan tentunya akan sangat rawan dari aksi vandalisme. Wikipedia bukanlah tempat penyimpanan berkas dan bukan papan tempel, halaman yatim seperti artikel dan terutama berkas multimedia yang tidak digunakan akan memakan ruang yang ada, perangkat Wikipedia bukan tidak terbatas jumlahnya, maka dari itu pergunakan perangkat Wikipedia dengan sebaik-baiknya.

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Jika tidak disengaja ditemui halaman yang sesuai kriteria yatim, tambahkan {{yatim}} atau {{orphan}} pada halaman tersebut. Atau bantulah Wikipedia dengan menambahkan pranala hingga lebih dari 10 pranala, kelompokkan dan tambahkan halaman tersebut dalam suatu templat, tambahkan kategori dan interwiki, agar halaman tersebut mudah diakses dari halaman-halaman yang lain.

Ikuti langkah langkah berikut untuk menangani halaman-halaman yatim:

Langkah pertama: Mencari halaman yatim[sunting | sunting sumber]

Bantulah Wikipedia dengan memberikan pranala balik pada artikel tersebut hingga keluar dari kriteria yatim. Temukan halaman yatim di sini:

Langkah kedua: Cari dan/atau buatlah artikel-artikel terkait[sunting | sunting sumber]

Carilah artikel artikel terkait dengan menggunakan fitur pencarian yang disediakan oleh Wikipedia. Bisa juga menggunakan mesin pencari seperti Google dan Yahoo!. Jika topik terkait belum memiliki artikel di Wikipedia, maka buatlah artikel tersebut.

Langkah ketiga: Tambahkan pranala balik[sunting | sunting sumber]

Tambahkan pranala balik dengan cara memberikan dua buah tanda kurung siku [[ ]] pada setiap topik terkait. Hati-hati, pemberian pranala janganlah berlebihan. Tambahkan pula interwiki pada halaman tersebut jika perlu.

Langkah keempat: Hapus template yatim[sunting | sunting sumber]

Jika halaman sudah tidak memenuhi sebagai halaman yatim, maka hapuslah templat {{yatim}} atau {{orphan}} pada halaman tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]