Wikipedia:Saling-silang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel-artikel yang saling-silang dan diumpamakan terjebak di dalam walled-garden.

Banyak halaman-halaman yang ada dalam Wikipedia terisolasi atau saling-silang satu sama lain, namun tidak memiliki pranala balik selain dari artikel-artikel tersebut. Halaman saling-silang biasanya saling terkait satu sama lain dengan artikel yang bertopik sama terutama pada artikel-artikel stub atau artikel rintisan yang tidak memiliki banyak pranala. Hal ini akan mengakibatkan pengguna Wikipedia hanya berkutat pada halaman-halaman yang bertopik itu-itu saja.

Membangun jaringan halaman[sunting | sunting sumber]

Membangun jaringan halaman adalah suatu prinsip untuk menghubungkan topik-topik yang relevan dalam suatu artikel karena keseluruhan artikel dalam ensiklopedia adalah titik dalam suatu sistem pertautan besar.

Jangan hanya menulis artikel, tapi pertimbangkan untuk meletakkan artikel tersebut dalam suatu jaringan artikel yang saling bertautan. Buatlah pertautan ke atas, kategorisasi dan konteks artikel (misal: Amien Rais adalah seorang politisi, Gunung Arjuna adalah suatu gunung di Jawa Timur). Buat pertautan ke artikel sejenis (untuk proton lihat pula elektron, batas Sumatera Utara dan Sumatera Barat). Jangan membuat struktur kategori terlalu dalam dan sempit, atau terlalu mendatar. Membuat sistem kategori dari atas ke bawah (umum ke spesifik) akan menolong untuk membuat artikel di dalam subkategori.

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Karena pada umumnya halaman yang saling-silang terdiri dari artikel-artikel rintisan, maka kembangkan halaman tersebut sehingga memiliki banyak pranala. Jika topik halaman tersebut terlalu sempit dan tak bisa dikembangkan, maka usulkan dan diskusikanlah halaman tersebut untuk digabungkan atau dipindahkan.

Atau tambahkan templat-templat berikut ini agar pengguna yang lain lebih mudah untuk menemukan dan menanganinya:

  • {{orphan}} atau {{yatim}} bagi artikel yang tidak atau hanya memiliki sedikit pranala balik dari artikel yang lain.
  • {{walled}} atau {{terisolasi}} bagi artikel yang memiliki pranala yang dirasa cukup, namun masih dalam konteks dan topik yang sama.
  • {{kembangkan}} untuk artikel rintisan yang memiliki sedikit pranala.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]