Andhra Pradesh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andhra Pradesh
Peta India dengan letak Andhra Pradesh ditandai.
Ibu kota
 - Koordinat
Hyderabad
 - 17°13′LU 78°16′BT / 17,22°LU 78,26°BT / 17.22; 78.26
Kota terbesar Hyderabad
Kota metropolitan Hyderabad
Populasi (2001)
 - Kepadatan
75,727,000 (5th)
 - 275/km²
Area
 - Distrik
275,068 km² (4th)
 - 23
Zona waktu UTC +5:30
Pembentukan
 - Gubernur
 - Ketua Menteri
 - Legislatif (kursi)
November 1 1956
 - Rameshwar Thakur
 - Yeduguri Sandinti Rajasekhara Reddy
 - Sistem satu kamar (295)
Bahasa resmi Telugu, Urdu
Singkatan (ISO) IN-AP
Situs resmi: www.aponline.gov.in
Andhraseal.png

Lambang Andhra Pradesh

Andhra Pradesh (ఆంధ్ర ప్రదేశం dalam bahasa Telugu) (Āndhra Prādesh)IPA: [/aːnd̪ʰrə prədeːʃ/]) adalah sebuah negara bagian India terbesar keempat menurut luas wilayah dan kelima terbesar menurut jumlah penduduk. Ibukotanya sekaligus kota terbesar berdasarkan jumlah penduduknya adalah Hyderabad. Negara bagian ini memiliki panjang garis pantai 972 km (604 mil), berada di urutan kedua dalam hal garis pantai terpanjang di antara semua negara bagian di India. [1] Bahasa resmi utama Andhra Pradesh adalah Telugu sedangkan Urdu adalah bahasa resmi kedua di beberapa tempat,[2] sementara bahasa-bahasa lain yang digunakan di Andhra Pradesh adalah Kannada, Inggris, Tamil, dan Hindi.

Andhra Pradesh terletak antara 12°41' dan 22° LS dan 77° dan 84°40' BT, dan berbatasan dengan Maharashtra, Chhattisgarh dan Orissa di utara, Teluk Benggala di timur, Tamil Nadu di selatan dan Karnataka di barat. Andhra Pradesh secara historis disebut "Rice Bowl India". Lebih dari 77% dari tanamannya adalah padi; Andhra Pradesh menghasilkan 17.796.000 ton beras pada tahun 2006.[3] Dua sungai yang utama, Godavari, dan Krishna, melewati negara bagian ini. Daerah kantong kecil (30 kilometer persegi (12 sq mi)) dari Yanam, sebuah distrik Puducherry, terletak di Delta Godavari di timur laut negara bagian ini.

Negara bagian Andhra Pradesh dibentuk pada tanggal 1 November 1956, berdasarkan Undang-Undang Reorganisasi Negara Bagian (the States Reorganization Act) dengan menggabungkan wilayah-wilayah negara bagian Hyderabad yang berbahasa Telugu dan wilayah-wilayah Kepresidenan Madras yang berbahasa Telugu.[4]


Ilustrasi Hitec city di Andhra Pradesh

Festival[sunting | sunting sumber]

Pariwisata Andhra Pradesh[sunting | sunting sumber]

Kuil di Tirumala bermandi cahaya di malam hari

Andhra Pradesh merupakan wilayah yang memiliki banyak daerah tujuan perjalanan suci maupun wisata religius. Tirupathi, merupakan kediaman dari Venkateswara, merupakan kuil Hindu yang paling banyak dikkunjungi di India. Srisailam, kediaman dari Sri Mallikarjuna, salah satu dari duabelas Jyothirlingalu di India dan Yadagirigutta, merupakan tempat asal dari awatara Wisnu, Sri Lakshmi Narasimha. Kuil Ramappa di Warangal terkenal dengan keindahan ukiran yang sangat luar biasa. Negara bagian ini juga memiliki beberapa daerah tujuan perjalanan suci bagi umat Buddha seperti Amaravati, Bhattiprolu, Nagarjuna Konda, dan Phanigiri.

Keindahan pantai-pantai di Visakhapatnam, gua-gua karang di Borra yanng telah berumur jutaan tahun, keindahan Araku Valley yang mempesona, tempat-tempat peristirahatan di Horsley Hill yang banyak dikunjungi wisatawan, air terjun dan kekayaan serta keanekaragaman hayatinya di Talakona serta deretan pantai di Vizag merupakan beberapa atraksi alam yang ada di Andhra Pradesh.

Charminar, Benteng Golconda, Benteng Chandragiri, dan Istana Falaknuma merupakan monumen bersejarah di negara bagian ini.

(Lihat pula Pariwisata di Guntur)


Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Citizen Help". APOnline. 1 November 1956. Diakses 3 March 2009. 
  2. ^ "AP Online, Index.html" (PDF). Andhra Pradesh official website. Diakses 16 January 2011. 
  3. ^ "Rough rice production (000 t) in India, by state, 1961–2006". International Rice Research Institute. May 2008. Diakses 25 August 2009. [pranala nonaktif]
  4. ^ "Know Hyderabad: History". Pan India Network. 2010. Diakses 5 October 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]