Karimnagar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara Benteng Kota Karimnagar

Karimnagar (Telugu : కరీంనగర్ , Urdu : کریم نگر) adalah sebuah kota di India, negara bagian Andhra Pradesh di wilayah Telangana. Kota ini adalah pusat administrasi dari Distrik Karimnagar dan memiliki penduduk sekitar 260.000 jiwa.

Nama Karimnagar berasal dari Syed Karimullah Shah Saheb yang merupakan pendiri kota ini. Karimnagar terletak di tepi Maneru sungai, anak sungai dari sungai Godavari. Letak Karimnagar berada di sebelah utara dari Hyderabad.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kota Karimnagar terletak 162 kilometer dari Hyderabad, 70 kilometer dari Warangal dan 150 kilometer dari Nizamabad. APSRTC (Andhra Pradesh State Road Transport Corporation), memiliki markas zonal (meliputi Adilabad, Nizamabad, Warangal, Khammam, dan Kabupaten Karimnagar) di Karimnagar. Karimnagar Memiliki salah satu stasiun bus tersibuk di India dengan lebih dari 2500 bus yang lewat setiap hari.

Sebagai Karimnagar tidak dilayani sepenuhnya oleh Rail. Jadi, sebagian besar penumpang di bus kota digunakan untuk bepergian ke tempat yang jauh. APSRTC mengoperasikan bus dari Karimnagar ke beberapa tempat seperti Hyderabad / Secunderabad (dilayani oleh 300 bus setiap hari termasuk pelatih Volvo), Adilabad, Nizamabad, Warangal, Khammam, Nalgonda, Vijayawada, Vishakapatnam, Guntur, Piduguralla, Ongole, Kandukur, Kavali, Nellore, Puttaparthi & Tirupathi, di Andhra Pradesh. Mumbai, Bhiwandi, Shirdi, Chandrapur, Gadhchiroli, Gondia, Ramtek & Ahiri di negara bagian Maharashtra dan Bangalore (dilayani oleh Volvo Pelatih) di Karnataka.