Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Benua Asia)
Asia
Luas31.915.000 km2 (12.322.000 sq mi)[1]
Populasi4,772,161,567 (2024)
Kepadatan penduduk153 per Km2 (397 jiwa per mi2)
DemonimOrang Asia
Negara49 (dan 5 disengketakan)
Dependensi
Negara non-PBB
BahasaDaftar bahasa di Asia
Zona waktuUTC+2 sampai UTC+12
TLD internet.asia
Kota terbesarDaftar wilayah metropolitan di Asia
Daftar kota di Asia
Gambar komposit satelit benua Asia.
Bendera negara dan Badan Asia Supranasional yang berada di wilayah Asia.

Asia adalah benua terbesar di Bumi baik menurut luas daratan maupun jumlah penduduk. Benua ini berbatasan dengan Pegunungan Ural dan Kaukasus serta Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia.[2] Benua ini mencakup 8,7% dari total luas permukaan Bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. Dengan sekitar 4,6 miliar orang, terdapat 60% dari populasi manusia dunia saat ini. Asia memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi pada era modern. Misalnya, selama abad ke-20, Populasi Asia hampir empat kali lipat.[3] Benua yang telah lama menjadi rumah bagi sebagian besar populasi manusia, merupakan tempat bagi banyak peradaban pertama.

Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki terkadang dapat dimasukkan ke Asia maupun Eropa. Beberapa bentang alam yang sering dipakai untuk memisahkan kedua benua tersebut adalah Selat Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya. Selain berbatasan langsung dengan benua Eropa, benua Asia juga memiliki batas langsung dengan benua Afrika yang memiliki perbatasan darat dan bertemu di sekitar Terusan Suez.

Mengingat ukuran dan keragamannya, konsep Asia–nama tersebut kembali ke zaman klasik–yang sebenarnya mungkin lebih berkaitan dengan geografi manusia daripada geografi fisik.[4] Asia sangat beragam dan di dalam masing-masing wilayahnya terdapat kelompok-kelompok etnik, budaya, lingkungan, ekonomi, hubungan sejarah, dan sistem pemerintahan yang mantap.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata "Asia" masuk ke dalam bahasa Indonesia, melalui bahasa Belanda, dari Yunani Kuno Ασία (Asia; lihat juga daftar nama nama tempat tradisional Yunani). Nama ini pertama kali dicoba di Herodotus (pada 440 sebelum Masehi), yang mana mengacu pada Asia Kecil; atau, dengan maksud menggambarkan Perang Persia, kepada Kerajaan Persia sebagai musuh Yunani dan Mesir. Meski sebelum Herodotus, Homer mengetahui celah Troya bernama Asios, anak laki-laki Hyrtacus, penguasa atas beberapa kota, dan dia menggambarkan rawa-rawa sebagai "ασιος" (ilias 2, 461). Istilah Yunani yang diturunkan dari Assuwa, suatu konfederasi negara negara di Anatolia Barat pada abad ke-14 sebelum Masehi. Hittite assu - "Bagus" kemungkinan adalah bagian dari nama itu.

Selain itu, pokok asal usul kata dari istilah itu kemungkinan dari kata Akkadia (w)aṣû(m), yang masih kerabat kata Ibrani יצא, yang berarti "keluar" atau "naik", mengacu ke arah matahari pada saat fajar (matahari terbit) di Timur Tengah, dan juga tampaknya berhubungan dengan kata Fenisia asa yang berarti timur. Ini kontras mungkin dengan asal usul kata yang diusulkan Eropa, dari bahasa Arab dan Parsi erēbu "masuk" atau "terbenam" (bagi matahari). Meskipun begitu, asal usul pengharapan Mesoppotamia atau Timur Tengah tak akan menjelaskan bagaimana istilah "Asia" pertama datang yang dipadukan dengan Anatolia sebagai tinggal di barat dari bahasa daerah Arab Persia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalur Sutra yang menghubungkan peradaban di seluruh Asia[5]
Kekaisaran Mongolia pada tingkat terbesarnya. Area abu-abu adalah Kekaisaran Timuriyah.

Sejarah Asia dapat dilihat sebagai sejarah yang berbeda dari beberapa wilayah pesisir di pinggiran, seperti Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Tengah, yang dihubungkan oleh massa interior stepa Asia Tengah. Pinggiran pesisir merupakan rumah bagi beberapa peradaban paling awal yang diketahui di dunia, dan masing-masing berkembang di sekitar lembah sungai yang subur. Peradaban di Mesopotamia, Lembah Indus dan Sungai Kuning memiliki banyak kesamaan. Peradaban ini mungkin telah bertukar teknologi dan ide seperti matematika dan roda. Inovasi lain, seperti menulis, tampaknya dikembangkan secara individual di setiap daerah. Kota, negara bagian, dan kerajaan berkembang di dataran rendah ini.

Wilayah stepa tengah telah lama dihuni oleh pengembara berkuda yang dapat menjangkau seluruh wilayah stepa Asia. Ekspansi paling awal dari stepa adalah Indo-Eropa yang menyebarkan bahasa mereka ke Timur Tengah, Asia Selatan, dan perbatasan Cina, di mana Bangsa Tokharia tinggal. Bagian paling utara Asia, termasuk sebagian besar Siberia, sebagian besar tidak dapat diakses oleh pengembara stepa, karena hutan lebat, iklim, dan tundra. Daerah-daerah ini sangat jarang penduduknya hingga saat ini.

