Kalio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kalio dagiang)
Kalio
Kalio
Nama lainRendang basah
SajianHidangan utama
Tempat asalIndonesia
DaerahSumatera Barat
Suhu penyajianpanas atau suhu ruangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kalio adalah jenis rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan sebagian besar cairan santannya belum menguap. Kalio memiliki kuah cair yang cukup melimpah yang diperoleh dari santan matang yang sebagian telah berubah menjadi minyak pedas yang cukup berasa jika dikonsumsi dengan nasi putih. Banyak rendang yang disajikan di luar negeri sebenarnya lebih mirip dengan kalio atau rendang versi basah. Jika disimpan di suhu ruangan, kalio bertahan kurang dari seminggu.[1] Kalio biasanya berwarna cokelat muda keemasan, lebih pucat daripada rendang yang lebih kering.

Seperti juga rendang, isi kalio biasanya daging sapi, ayam, limpa, hati sapi atau jengkol. Hati, limpa, jengkol, dan kentang biasanya lebih banyak dimasak menjadi kalio karena sering hancur saat diaduk dan terlalu keras saat sudah menjadi rendang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lipoeto, Nur I; Agus, Zulkarnain; Oenzil, Fadil; Masrul, Mukhtar; Wattanapenpaiboon, Naiyana; Wahlqvist, Mark L (February 2001). "Contemporary Minangkabau food culture in West Sumatra, Indonesia". Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Blackwell Synergy. 10 (1): 10–16. doi:10.1046/j.1440-6047.2001.00201.x. PMID 11708602.