Uttarakhand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Uttarakhand
Peta India dengan letak Uttarakhand ditandai.
Ibu kota
 - Koordinat
Dehradun
 - 30°11′LU 78°02′BT / 30,19°LU 78,04°BT / 30.19; 78.04
Kota terbesar Dehradun
Populasi (2001)
 - Kepadatan
8,479,562 (19th)
 - 159/km²
Area
 - Distrik
53,566 km² (18th)
 - 13
Zona waktu UTC +5:30
Pembentukan
 - Gubernur
 - Ketua Menteri
 - Legislatif (kursi)
9 Nopember, 2000
 - Sudarshan Aggarwal
 - Narayan Dutt Tiwari
 - Sistem satu kamar (30)
Bahasa resmi Hindi, Garhwali, Kumaoni
Singkatan (ISO) IN-UL
Situs resmi: ua.nic.in
Dehradun is the provisional capital of the state. The new capital has not yet been chosen.

Uttarakhand (bahasa Hindi: उत्तराखंड), adalah sebuah negara bagian dari Republik India yang ke-27 pada 9 Nopember, 2000. Uttarakhand berbatasan dengan Daerah Otonomi Tibet (Cina) di bagian utara, dan Nepal di sebelah timur. Sedangkan di bagian barat berbatasan dengan negara bagian Himachal Pradesh dan Uttar Pradesh di bagian selatan. Negara bagian ini beribukota di Dehradun.

Negara bagian ini sering disebut sebagai Tanah Dewa (Hindi: देव भूमि, Dev Bhumi) Karena banyak kuil suci Hindu ditemukan di daerah ini. Daerah ini secara tradisional disebut sebagai Uttarakhand di kitab suci Hindu dan Bahasa Sanskerta, sebuah istilah yang berasal dari bahasa Sansekerta "Uttara" (उत्तर) yang berarti utara, dan "khaṇḍ" (खण्ड्) yang berarti negara atau bagian suatu negara. Uttarakhand memiliki luas wilayah 53.566 km ².

Suasana doa sore di kuil Hindu di kota Haridwar negara baian Uttarakhand

Uttarakhand adalah tempat bagi beberapa lembaga pendidikan yang penting, termasuk perguruan tinggi teknik tertua di Asia, Institut Teknologi India di Roorkee dan Govind Ballabh Universitas Pant Pertanian & Technology di universitas Pantnagar. Lembaga pendidikan lain yang penting yaitu Akademi Militer India di Dehradun , Forest Research Institute di Dehradun, Uttaranchal Institute of Technology di Dehradun.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Uttarakhand memiliki medan memanjang dari Dataran Gangga ke selatan di atas kaki bukit Himalaya ke pegunungan tinggi Nanda Dewi (7816 m), gunung tertinggi berada sepenuhnya dalam wilayah India. Negara bagian Uttarakhand terdiri dari dua daerah gunung di Garhwal barat dan Kumaon di timur, dan dalam jalur sempit Dataran Gangga selatan. Di pegunungan terdapat gunung Garhwal yang dianggap suci karena sebagai sumber air dari sungai Gangga dan Yamuna.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut Sensus India tahun 2011 Uttarakhand memiliki penduduk 10.116.752 jiwa. Populasi meningkat dibanding sensus terakhir pada 2001 meningkat sebesar 19,2%. Kepadatan penduduk 189 jiwa per kilometer persegi di bawah semua-India rata-rata 382 jiwa per kilometer persegi, 30,6% dari penduduk Uttarakhand tinggal di perkotaan.

Bahasa utama adalah Uttarakhand adalah bahasa Hindi. Menurut sensus 2001, 88,0% dari populasi negara berbicara bahasa Hindi sebagai bahasa ibu mereka. Ini termasuk juga Ketua Kumaoni dan Garhwali. Bahasa-bahasa daerah termasuk dalam wilayah Himalaya penyebaran bahasa Pahari yang lebih dekat ke Hindi-Nepal sebagai standar, tetapi dihitung oleh pemerintah India sebagai dialek bahasa Hindi. Secara keseluruhan, sensus, beberapa 2,2 juta penutur Garhwali dan 2 juta pembicara dari Kumaoni Di Uttaranchal.

Di antara penduduk Uttarakhand yang Muslim sebagian berbahasa Urdu, versi Muslim dari Hindi populer dengan 5,9%. Karena perpindahan penduduk ada sejumlah kecil penutur bahasa lain seperti Punjabi (2,9%), Bengali (1,5%) dan Nepal (1,1%). Bahasa Inggris diucapkan di seluruh India sebagai bahasa pengantar utama di Uttarakhand.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]