Pusat dan pinggiran sebagian besar dipisahkan oleh pegunungan dan gurun. Pegunungan Kaukasus dan Himalaya serta gurun Karakum dan Gobi membentuk penghalang yang hanya bisa dilintasi oleh penunggang kuda stepa dengan susah payah. Sementara penduduk kota lebih maju secara teknologi dan sosial, dalam banyak kasus mereka tidak dapat berbuat banyak dalam aspek militer untuk bertahan melawan gerombolan stepa yang berkuda. Namun, dataran rendah tidak memiliki padang rumput terbuka yang cukup untuk mendukung pasukan kuda yang besar; untuk alasan ini dan lainnya, pengembara yang menaklukkan negara-negara di Cina, India, dan Timur Tengah sering mendapati diri mereka beradaptasi dengan masyarakat lokal yang lebih makmur.

Kekalahan Kekhalifahan Islam atas kekaisaran Bizantium dan Persia menyebabkan Asia Barat dan bagian selatan Asia Tengah dan bagian barat Asia Selatan berada di bawah kendalinya selama penaklukannya pada abad ke-7. Kekaisaran Mongol menaklukkan sebagian besar Asia pada abad ke-13, wilayah yang membentang dari Cina hingga Eropa. Sebelum invasi Mongol, Dinasti Song dilaporkan memiliki sekitar 120 juta warga; sensus 1300 yang mengikuti invasi melaporkan sekitar 60 juta orang.[6]

Black Death adalah salah satu pandemi yang paling menghancurkan dalam sejarah manusia, diperkirakan berasal dari dataran gersang di Asia Tengah, di mana pandemi tersebut kemudian menyebar di sepanjang Jalur Sutra.[7]

Kekaisaran Rusia mulai meluas ke Asia sejak abad ke-17, dan pada akhirnya akan menguasai seluruh Siberia dan sebagian besar Asia Tengah pada akhir abad ke-19. Kekaisaran Ottoman kemudian menguasai Anatolia, sebagian besar Timur Tengah, Afrika Utara, dan Balkan sejak pertengahan abad ke-16 dan seterusnya. Pada abad ke-17, Orang Manchu menaklukkan Tiongkok dan mendirikan Dinasti Qing. Kesultanan Mughal Islam dan Kekaisaran Maratha Hindu menguasai sebagian besar India pada abad ke-16 dan ke-18.[8] Kekaisaran Jepang menguasai sebagian besar Asia Timur dan sebagian besar Asia Tenggara, Nugini, dan pulau-pulau Pasifik hingga akhir Perang Dunia II.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pegunungan Himalaya adalah rumah bagi beberapa puncak tertinggi di planet ini.

Asia adalah benua terbesar di Bumi. Benua ini mencakup 9% dari total luas permukaan Bumi (atau 30% dari luas daratannya), dan memiliki garis pantai terpanjang sekitar 62.800 kilometer (39.022 mi). Asia secara umum didefinisikan terdiri dari empat perlima bagian timur Eurasia. Terletak di sebelah timur Terusan Suez dan Pegunungan Ural, di selatan Pegunungan Kaukasus (atau Cekungan Kuma–Manych), Kaspia, dan Laut Hitam.[10][11] Di sebelah timur benua ini dibatasi oleh Samudra Pasifik, di selatan oleh Samudra Hindia, dan di utara oleh Samudra Arktik. Asia dibagi menjadi 49 negara, lima di antaranya (Georgia, Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan dan Turki) merupakan negara lintas benua yang terletak sebagian di Eropa. Secara geografis, Rusia sebagian berada di Asia, tetapi dianggap sebagai negara Eropa, baik secara budaya maupun secara politik.

Gurun Gobi yang berada di Mongolia dan Gurun Arab membentang di sebagian besar Timur Tengah. Sungai Yangtze di Tiongkok adalah sungai terpanjang di Asia. Himalaya yang terletak di antara Nepal dan Tiongkok adalah pegunungan tertinggi di dunia. Hutan hujan tropis membentang di sebagian besar Asia selatan dan hutan jenis konifera dan gugur terletak lebih jauh ke utara.

Wilayah utama[sunting | sunting sumber]

Pembagian Asia menjadi beberapa wilayah oleh UNSD

Ada berbagai pendekatan untuk pembagian regional Asia. Pembagian wilayah berikut digunakan, antara lain, oleh UNSD. Pembagian Asia menjadi beberapa wilayah oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dilakukan semata-mata untuk alasan statistik dan tidak menyiratkan asumsi apa pun tentang afiliasi politik atau afiliasi lain dari negara dan wilayah.[12]

Iklim[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi iklim Köppen-Geiger peta untuk Asia.[13]

Asia memiliki fitur iklim yang sangat beragam. Iklim Asia berkisar dari arktik dan subarktik di Siberia hingga tropis di India selatan dan Asia Tenggara. Beberapa rentang suhu harian terbesar di Bumi terjadi di bagian barat Asia. Sirkulasi monsun mendominasi di bagian selatan dan timur, karena kehadiran pegunungan Himalaya yang memaksa terbentuknya suhu rendah yang menarik kelembapan selama musim panas. Bagian barat daya benua itu cukup panas. Siberia adalah salah satu tempat terdingin di Belahan Bumi Utara, dan dapat menjadi sumber massa udara Arktik untuk Amerika Utara. Tempat paling aktif di Bumi untuk aktivitas siklon tropis terletak di timur laut Filipina dan selatan Jepang.

