Bahasa Fenisia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Fenisia
𐤃𐤁𐤓𐤉𐤌 𐤊𐤍𐤏𐤍𐤉𐤌
𐤃𐤁𐤓𐤉𐤌 𐤊𐤍𐤏𐤍𐤉𐤌
dabarīm Kanaʿanīm
Dituturkan diKanaan; kemudian dituturkan pada pos-pos pantai terluar dan kepulauan di seluruh Laut Tengah.
Eraberlanjut dalam bentuk bahasa Punik mungkin sampai abad ke-5 M
Abjad Fenisia
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Kode bahasa
ISO 639-2phn
ISO 639-3phn
Glottologphoe1239  (Phoenician/Fenisia)[1]
phoe1238  (Phoenician–Punic/Fenisia-Punik)[2]
QIDQ36734
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Fenisia diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [3][4]
Lokasi penuturan
Penyebaran bahasa Fenisia
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Fenisia adalah sebuah bahasa yang dituturkan di pesisir wilayah Mediterania yang kemudian disebut "Kanaan" dalam bahasa Fenisia, Ibrani, Arab kuno, dan Aram, "Phoenicia" dalam bahasa Yunani dan Latin, dan "Pūt" dalam bahasa Mesir. Merupakan bagian dari subkelompok Kanaan dari bahasa-bahasa Semit Barat Laut. Anggota lain dari keluarga ini adalah Ibrani, Amon, Moab dan Edom.[5][6] Daerah di mana bahasa Fenisia diucapkan termasuk wilayah modern Lebanon, pesisir Suriah, pesisir utara Israel, sebagian dari Siprus dan, setidaknya sebagai bahasa penting di beberapa daerah yang berdekatan dengan Anatolia.[7] Juga diucapkan di daerah jajahan Fenisia di sepanjang pantai barat daya Laut Mediterania, termasuk di wilayah modern Tunisia, Maroko, Libya dan Aljazair serta Malta, bagian barat Sisilia, Sardinia, Korsika, Kepulauan Balears dan ujung paling selatan Spanyol.

Bahasa Fenisia, bersama-sama dengan bahasa Punik, terutama dikenal dari sekitar 10.000 prasasti yang terlestarikan,[8] ditambah dengan sejumlah gloss di dalam buku-buku yang ditulis dalam bahasa lain. Selain banyak prasasti, orang Fenisia diyakini telah meninggalkan banyak jenis lain dari sumber-sumber tertulis, tetapi kebanyakan tidak terlestarikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fenisia adalah negara setingkat masyarakat pertama yang menggunakan abjad Semit secara ekstensif. Abjad Fenisiа adalah abjad tertua konsonantal yang diverifikasi, atau dikenal sistemnya.[9] Hal ini telah menjadi konvensional untuk merujuk ke naskah-naskah tulisannya sebagai "Proto-Kanaan" sampai pertengahan abad ke-11 SM, ketika pertama kali dibuktikan pada perunggu bertulis, mata panah, dan sebagai "Fenisia" hanya setelah 1050 SM.[10] Abjad fonetik Fenisia umumnya diyakini setidaknya sebagian nenek moyang hampir semua abjad modern.

Jalur perdagangan dan kota-kota Fenisia yang paling penting di Cekungan Mediterania

Kemudian, Punisia tulisan ini mulai ditulis dalam abjad Latin, yang juga ditunjukkan vokal. Ini kemudian prasasti, selain dengan beberapa prasasti dalam huruf-huruf yunani dan transkripsi dari Fenisia nama-nama ke dalam bahasa lain, mewakili sumber utama pengetahuan tentang Fenisia vokal.

Fonologi[sunting | sunting sumber]

Konsonan[sunting | sunting sumber]

Ortografi Fenisia (lihat Abjad Fenisiа) membedakan konsonan berikut (fonem dalam tabel berwarna biru, dan standar transliterasi grafem Fenisia yang setara ditandai dengan cetak tebal):[11]

Labial Alveolar Palatal Velar Uvular Pharyngeal Glottal
plain emphatic
Nasal m m n n
Plosive voiceless p p t t k k q q ʔ ʾ
voiced b b d d ɡ g
Fricative voiceless s š ħ h h
voiced ʕ ʿ
Affricate voiceless ts s tsʼ
voiced dz z
Trill r r
Approximant l l j y w w

Sistem yang dicerminkan dalam abjad di atas adalah produk dari beberapa penggabungan. Dari Proto-Semit barat laut ke Kanaan, *š dan *ṯ bergabung menjadi *š, *ḏ dan *z bergabung menjadi *z, dan *ṱ, *ṣ́ dan *ṣ bergabung menjadi * ṣ. Selanjutnya, dari Kanaan ke Fenisia, sibilan *ś and *š bergabung menjadi *š, *ḫ and *ḥ bergabung menjadi ḥ, and *ʻ and *ġ bergabung menjadi *ʻ.[12] Yang terakhir ini adalah perkembangan juga terjadi dalam bahasa Ibrani Alkitab pada satu titik waktu tertentu atau yang lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Phoenician/Fenisia". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Phoenician–Punic/Fenisia-Punik". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  4. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  5. ^ Glenn Markoe.Phoenicians. p. 108. University of California Press, 2000.
  6. ^ Zellig Sabbettai Harris. A grammar of the Phoenician language. p. 6. 1990.
  7. ^ Lipiński, Edward. 2004. Itineraria Phoenicia. P.139-141 inter alia
  8. ^ Lehmann 2013, hlm. 209:Nearly two hundred years later the repertory of Phoenician-Punic epigraphy counts about 10.000 inscriptions from throughout the Mediterranean and its environs. Nevertheless, almost 150 years after Gesenius, Wolfgang Röllig bewailed once more that "notwithstanding the welcome increase of textual material in the past decades, Phoenician probably remains the worst transmitted and least known of all Semitic languages.
  9. ^ Fischer, Steven Roger (2004). A history of writing. Reaktion Books. hlm. 90. 
  10. ^ Markoe, Glenn E., Phoenicians. University of California Press. ISBN 0-520-22613-5 (2000) (hardback) p. 111.
  11. ^ Krahmalkov, Charles R. (2000-11-28). A Phoenician-Punic Grammar (dalam bahasa Inggris). BRILL. hlm. 21. ISBN 9789004294202. 
  12. ^ Hackett, Joe Ann. 2008. Phoenician and Punic. In: The Ancient Languages of Syria-Palestine and Arabia (ed. Roger D. Woodard). P.87

Lihat pula[sunting | sunting sumber]