Barbra Streisand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Barbra Streisand
Barbra Streisand.jpg
Latar belakang
Nama lahir Barbara Joan Streisand
Genre Pop tradisional
Kontemporer dewasa
Show tunes
Pekerjaan Penyanyi
Aktris
Produser
Sutradara
Tahun aktif 1957-sekarang
Label Columbia
Situs web www.barbrastreisand.com

Barbara Joan Streisand yang populer dengan nama Barbra Streisand (lahir di Williamsburg, Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 24 April 1942; umur 71 tahun) adalah penyanyi Amerika yang dua kali memperoleh Academy Award. Ia juga seorang aktris teater dan film, komponis, produser film, dan sutradara. Banyak orang menganggapnya sebagai aktris yang paling sukses dalam sejarah dunia hiburan modern. Ia mendapatkan penghargaan Oscar untuk Aktris Terbaik dan Lagu Terbaik serta berkali-kali memperoleh Emmy Award, Grammy Award, Golden Globe Award dan Tony Award.

Namanya akan dicantumkan dalam Long Island Music Hall of Fame pada 2007.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Barbara Joan Streisand dilahirkan dalam sebuah keluarga Yahudi di Williamsburg, Brooklyn, New York. Ayahnya, Emanuel Streisand, adalah seorang guru sekolah dasar, meninggal ketika ia baru berusia 15 bulan. Barbara mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan ayah tirinya, Louis Kind. Ibunya, Diana Ida Rosen, tidak menganjurkan anaknya untuk mengejar kariernya dalam dunia pertunjukan, karena menurut pendapatnya, Barbara tidak cukup menarik. Barbara belajar di SMA Erasmus Hall, dan ia lulus sebagai juara keempat dari kelasnya pada 1959. Di paduan suara sekolahnya, ia menyanyi bersama Neil Diamond. Barbara tidak pernah melanjutkan studinya di perguruan tinggi.

Karier sebagai penyanyi, dunia teater, dan televisi[sunting | sunting sumber]

Setelah mengikuti suatu kompetisi musik, Barbra menjadi penyanyi kelab malam di masa remajanya. Ia mulanya ingin menjadi seorang aktris dan tampil dalam sejumlah produksi Off-Off-Broadway, termasuk salah satunya bersama Joan Rivers yang saat itu berharap menjadi aktris, tetapi ketika pacarnya Barry Dennen menolongnya menciptakan sebuah acara pertunjukan — yang pertama kali disajikan di sebuah bar khusus untuk kaum homoseksual di Greenwich Village, Manhattan pada tahun 1960 — ia menjadi terkenal sebagai penyanyi. Saat itulah ia mempersingkat nama kecilnya menjadi Barbra untuk membuatnya lebih unik.

Pada 1962 Streisand tampil di Broadway, mula-mula dalam sebuah peran kecil namun penting dan menjadikannya seorang bintang di musikal I Can Get It for You Wholesale (1962). Pada tahun yang sama ia menandatangani kontrak rekamannya yang pertama dengan Columbia Records. Albumnya yang pertama, The Barbra Streisand Album, memperoleh dua Grammy Award pada 1963. Sukses rekamannya berlanjut, dan sekali pernah ketiga album pertama Streisand muncul berbarengan di Daftar Sepuluh Terbaik album pop Billboard - sebuah sukses luar biasa mengingat pada saat itu rock and roll dan The Beatles mendominasi tangga lagu-lagu terpopuler.

Drama musik Funny Girl (1964) karya Jule Styne dan Bob Merrill, berdasarkan kehidupan Fanny Brice, diciptakan untuk Streisand setelah Styne menyaksikan penampilan Streisand dalam Wholesale, meskipun istri Ray Stark (produser pertunjukan itu), anak dari Fannie Brice, menentang keras, dan lebih memilih Carol Burnett.

Setelah beberapa kali tampil di acara televisi, termasuk penampilan legendarisnya bersama Judy Garland dalam "Judy Garland Show" (CBS, 1963), Streisand muncul dalam sebuah acaranya sendiri dalam program khusus televisi untuk CBS. Acara khususnya yang pertama, My Name Is Barbra (1965), dipuji banyak kritikus dan penggemar, demikian pula acara-acara khususnya di kemudian hari.

Barbara digolongkan sebagai salah satu "Penyanyi Perempuan yang Paling Menakjubkan" dalam edisi 2006 "Women in Song".

Karier sebagai penyanyi[sunting | sunting sumber]

Album Streisand tahun 1980, Guilty menampilkan bakat komposisi, produksi, dan vokal Barry Gibb dan merupakan salah satu suksesnya yang terbesar.