Perubahan iklim[sunting | sunting sumber]

Perubahan iklim berdampak besar pada banyak negara di benua ini. Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2010 oleh pertanian analisis risiko global Maplecroft mengidentifikasi 16 negara yang sangat rentan terhadap perubahan iklim. Kerentanan setiap negara dihitung menggunakan 42 indikator sosial, ekonomi dan lingkungan, yang mengidentifikasi kemungkinan dampak perubahan iklim selama 30 tahun ke depan. Negara-negara Asia seperti Indonesia, Bangladesh, India, Filipina, Thailand, Tiongkok dan Sri Lanka adalah di antara 16 negara menghadapi risiko ekstrim dari perubahan iklim.[14][15][16] Beberapa pergeseran sudah terjadi. Misalnya, di bagian tropis India dengan iklim semi-kering, suhu meningkat sebesar 0,4 °C antara tahun 1901 dan 2003. Sebuah studi tahun 2013 oleh International Crops Research Institute for the Semi-Arid Tropics (ICRISAT) bertujuan untuk menemukan pendekatan dan teknik berbasis ilmu pengetahuan yang berpihak pada kaum miskin yang akan memungkinkan sistem pertanian Asia untuk mengatasi perubahan iklim, sekaligus menguntungkan kaum miskin. dan petani yang rentan. Rekomendasi studi berkisar dari meningkatkan penggunaan informasi iklim dalam perencanaan lokal dan memperkuat layanan penasehat pertanian berbasis cuaca, untuk merangsang diversifikasi pendapatan rumah tangga pedesaan dan memberikan insentif kepada petani untuk mengadopsi langkah-langkah konservasi sumber daya alam untuk meningkatkan tutupan hutan, mengisi air tanah dan menggunakan energi terbarukan.[17]

Sepuluh negara Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) – Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam – termasuk yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim di dunia, namun upaya mitigasi iklim ASEAN tidak sepadan dengan ancaman dan risiko iklim yang dihadapinya.[18]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Singapura memiliki salah satu pelabuhan peti kemas tersibuk di dunia dan merupakan pusat perdagangan devisa terbesar keempat di dunia.

Asia memiliki ekonomi benua terbesar di dunia berdasarkan nilai PDB nominal dan PPP, dan merupakan kawasan ekonomi dengan pertumbuhan tercepat.[19] Hingga 2023, Tiongkok sejauh ini merupakan ekonomi terbesar di benua Asia, dan menghasilkan hampir setengah dari ekonomi benua itu berdasarkan PDB nominal. Diikuti oleh Jepang, India, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Turki, yang semuanya berada di peringkat 20 ekonomi terbesar teratas baik berdasarkan nilai nominal maupun PPP.[20] Berdasarkan Lokasi Kantor Global 2011, Asia mendominasi lokasi kantor dengan 4 dari 5 teratas berada di Asia: Hong Kong, Singapura, Tokyo dan Seoul. Sekitar 68 persen perusahaan internasional memiliki kantor di Hong Kong.[21]

Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, ekonomi Tiongkok[22] dan India tumbuh pesat, keduanya dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata lebih dari 8%. Negara-negara dengan pertumbuhan sangat tinggi baru-baru ini di Asia termasuk Indonesia, Israel, Malaysia, Bangladesh, Thailand, Vietnam, dan Filipina, dan negara-negara kaya mineral seperti Kazakhstan, Turkmenistan, Iran, Brunei, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Arab Saudi, Bahrain, dan Oman.[butuh rujukan]

Menurut sejarawan ekonomi Angus Maddison dalam bukunya The World Economy: A Millennial Perspective, India memiliki ekonomi terbesar di dunia selama 0 SM dan 1000 SM. Secara historis, India adalah ekonomi terbesar di dunia selama hampir dua milenium dari abad ke-1 hingga ke-19, menyumbang 25% dari hasil industri dunia.[23][24][25][26] Tiongkok adalah negara dengan ekonomi terbesar dan termaju di dunia untuk sebagian besar sejarah yang tercatat dan berbagi mantel dengan India.[27][28][29] Selama beberapa dekade di akhir abad ke-20, Jepang adalah ekonomi terbesar di Asia dan terbesar kedua di antara negara mana pun di dunia, setelah melampaui Uni Soviet (diukur dalam produk material bersih) pada tahun 1990 dan Jerman pada tahun 1968. (NB: Sejumlah ekonomi supernasional lebih besar, seperti Uni Eropa (UE), Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) atau APEC). Ini berakhir pada 2010 ketika Tiongkok mengambil alih posisi Jepang menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia. Diperkirakan bahwa India akan menyusul Jepang dalam hal PDB nominal pada tahun 2027.[19]

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, PDB Jepang menurut nilai tukar mata uang hampir sebesar gabungan negara-negara Asia lainnya.[19] Pada tahun 1995, ekonomi Jepang hampir menyamai AS sebagai ekonomi terbesar di dunia selama sehari, setelah mata uang Jepang mencapai rekor tertinggi 79 Yen/US$. Pertumbuhan ekonomi di Asia sejak Perang Dunia II hingga tahun 1990-an terkonsentrasi di Jepang serta empat wilayah yaitu Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong dan Singapura yang terletak di Lingkar Pasifik, yang dikenal sebagai Asian tigers, yang sekarang semuanya dianggap sebagai ekonomi maju, memiliki PDB per kapita tertinggi di Asia.[19][30]

Mumbai adalah salah satu kota terpadat di benua Asia. Kota ini merupakan pusat infrastruktur dan pariwisata, dan memainkan peran penting dalam Ekonomi India.

