Karnataka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karnataka
Peta India dengan letak Karnataka ditandai.
Ibu kota
 - Koordinat
Bengaluru (nama lama: Bangalore)
 - 12°35′LU 77°21′BT / 12,58°LU 77,35°BT / 12.58; 77.35
Kota terbesar Bengaluru
Populasi (2004)
 - Kepadatan
55,868,200 (9th)
 - 290.98/km²
Area
 - Distrik
192,000 km² (8th)
 - 27
Zona waktu UTC +5:30
Pembentukan
 - Gubernur
 - Ketua Menteri
 - Legislatif (kursi)
1 Nopember, 1956
 - T. N. Chaturvedi
 - H.D.Kumaraswamy
 - Sistem dua kamar (224 + 75)
Bahasa resmi Bahasa Kannada
Singkatan (ISO) IN-KA
Situs resmi: www.karnataka.gov.in
Seal of Karnataka.png

Lambang Karnataka

Karnataka adalah nama sebuah negara bagian India yang terletak di bagian barat daya. Pusat pemerintahan berada di Bengaluru, kota yang dikenal sebagai pusat teknologi informasi India, sekaligus kota terbesar. Kota-kota besar lainnya adalah Mysuru (Mysore), Mangaluru (Mangalore), dan Hubballi. Beberapa kota/tempat penting lainnya adalah Hampi, Vijayapura (Bijapur), Ballari, Shravanabelagola, Belagavi (Belgaum), Tumakuru (Tumkur), Chikkamagaluru (Chikmagalur), Kalaburagi (Gulbarga), Hosapete (Hospet) dan, Shivamogga (Shimoga).

Sebagian besar penduduk Karnataka berbahasa Kannada, meskipun bahasa Inggris, bahasa Konkani, bahasa Bealy, dan beberapa bahasa Dravidia lain.

Karnataka dibatasi oleh Laut Arab di barat, Goa di barat laut, Maharashtra di utara, Andhra Pradesh di timur, Tamil Nadu di selatan dan Kerala di barat daya. Secara topografi, Karnataka terdiri atas pesisir Laut Arab, Pegunungan Ghats Barat, Dataran Tinggi Dekkan, dan Pegunungan Ghat Timur

Sejarah Karnataka dapat diurut pada abad ke-3 SM. Suksesi administrator dari penguasa Hoysalas, Chalukyas ,dan Vijayanagara yang berkuasa, sampai kedatangan bangsa Mughal pada abad ke-17 dan Britania pada abad ke-18 telah menyumbang campuran budaya dan peninggalan yang kaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]