Yayasan Rockefeller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yayasan Rockefeller adalah organisasi nirlaba dan yayasan pribadi yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat. Organisasi ini terkenal di penjuru dunia sebagai lembaga pemberi bantuan kemanusiaan dalam bentuk tidak langsung, seperti beasiswa, pembentukan lembaga penelitian, dan program eradikasi penyakit menular.

Pendiri yayasan ini adalah John D. Rockefeller ("Senior"), bersama anak, John D. Rockefeller, Jr. ("Junior"), dan penasihat utama bisnis dan filantropinya, Frederick Taylor Gates. Piagam pendiriannya diterima oleh parlemen negara bagian New York, tanggal 14 Mei 1913.[1] Misi utamanya adalah "menyebarluaskan kesejahteraan umat manusia di seluruh dunia."[2]

Di Indonesia, Yayasan Rockefeller pernah banyak berkiprah pada dekade 1970 dan 1980-an melalui program pemberian beasiswa bagi dosen dan peneliti lembaga-lembaga pendidikan/penelitian milik pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan. Yayasan ini juga terkenal karena membantu pelaksanaan Revolusi Hijau (termasuk di Indonesia) dan sejumlah program pemberantasan penyakit menular.

Meskipun banyak membantu berbagai program kemanusiaan, Yayasan Rockefeller tidak luput dari kritik akibat sejumlah program yang didanainya ternyata memiliki kelemahan apabila dipandang dengan sudut pandang modern. Kritik misalnya menyangkut pendanaannya dalam program eugenika di Amerika Serikat serta Revolusi Hijau.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]