Asia adalah benua terbesar di dunia dengan margin yang cukup besar, dan kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, hutan, ikan, air, beras, tembaga, dan perak. Manufaktur di Asia secara tradisional terkuat di Asia Timur dan Tenggara, terutama di Tiongkok, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, India, Filipina, dan Singapura. Jepang dan Korea Selatan terus mendominasi di bidang perusahaan multinasional, tetapi Tiongkok dan India semakin membuat terobosan yang signifikan. Banyak perusahaan dari Eropa, Amerika Utara, Korea Selatan, dan Jepang beroperasi di negara-negara berkembang Asia untuk memanfaatkan pasokan tenaga kerja murah yang berlimpah dan infrastruktur yang relatif maju.[butuh rujukan]

Menurut Citigroup pada tahun 2011, 9 dari 11 Global Growth Generators negara berasal dari Asia didorong oleh pertumbuhan populasi dan pendapatan. Mereka adalah Bangladesh, Tiongkok, India, Irak, Mongolia, Filipina, Sri Lanka, dan Vietnam.[31] Asia memiliki tiga pusat keuangan utama: Hong Kong, Tokyo, dan Singapura. Pusat panggilan dan pengalihdayaan proses bisnis (BPO) menjadi pemberi kerja utama di India dan Filipina karena ketersediaan sejumlah besar pekerja terampil berbahasa Inggris. Meningkatnya penggunaan outsourcing telah membantu kebangkitan India dan China sebagai pusat keuangan. Karena industri teknologi informasi yang besar dan sangat kompetitif, India telah menjadi pusat utama untuk outsourcing.[butuh rujukan]

Perdagangan antara negara-negara Asia dengan negara-negara di benua lain sebagian besar dilakukan di jalur laut yang penting bagi Asia. Rute utama individu telah muncul dari sini. Rute utama mengarah dari pantai Cina selatan melalui Hanoi ke Jakarta, Singapura, dan Kuala Lumpur melalui Selat Malaka melalui Kolombo di Sri Lanka ke ujung selatan India melalui Malé ke Mombasa di Afrika Timur, dari dari sana ke Jibuti, lalu melalui Laut Merah melewati Terusan Suez ke Mediterania, ke sana melalui Haifa, Istanbul, dan Athena ke Adriatik atas ke hub Italia utara di Trieste dengan koneksi relnya ke Eropa Tengah dan Timur atau lebih jauh ke Barcelona dan di sekitar Spanyol dan Prancis ke pelabuhan utara Eropa. Bagian yang jauh lebih kecil dari lalu lintas barang berjalan melalui Afrika Selatan ke Eropa. Bagian yang sangat signifikan dari lalu lintas barang Asia dilakukan melintasi Pasifik menuju Los Angeles dan Long Beach. Berbeda dengan jalur laut, Jalur Sutra melalui jalur darat ke Eropa di satu sisi masih dalam pembangunan dan di sisi lain cakupannya jauh lebih kecil. Perdagangan intra-Asia, termasuk perdagangan laut, berkembang pesat.[32][33][34][35][36][37][38][39]

Pada tahun 2010, Asia memiliki 3,3 juta jutawan (orang dengan kekayaan bersih lebih dari US$1 juta tidak termasuk rumah mereka), sedikit di bawah Amerika Utara dengan 3,4 juta jutawan. Tahun lalu Asia telah menggulingkan Eropa.[40] Citigroup dalam The Wealth Report 2012 menyatakan bahwa centa-miliuner Asia mengambil alih kekayaan Amerika Utara untuk pertama kalinya karena "pusat gravitasi ekonomi" dunia terus bergerak ke timur. Pada akhir tahun 2011, ada 18.000 orang Asia terutama di Asia Tenggara, Tiongkok, dan Jepang yang memiliki setidaknya $100 juta aset yang dapat dibuang, sedangkan Amerika Utara dengan 17.000 orang dan Eropa Barat dengan 14.000 orang.[41]

Peringkat Negara GDP (nominal, Tahun Puncak)
jutaan USD
Tahun Puncak
1  Tiongkok 19,373,586 2023
2  Jepang 6,272,362 2012
3  India 3,736,882 2023
4  Rusia 2,288,428 2013
5  Korea Selatan 1,810,966 2021
6  Indonesia 1,391,778 2023
7  Arab Saudi 1,108,149 2022
8  Turki 1,029,303 2023
9  Taiwan 790,728 2023
10  Iran 625,430 2011
Peringkat Negara GDP sebelumnya dan yang diproyeksikan (PPP, Tahun Puncak)
jutaan USD
Tahun Puncak
1  Tiongkok 33,014,998 2023
2  India 13,033,443 2023
3  Jepang 6,456,527 2023
4  Rusia[42] 5,326,855 2022
5  Indonesia 4,398,729 2023
6  Turki 3,572,551 2023
7  Korea Selatan 2,924,038 2023
8  Arab Saudi 2,300,967 2023
9  Mesir 1,803,584 2023
10  Taiwan 1,710,399 2023

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Peta Asia

Sebagaimana telah disebutkan, Asia dapat dianggap sebagai suatu bagian dari benua Eurasia yang lebih besar. Untuk pembagian berdasarkan istilah ini, lihat Eurasia Utara dan Eurasia Tengah.

Asia sendiri sering dibagi-bagi menjadi beberapa wilayah:

Asia Utara[sunting | sunting sumber]

Asia Tengah[sunting | sunting sumber]

Tidak ada konsensus pasti tentang penggunaan istilah ini, namun biasanya mencakup:

Asia Timur[sunting | sunting sumber]

Asia Timur disebut juga Timur Jauh, karena orang Eropa melihat letak geografisnya sangat jauh dari Eropa. Istilah ini mencakup:

Asia Tenggara[sunting | sunting sumber]

Daerah ini mencakup Semenanjung Malaka, Indochina dan kepulauan-kepulauan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang termasuk daerah ini adalah:

Malaysia dibagi menjadi dua bagian oleh Laut Tiongkok Selatan, dan daratan, daratan pertama di Semenanjung Malaka, dan yang kedua ada di Pulau Kalimantan. Dengan ini mempunyai bagian daratan dan bagian kepulauan

Nama dua kepulauan Malaysia:

  • Kepulauan Malaysia Timur terdapat pada Pulau Kalimantan. Terdiri dari dua negara bagian Sabah dan Serawak.
  • Kepulauan Malaysia Barat terdapat pada sebelah selatan Thailand. Terdiri dari Selangor, Negeri Sembilan, Kelantan, Johor, Perak, Pahang, dll.

