Oscar Peterson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Oscar Peterson
Oscar Peterson.jpg
Latar belakang
Nama lahir Oscar Emmanuel Peterson
Asal Montreal, Quebec, Kanada
Meninggal 23 Desember 2007 (umur 82)
Mississauga, Ontario, Kanada
Genre Jazz
Pekerjaan Pemusik, komponis
Instrumen Piano
Tahun aktif 1945–2007
Label Telarc
Situs web www.oscarpeterson.com

Oscar Emmanuel Peterson, CC, CQ, O.Ont. (lahir di Montreal, Quebec, Kanada, 15 Agustus 1924 – meninggal di Mississauga, Ontario, Kanada, 23 Desember 2007 pada umur 83 tahun) [1][2] adalah pianis jazz dan komponis berkewarganegaraan Kanada. Ia dianggap sebagai salah satu pianis terbesar dalam sejarah musik jazz.[3] Sepanjang lebih dari 50 tahun karier bermusiknya, Oscar Peterson telah menghibur penggemar jazz di seluruh dunia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Oscar Peterson dibesarkan di kawasan Little Burgundy, Montreal yang saat itu adalah kawasan kumuh yang kerap diwarnai tindak kekerasan dan penyalahgunaan narkotika. Lingkungan tempatnya dibesarkan didominasi penduduk berkulit hitam yang menyenangi jazz. Ketika itu Amerika Serikat sedang dilanda kerusuhan rasial, dan Little Burgundy dijadikan tempat perlindungan bagi seniman keturunan Afrika-Amerika dari AS. Sewaktu masih berusia 5 tahun, Oscar mulai belajar main piano dan trompet. Setelah jatuh sakit akibat tuberkulosa, Oscar yang waktu itu berusia 7 tahun, tidak lagi bermain trompet, dan hanya berkonsentrasi pada piano. Sejumlah musisi yang memengaruhi Peterson muda adalah Teddy Wilson, Nat "King" Cole, James P. Johnson, dan musisi legendaris Art Tatum. Ketertarikan Peterson terhadap Art Tatum sudah dimulai sejak dirinya berusia belasan tahun. Ketika ayahnya memainkan lagu "Tiger Rag" yang biasa dibawakan Art Tatum, Peterson begitu terpesona hingga konon tidak mau menyentuh piano selama hampir dua bulan.

Setelah dikenal sebagai pianis jazz berteknik luar biasa dengan permainan melodi yang kreatif, Oscar Peterson menjadi bintang tamu tetap di sebuah radio Kanada. Penampilan perdananya di Amerika Serikat adalah di Carnegie Hall, New York City, New York berkat jasa promotor Norman Granz pada tahun 1949.

Kariernya melesat setelah bergabung dengan label rekaman yang dimiliki Norman Granz (terutama Verve records), dan pertunjukan Jazz at the Philharmonic yang diproduksi oleh Granz. Kisah pertemuan Granz dengan Peterson tidak kalah uniknya. Granz sedang berada di taksi yang membawanya ke Bandar Udara Montréal ketika mendengar permainan piano Oscar Peterson lewat radio di dalam taksi. Pada waktu itu, Peterson sedang mengadakan pertunjukan di klab malam lokal yang disiarkan langsung melalui radio. Granz begitu terpesona dengan permainan Peterson. Supir taksi dimintanya untuk berbalik arah, dan membawanya ke klab tempat Peterson sedang bermain. Setelah bertemu dengan Peterson, Granz menjadi akrab dengan Peterson yang kemudian menjadikan Granz sebagai manajernya. Jazz at the Philharmonic merupakan kesempatan bagi Peterson untuk bisa tampil bersama-sama pemusik terkenal seperti Ray Brown, Coleman Hawkins, Ben Webster, Milt Jackson, Herb Ellis, Barney Kessel, Ed Thigpen, Niels-Henning Ørsted Pedersen, Louis Armstrong, Stéphane Grappelli, Ella Fitzgerald, Clark Terry, Joe Pass, Anita O'Day, Fred Astaire, Count Basie, Dizzy Gillespie, dan Stan Getz.

