Ladakh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ladakh

Ladakh, yang terletak di bagian timur pemerintahan Jammu dan Kashmir adalah salah satu daerah tempat tinggal tertinggi di muka bumi. Inilah suatu negeri yang seakan-akan bumi dan langit bertemu (menurut Lady Henrietta Merrick, di dalam bukunya: In the World’s Attic (“Di Atap Langit Dunia”). Suatu negeri yang berpadang pasir luas dan himpitan gunung-gunung batu yang gelap. Ibukota negeri itu Leh, terletak hanya beberapa kilometer saja dari Biara Hemis.

Ladakh dan tetangganya, Tibet, adalah negeri-negeri pilihan kaum Kristen permulaan. Di Tankse, kira-kira 100 kilometer dari Leh, di sana ada beberapa batu yang bertuliskan kaligrafi (ukiran) yang ditulis oleh orang Kristen Nestorian zaman dahulu, orang-orang mistik pun datang dari Suriah kemudian tinggal di Tankse. Di sebelah tulisan berukir tersebut ada pahatan salib Santo George.

Mayoritas penduduk Ladakh merupakan penganut Buddhisme Tibet, sedangkan sisanya adalah penganut Islam Syi'ah. Kebanyakan penduduk di wilayah ini merupakan blasteran dari orang-orang Indo-Arya dan Tibet. Ladakh dikenal karena keindahan pemandangan pegunungannya dan kadangkala disebut sebagai "Tibet kecil" karena kuatnya pengaruh Kebudayaan Tibet disana. Karena Ladakh merupakan bagian dari Kashmir yang dipersengketakan oleh India dan Pakistan, Pemerintah India menempatkan banyak tentara di sana.