Pulau Papua di bagian barat dan pulau Timor di bagian selatan yang menjadi milik Indonesia dimasukkan ke Asia Tenggara karena Politik

Asia Selatan[sunting | sunting sumber]

Asia Selatan terdiri dari:

Maladewa dan Wilayah Samudra Hindia Britania

Asia Barat[sunting | sunting sumber]

Sering dipanggil dengan nama Timur Tengah meski istilah ini juga kadang digunakan untuk merujuk kepada negara-negara di Afrika Utara. Asia Barat dapat dibagi lagi kepada:

Juga lihat Negara-negara Teluk untuk pengelompokan berbeda yang berisi beberapa negara-negara di atas.

Kepadatan penduduk[sunting | sunting sumber]

Kontur Asia

Berikut ini adalah daftar negara-negara dan wilayah menurut kepadatan penduduknya dalam jumlah penduduk/km2.

Berbeda dengan angka-angka dalam artikel negara-negara, angka-angka pada tabel ini didasarkan pada area yang mencakup perairan (danau, reservoir, sungai) dan karenanya mungkin angkanya lebih kecil di sini.

Seluruh Rusia, Mesir, dan Turki disebutkan di dalam tabel ini, meskipun hanya sebagian dari wilayah negara-negara itu berada di Asia. Georgia, Armenia, dan Azerbaijan juga dicantumkan di sini, meskipun negara-negara itu juga dapat dianggap sebagai bagian dari Eropa.

Tepi Barat dan Jalur Gaza tidak dicantumkan secara terpisah, melainkan digabungkan sebagai bagian dari wilayah Palestina.

Penjelasan di atas memberikan pemahaman tentang flora dan fauna yang hidup di daerah benua Asia yang disesuaikan dengan iklim yang dimiliki. Selanjutnya, bagaimanakah keadaan penduduk di benua Asia. Yang dapat dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Nama region dan
territoral dengan bendera
Luas
(km²)
Populasi
(2021)
Kepadatan Penduduk
(per km²)
Ibu kota
Asia Tengah:
 Kazakhstan[43] 2,724,927 19.196.465 5.7 Astana
 Kirgizstan 198,500 6.527.743 24.3 Bishkek
 Tajikistan 143,100 9.750.064 47.0 Dushanbe
 Turkmenistan 488,100 6.341.855 9.6 Ashgabat
 Uzbekistan 447,400 34.081.449 57.1 Tashkent
Asia Timur:
 Tiongkok[44] 9,584,492 1.425.893.465 134.0 Beijing
 Hong Kong[45] 1,092 7.413.100 6,688.0 Hongkong
 Jepang 377,835 124.612.530 336.1 Tokyo
 Republik Tiongkok (Taiwan)[46] 35,980 23.859.912 626.7 Taipei
 Makau[47] 25 686.607 18,473.3 Macau
 Mongolia 1,565,000 3.347.782 1.7 Ulan Bator
 Korea Selatan 98,480 51.830.139 490.7 Seoul
 Korea Utara 120,540 25.971.909 184.4 Pyongyang
Asia Utara:
 Rusia[48] 17,075,400 145.102.755 26.8 Moscow
Asia Tenggara:[49]
 Brunei Darussalam 5,770 445.373 60.8 Bandar Seri Begawan
 Kamboja[50] 181,035 16.589.023 74 Phnom Penh
 Indonesia[51] 1,419,588 273.753.191 159.9 Jakarta
 Laos 236,800 7.425.057 24.4 Vientiane
 Malaysia 329,847 33.573.874 84.2 Kuala Lumpur
 Myanmar 678,500 53.798.084 62.3 Naypyidaw
 Filipina 300,000 113.880.328 281.8 Manila
 Singapura 704 5.941.060 6,369.0 Singapura
 Thailand 514,000 71.601.103 121.3 Bangkok
 Timor Leste[52] 15,007 1.320.942 63.5 Dili
 Vietnam 331,690 97.468.029 246.1 Hanoi
Asia Selatan:
 Afghanistan 647,500 40.099.462 42.9 Kabul
 Bangladesh 144,000 169.356.251 926.2 Dhaka
 Bhutan 47,000 777.486 14.3 Thimphu
 India[53] 3,167,590 1.407.563.842 318.2 New Delhi
 Maladewa 300 521.457 1,067.2 Malé
   Nepal 140,800 30.034.989 183.8 Kathmandu
 Pakistan 803,940 211.103.000 183.7 Islamabad
 Sri Lanka 65,610 21.773.441 298.4 Kolombo
Asia Barat:
 Arab Saudi 1,960,582 35.950.396 12.0 Riyadh
 Armenia[54] 29,800 169.356.251 111.7 Yerevan
 Azerbaijan[55] 46,870 777.486 82.0 Baku
 Bahrain 665 1.407.563.842 987.1 Manama
 Georgia[56] 20,460 521.457 99.3 Tbilisi
 Iran 1,648,195 30.034.989 42 Tehran
 Irak 437,072 211.103.000 54.9 Baghdad
 Kuwait 17,820 21.773.441 118.5 Kuwait City
 Lebanon 10,452 5.592.631 353.6 Beirut
 Oman 212,460 4.520.471 12.8 Muscat
Negara Palestina Palestina 21.115 14.286.749 1.505,1 Al-Quds
 Qatar 11,437 2.688.235 69.4 Doha
 Siprus[57] 9,250 1.244.188 83.9 Nicosia
 Suriah 185,180 21.324.367 92.6 Damaskus
 Turki[58] 756,768 84.775.404 76.5 Ankara
 Uni Emirat Arab 82,880 9.365.145 29.5 Abu Dhabi
 Yaman 527,970 32.981.641 35.4 Sanaá
 Yordania 92,300 11.148.278 57.5 Amman
Total 43,810,582 6.506.649.738 89.07

Asia adalah regional atau benua terluas dan terkenal, tergantung dari apa batasannya. Secara tradisional batasannya adalah bagian dari massa benua yang terbentang dari Afrika–Eurasia terletak di timur Terusan Suez, pegunungan Ural dan selatan dari Pegunungan Kaukasus dan Laut Kaspia serta Laut Hitam. Sekitar 60% penduduk dunia tinggal di Asia, yang mana 2% di antaranya menempati bagian utara dan separuh bagian pedalaman seperti (Siberia, Mongolia, Kazakhstan, Xinjiang, Tibet, Qinghai, bagian barat Uzbekistan dan Turkmenistan); yang 98% tinggal di separuh sisa lainnya.