Pada awal tahun 1950-an, Peterson mulai tampil sebagai sebagai Oscar Peterson Trio dengan pemain bass Ray Brown dan Charlie Smith. Pemain drum Charlie Smith kemudian digantikan gitaris Irving Ashby, mantan Nat King Cole Trio. Namun Ashby yang pemain gitar bergaya swing juga tidak bertahan lama, dan digantikan Barney Kessel.[4] Kessel mengalami kelelahan setelah ikut pertunjukan keliling selama setahun, dan digantikan oleh Herb Ellis. Dengan bergabungnya Ellis yang berkulit putih, Peterson Trio menjadi grup musik kontroversial yang tidak memandang perbedaan rasial.

Setelah Ellis keluar pada tahun 1958, Peterson dan Brown tidak yakin bahwa mereka dapat menemukan pengganti Ellis. Sebagai pemecahannya, Peterson dan Brown mengajak serta seorang pemain drum Gene Gammage yang hanya bertahan sebentar sebelum digantikan Ed Thigpen. Di dalam trio, Peterson menjadi pemain piano tunggal yang dominan. Di antara sejumlah pemusik yang ikut bergabung bersama grup Peterson terdapat Louis Hayes, Bobby Durham, Ray Price, Sam Jones, dan George Mraz.[3]

Sejumlah ahli musik berpendapat[butuh rujukan] bahwa album-album Peterson dari akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an yang dirilis di bawah label MPS merupakan rekaman terbaik dari Peterson. Selanjutnya, Peterson bergabung dengan label rekaman Pablo Records yang baru saja didirikan Norman Granz pada tahun 1973, dan juga Telarc Records. Salah satu komposisi terbaik yang diciptakannya di puncak kejayaannya adalah "Canadiana Suite".

Pada tahun 1993, Peterson menderita serangan stroke yang melemahkan bagian sebelah kiri tubuhnya, dan membuatnya beristirahat dari dunia musik selama dua tahun. Namun Peterson kembali bangkit, dan mulai tampil di atas panggung dalam sejumlah kesempatan. Pada tahun 1997, Peterson dipilih sebagai penerima Penghargaan Grammy untuk Pencapaian Seumur Hidup, dan Penghargaan International Jazz Hall of Fame.

Pada tahun 2003, Peterson merekam DVD A Night in Vienna di bawah label rekaman Verve. Walaupun maksimal hanya sebulan dalam setahun, Peterson juga terus melakukan pertunjukan di Eropa dan Amerika Serikat. Sepanjang konser kelilingnya, Peterson juga harus beristirahat dua hari untuk memulihkan stamina setiap kali ia melakukan pertunjukan. Pemusik yang menemani Peterson di atas panggung adalah pemain gitar Ulf Wakenius, pemain bass David Young[5], dan Alvin Queen pada drum.

Pada tahun 2007, pertunjukan Peterson di Festival Jazz Toronto dibatalkan karena ia jatuh sakit. Begitu pula halnya dengan penampilannya dalam konser para bintang di Carnegie Hall, 8 Juni 2007. Oscar Peterson meninggal dunia 23 Desember 2007 akibat gagal ginjal. Saat-saat terakhir Peterson dihabiskannya di kediamannya di Mississauga, pinggir kota sebelah barat Toronto.[1]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Canadian jazz great Oscar Peterson dies". CBC News. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-12-25. Diakses 24 Desember.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "Oscar Peterson, Jazz Pianist, Is Dead at 82" Associated Press via The New York Times 24 Desember 2007
  3. ^ a b Scott Yanow. "Oscar Peterson Biography". allmusic. Diakses 28 Januari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  4. ^ "A look at Oscar Peterson's career:". oscarpeterson.com. Diakses 23 Mei.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  5. ^ Banff Centre faculty

Pranala luar[sunting | sunting sumber]