Lembaga Penelitian Internasional untuk Tanaman Tropika Kering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lembaga Penelitian Internasional untuk Tanaman Daerah Tropika Kering (International Crop Research Institute for The Semi-arid Tropics, ICRISAT) merupakan organisasi nirlaba dan nonpolitik yang menyelenggarakan penelitian pertanian bagi wilayah agroekologi tropika setengah kering, seperti di Asia Selatan dan Afrika Sub-Sahara.

Wilayah tropika setengah kering dan kering merupakan wilayah yang penuh tantangan bagi pertanian karena pasokan air sangat terbatas (musim kemarau yang kuat dan panjang) serta bahaya penggurunan. Pusatnya terletak di Patancheru, dekat Hyderabad, Andhra Pradesh, India, dan untuk kegiatannya dibantu oleh dua cabang regional di Niger dan Kenya. Selain itu, terdapat empat kantor pembantu di Afrika Sub-Sahara, yaitu di Mali, Zimbabwe, Mozambik, dan Malawi. Saat ini ada enam kelompok tanaman yang diteliti ICRISAT, yaitu sorgum, milet mutiara, kacang tanah, kacang arab, gude, dan milet selain milet mutiara (seperti korakan dan juwawut).

Lembaga ini didirikan tahun 1972 oleh suatu konsorsium yang dirintis oleh Yayasan Ford dan Yayasan Rockefeller. Piagam pendiriannya ditandatangani oleh FAO dan UNDP. Lembaga ini menjadi anggota CGIAR[1]. Pengurus ICRISAT dipimpin oleh seorang direktur jenderal yang melaksanakan arahan Dewan Pengarah yang beranggotakan tokoh-tokoh internasional. Direktur Jenderal saat ini adalah William Dar (Filipina) dan ketua Dewan Pengarah adalah Nigel Poole (Britania Raya).

Referensi[sunting | sunting sumber]