Flora dan fauna[sunting | sunting sumber]

Flora dan fauna yang ada di benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut. Daerah yang memiliki iklim tropis basah akan tertutup oleh hutan hujan tropis dengan pohon–pohon yang memiliki daun lebar dan heterogen. Ada juga hutan musim yang pohon–pohonnya agak jarang dan homogen. Hewan yang hidup di iklim tropis basah, antara lain sejenis kera, badak, dan banteng.

Kemudian, di daerah yang beriklim kering. Pada daerah beriklim kering akan dijumpai tumbuhan gurun yang memiliki masa tumbuh yang singkat. Tumbuhan yang dapat dijumpai pada daerah yang miliki iklim kering, yaitu sejenis kaktus berduri. Hewan yang dapat hidup di wilayah beriklim kering, antara lain hyena, singa, unta, dan keledai.

Selanjutnya, pada daerah sekeliling gurun yang memiliki curah hujan lebih besar, biasanya ditumbuhi oleh padang rumput kering. Pada daerah yang agak lembap, terdapat hutan sabana. Hewan yang hidup di daerah gurun dengan curah hujan yang lebih besar dan lembap, antara lain rusa, zebra, jerapah, yak, zebu, banteng, kuda, harimau, serigala, singa, dan jaguar.

Pada daerah sekitar kutub terdapat tanaman yang berdaun jarum dengan hutan campuran hutan cemara atau conifer. Kemudian, pada daerah di sepanjang pantai Laut Artik merupakan suatu daerah yang tidak terdapat pohon. Tumbuhan yang dapat ditemui pada daerah tersebut, biasanya sejenis lumut atau yang dikenal dengan hutan tundra. Hewan yang dapat hidup di daerah tersebut yaitu hewan caribou atau sejenis rusa, beruang, dan serigala.

Geografi politik[sunting | sunting sumber]

Lambang negara Bendera Nama Populasi[59][60]
(2018)
Area
(km2)
Ibu kota
Emblem Afganistan Afghanistan 37.171.921 652,864 Kabul
Emblem Arab Saudi Arab Saudi 33.702.756 2,149,690 Riyadh
Coat of arms of Armenia Armenia Armenia 2.951.745 29,743 Yerevan
National emblem of Azerbaijan Azerbaijan Azerbaijan[note 1] 9.949.537 86,600 Baku
Coat of arms of Bahrain Bahrain Bahrain 1.569.446 760 Manama
Emblem Bangladesh Bangladesh 161.376.708 147,570 Dhaka
Emblem Bhutan Bhutan 754.388 38,394 Thimphu
Emblem Brunei Brunei Darussalam 428.963 5,765 Bandar Seri Begawan
Coat of arms of the Philippines Filipina Filipina 106.651.394 343,448 Manila
Coat of arms of Georgia (country) Georgia Georgia[note 1] 4.002.942 69,700 Tbilisi
Emblem India India 1.352.642.280 3,287,263 New Delhi
Emblem Indonesia Indonesia[note 1] 267.670.543 1,904,569 Jakarta
Emblem of Iraq Irak Irak 38.433.600 438,317 Baghdad
Emblem Iran Iran 81.800.188 1,648,195 Teheran
Seal Jepang Jepang 127.202.192 377,915 Tokyo
Arms Kamboja Kamboja 16.249.792 181,035 Phnom Penh
Emblem Kazakhstan Kazakhstan[note 1] 18.319.618 2,724,900 Astana
Emblem Kirgizstan Kirgizstan 6.304.030 199,951 Bishkek
Emblem Korea Selatan Korea Selatan 51.171.706 100,210 Seoul
Emblem Korea Utara Korea Utara 25.549.604 120,538 Pyongyang
Emblem of Kuwait Kuwait Kuwait 4.137.312 17,818 Kota Kuwait
Emblem Laos Laos 7.061.507 236,800 Vientiane
Coat of arms of Lebanon Lebanon Lebanon 6.859.408 10,400 Beirut
Emblem Maladewa Maladewa 515.696 298 Malé
Arms Malaysia Malaysia 31.528.033 329,847 Kuala Lumpur
National emblem of Egypt Mesir Mesir[note 1] 98.423.598 1,001,449 Kairo
Emblem Mongolia Mongolia 3.170.216 1,564,116 Ulan Bator
Seal Myanmar Myanmar 53.708.320 676,578 Naypyidaw
Emblem Nepal Nepal 28.095.714 147,181 Kathmandu
Emblem Oman Oman 4.829.473 309,500 Muskat
State emblem of Pakistan Pakistan Pakistan 211,103,000 881,913 Islamabad
Arms Negara Palestina Palestina 4.862.979 6,220 Yerusalem
Arms Qatar Qatar 2.781.682 11,586 Doha
Coat of arms of Russia Rusia Rusia[note 2] 145.734.038 17,098,242 Moskwa[note 3]
Arms Singapura Singapura 5.757.499 697 Singapura
Coat of arms of Cyprus Siprus Siprus 1.189.265 9,251 Nikosia
Emblem Sri Lanka Sri Lanka 21.228.763 65,610 Sri Jayawardenepura Kotte
Coat of arms of Syria Suriah Suriah 16.945.057 185,180 Damaskus
Emblem Tajikistan Tajikistan 9.100.835 143,100 Dushanbe
Emblem Thailand Thailand 69.428.453 513,120 Bangkok
National emblem of East Timor Timor Leste Timor Leste 1.267.974 14,874 Dili
Emblem Tiongkok Tiongkok 1.427.647.786 9,596,961 Beijing
Turki Turki[note 4] 82.340.088 783,562 Ankara
Emblem Turkmenistan Turkmenistan 5.850.901 488,100 Ashgabat
Emblem Uni Emirat Arab Uni Emirat Arab 9.630.959 83,600 Abu Dhabi
Emblem Uzbekistan Uzbekistan 32.476.244 447,400 Tashkent
Emblem Vietnam Vietnam 95.545.962 331,212 Hanoi
Emblem Yaman Yaman 28.498.683 527,968 Sana'a
Coat of arms of Jordan Yordania Yordania 9.965.318 89,342 Amman