Barbra Streisand telah merekam lebih dari 60 album, hampir semuanya dengan label Columbia Records. Karya-karya awalnya pada 1960-an (debutnya, The Second Barbra Streisand Album, The Third Album, My Name Is Barbra, dll.) dianggap sebagai interpretasi klasik dari standar teater dan kelab malam, termasuk versinya yang terkenal ironis dari "Happy Days Are Here Again". Dimulai dengan My Name Is Barbra album-albumnya seringkali penuh dengan kenang-kenangan dari acara-acara khusus televisinya.


Pada tahun 1970-an ia juga sangat menonjol dalam tangga lagu-lagu pop, dengan rekaman-rekan nomor satunya seperti "The Way We Were", "Evergreen", "No More Tears (Enough Is Enough)" dan "Woman In Love"; sebagian dari lagu-lagu ini berasal dari rekamannya untuk ilustrasi film-filmnya.

Ketika tahun 1970-an berakhir, Streisand disebut sebagai penyanyi perempuan paling berhasil di AS - hanya Elvis Presley dan The Beatles yang pernah menjual lebih banyak album daripadanya. [2]

Pada 1982, kritikus musik Stephen Holden menulis bahwa Streisand adalah "Penyanyi pop Amerika arus utama yang paling berpengaruh sejak Frank Sinatra."

Streisand kembali ke akarnya di du nia teater musik dengan The Broadway Album tahun 1985. Ini adalah sukses yang tidak terduga, dan menduduki tempat pertama Billboard - tempat yang paling diincar - selama tiga minggu berturut-turut, dan disahkan dengan Album Platina 3x. Album ini menampilkan lagu-lagu yang dikemas ulang oleh Stephen Sondheim khususnya untuk rekaman ini, dan dipuji oleh para kritikus, serta dinominasikan sebagai Album Tahun Ini. Akhirnya album ini menyebabkan Streisand mendapatkan Grammy Awardnya yang ke-8 sebagai Penyanyi Perempuan Terbaik.

Pada 1991 sebuah album yang terdiri dari empat cakram, berjudul Just for the Record diterbitkan; album ini mencakup seluruh karier Streisand. Album ini menampilkan lebih dari 70 trek, termasuk bahan-bahan rekaman hidup, hit terbesarnya, serta rekaman-rekamannya yang jarang, sejak rekamannya yang paling awal hingga 1991.

Acara-acara konser pencarian dana Streisand ikut mendorong penampilan Bill Clinton hingga terkenal dan memperoleh jabatan sebagai persiden.[3] Streisand belakangan memperkenalkan pada acara pelantikannya pada 1992. Namun, karier musik Streisand tersendat. Ia disarankan agar mengadakan tur, dan ia mendebatnya selama dua tahun karena ia demam panggung. Setahun kemudian, Streisand kembali menduduki tempat pertama dengan Back to Broadway. Album ini mencakup medley duetnya I Have A Love / One Hand, One Heart dengan Johnny Mathis yang legendaris, yang diakui Streisand secara terbuka sebagai salah satu penyanyi kesayangannya.


Penampilan di televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Stasiun Sebagai Keterangan lain
1965 My Name Is Barbra
1966 Color Me Barbra
1967 The Belle of 14th Street
1968 A Happening in Central Park difilmkan 17 Juni 1967
1973 Barbra Streisand... and Other Musical Instruments
1975 Funny Girl to Funny Lady
1976 Barbra: With One More Look at You
1983 A Film Is Born: The Making of 'Yentl'
1987 One Voice
1994 Barbra Streisand: The Concert Juga sebagai produser
2000 Barbra Streisand: Timeless

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Sebagai Keterangan lain
1968 Funny Girl Fanny Brice
1969 Hello, Dolly! Dolly Levi
1970 On a Clear Day You Can See Forever Daisy Gamble
1970 The Owl and the Pussycat Doris
1972 What's Up, Doc? Judy Maxwell
1972 Up the Sandbox Margaret Reynolds
1973 The Way We Were Katie
1974 For Pete's Sake Henrietta 'Henry' Robbins (alias July Pork Bellies)
1975 Funny Lady Fanny Brice
1976 A Star Is Born Esther Hoffman Juga sebagai produser eksekutif
1979 The Main Event Hillary Kramer Juga sebagai produser
1981 All Night Long Cheryl Gibbons
1983 Yentl Yentl (alias Anshel) Juga sebagai produser, sutradara, dan penulis
1987 Nuts Claudia Draper Juga sebagai produser
1991 The Prince of Tides Dr. Susan Lowenstein Juga sebagai produser dan sutradara
1996 The Mirror Has Two Faces Rose Morgan Juga sebagai produser dan sutradara
2004 Meet the Fockers Roz Focker


Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]