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ National Geographic Family Reference Atlas of the World. Washington, D.C.: National Geographic Society (U.S.). 2006. hlm. 264. 
  2. ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata Asia pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 4 Desember 2019. 
  3. ^ "Like herrings in a barrel". The Economist. The Economist online, The Economist Group (Millennium issue: Population). 23 Desember 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Januari 2010. Diakses tanggal 9 Februari 2014. .
  4. ^ "Asia". AccessScience. McGraw-Hill. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 November 2011. Diakses tanggal 26 Juli 2011. 
  5. ^ Silkroad Foundation, Adela C.Y. Lee. "Ancient Silk Road Travellers". Silk-road.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2017. Diakses tanggal 9 November 2017. 
  6. ^ Ping-ti Ho. "An Estimate of the Total Population of Sung-Chin China", in Études Song, Series 1, No 1, (1970). pp. 33–53.
  7. ^ "History – Black Death". BBC. 17 February 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 June 2012. 
  8. ^ Sen, Sailendra Nath (2010). An Advanced History of Modern India. hlm. 11. ISBN 978-0-230-32885-3. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2020. 
  9. ^ "A Map of the Countries between Constantinople and Calcutta: Including Turkey in Asia, Persia, Afghanistan and Turkestan". Wdl.org. 1885. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 October 2017. Diakses tanggal 9 November 2017. 
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ReferenceA
  11. ^ "Asia". Encyclopædia Britannica Online. Chicago: Encyclopædia Britannica, Inc. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2008. 
  12. ^ "Standard Country or Area Codes for Statistical Use (M49 Standard)". UN Statistica Division. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 August 2017. Diakses tanggal 2 May 2020.  "Geographic Regions" anklicken Zitat: "The assignment of countries or areas to specific groupings is for statistical convenience and does not imply any assumption regarding political or other affiliation of countries or territories by the United Nations."
  13. ^ Beck, Hylke E.; Zimmermann, Niklaus E.; McVicar, Tim R.; Vergopolan, Noemi; Berg, Alexis; Wood, Eric F. (30 October 2018). "Present and future Köppen-Geiger climate classification maps at 1-km resolution". Scientific Data. 5: 180214. Bibcode:2018NatSD...580214B. doi:10.1038/sdata.2018.214. PMC 6207062alt=Dapat diakses gratis. PMID 30375988. 
  14. ^ "Asia tops climate change's 'most vulnerable' list". New Scientist (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2021. Diakses tanggal 17 December 2020. 
  15. ^ "Which countries are most threatened by and vulnerable to climate change?". Iberdrola (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 November 2020. Diakses tanggal 17 December 2020. 
  16. ^ "Global Climate Risk Index 2020 – World". ReliefWeb (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 November 2020. Diakses tanggal 17 December 2020. 
  17. ^ Vulnerability to Climate Change: Adaptation Strategies and layers of Resilience Diarsipkan 26 February 2014 di Wayback Machine., ICRISAT, Policy Brief No. 23, February 2013
  18. ^ Overland, Indra; Sagbakken, Haakon Fossum; Chan, Hoy-Yen; Merdekawati, Monika; Suryadi, Beni; Utama, Nuki Agya; Vakulchuk, Roman (December 2021). "The ASEAN climate and energy paradox". Energy and Climate Change. 2: 100019. doi:10.1016/j.egycc.2020.100019. hdl:11250/2734506alt=Dapat diakses gratis. 
  19. ^ a b c d International Monetary Fund. "World Economic Outlook Database, April 2023". International Monetary Fund. 
  20. ^ "Largest_Economies_in_Asia". Aneki.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 July 2022. Diakses tanggal 9 November 2017. 
  21. ^ "Hong Kong, Singapore, Tokyo World's Top Office Destinations". CFO innovation ASIA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 August 2011. Diakses tanggal 21 July 2011. 
  22. ^ Farah, Paolo Davide (4 August 2006). "Five Years of China WTO Membership: EU and US Perspectives About China's Compliance With Transparency Commitments and the Transitional Review Mechanism". SSRN 916768alt=Dapat diakses gratis. 
  23. ^ Maddison, Angus (20 September 2007). Contours of the World Economy 1-2030 AD: Essays in Macro-Economic History. ISBN 978-0-19-164758-1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2020. Diakses tanggal 30 May 2021. 
  24. ^ Angus, Maddison (2003). Development Centre Studies the World Economy Historical Statistics: Historical Statistics. ISBN 978-9264104143. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2021. Diakses tanggal 30 May 2021. 
  25. ^ Bairoch, Paul (1995). Economics and world history : Myths and paradoxes. ISBN 978-0-226-03463-8. 
  26. ^ "Table B–18. World GDP, 20 Countries and Regional Totals, 0–1998 A.D." (PDF). theworldeconomy.org. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 22 July 2013. Diakses tanggal 20 September 2021. 
  27. ^ Professor M.D. Nalapat (11 September 2001). "Ensuring China's "Peaceful Rise"". Bharat-rakshak.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2010. Diakses tanggal 1 June 2010. 
  28. ^ Dahlman, Carl J; Aubert, Jean-Eric. China and the Knowledge Economy: Seizing the 21st century. WBI Development Studies. World Bank Publications. Accessed 30 January 2008. Eric.ed.gov. 2000. ISBN 978-0-8213-5005-8. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2008. Diakses tanggal 1 June 2010. 
  29. ^ "The Real Great Leap Forward". The Economist. 30 September 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2016. Diakses tanggal 1 June 2010. 
  30. ^ "Rise of Japan and 4 Asian Tigers from". emergingdragon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2010. Diakses tanggal 1 June 2010. 
  31. ^ "Philippine potential cited". sme.com.ph. 24 February 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 April 2011. Diakses tanggal 1 March 2011. 
  32. ^ "Estimated containerized cargo flows on major container trade routes in 2020, by trade route". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 January 2021. Diakses tanggal 26 January 2021. 
  33. ^ "Global Marine Trends 2030 Report" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 12 April 2021. Diakses tanggal 26 January 2021. 
  34. ^ "Maritime Trade". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 March 2021. Diakses tanggal 26 January 2021. 
  35. ^ Harry G. Broadman "Afrika's Silk Road" (2007), pp 59.
  36. ^ Harry de Wilt: Is One Belt, One Road a China crisis for North Sea main ports? in World Cargo News, 17. December 2019.
  37. ^ Bernhard Simon: Can The New Silk Road Compete With The Maritime Silk Road? in The Maritime Executive, 1 January 2020.
  38. ^ Jean-Marc F. Blanchard "China's Maritime Silk Road Initiative and South Asia" (2018).
  39. ^ "INTRA-ASIA". Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 January 2021. Diakses tanggal 26 January 2021. 
  40. ^ "Asia has more millionaires than Europe". Toronto. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2011. 
  41. ^ Vallikappen, Sanat (28 March 2012). "Citigroup Study Shows Asian Rich Topping North American". Bloomberg. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 January 2015. 
  42. ^ World Bank's GDP (PPP) Data for Russia
  43. ^   Kazakhstan is sometimes considered a transcontinental country in Central Asia and Eastern Europe; population and area figures are for Asian portion only.
  44. ^   The state "People's Republic of China" is commonly known as simply "China", which is subsumed by the eponymous entity and civilization (China). Figures given are for mainland China only, and do not include Hong Kong, Makau, dan Taiwan.
  45. ^   Hong Kong is a Special Administrative Region (SAR) of the People's Republic of China.
  46. ^   Figures are for the area under the de facto control of the Republic of China (ROC) government, commonly referred to as Taiwan. Claimed in whole by the PRC; see political status of Taiwan.
  47. ^   Makau is a Special Administrative Region (SAR) of the People's Republic of China.
  48. ^   Russia is considered a transcontinental country in Eastern Europe and Northern Asia; population and area figures are for the entire state.
  49. ^ Excludes Christmas Island and Cocos (Keeling) Islands (Australian external territories in the Indian Ocean southwest of Indonesia).
  50. ^ "General Population Census of Cambodia 2008 – Provisional population totals, National Institute of Statistics, Ministry of Planning, released 3rd September, 2008" (PDF). 
  51. ^   Indonesia is often considered a transcontinental country in Southeastern Asia and Oceania; figures do not include Irian Jaya and Maluku Islands, frequently reckoned in Oceania (Melanesia/Australasia).
  52. ^   East Timor is often considered a transcontinental country in Southeastern Asia and Oceania.
  53. ^   Includes Jammu and Kashmir, a contested territory among India, Pakistan, and the People's Republic of China.
  54. ^   Armenia is sometimes considered a transcontinental country: physiographically in Western Asia, it has historical and sociopolitical connections with Europe.
  55. ^   Azerbaijan is often considered a transcontinental country in Western Asia and Eastern Europe; population and area figures are for Asian portion only. Figures include Nakhchivan, an autonomous exclave of Azerbaijan bordered by Armenia, Iran, and Turkey.
  56. ^   Georgia is often considered a transcontinental country in Western Asia and Eastern Europe; population and area figures are for Asian portion only.
  57. ^   The island of Cyprus is sometimes considered a transcontinental territory: in the Eastern Basin of the Mediterranean Sea south of Turkey, it has historical and socio-political connections with Europe. However, the U.N. considers Cyprus to be in Western Asia, while the C.I.A. considers it to be in the Middle East.
  58. ^   Turkey is generally considered a transcontinental country in Western Asia and Southern Europe; population and area figures are for Asian portion only, excluding all of Istanbul.
  59. ^ ""World Population prospects – Population Division"". population.un.org (dalam bahasa Inggris). Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa, Divisi Kependudukan. 2019. Diakses tanggal 9 November 2019. 
  60. ^ ""Overall total population" – World Population Prospects: The 2019 Revision" (xslx). population.un.org (Data khusus yang diperoleh melalui situs web) (dalam bahasa Inggris). Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa, Divisi Kependudukan. 2019. Diakses tanggal 9 November 2019. 
  1. ^ Siberia lies in Asia geographically, but is considered a part of Europe culturally and politically.


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "note", tapi tidak ditemukan tag <references group="note"/> yang berkaitan