Carnegie Hall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carnegie Hall
Carnegie Hall.jpg
Carnegie Hall
Informasi umum
Gaya arsitektur renaisans Italia
Lokasi Midtown Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat
Koordinat Koordinat: 40°45′53,8″LU 73°58′48,5″BT / 40,75°LU 73,96667°BB / 40.75000; -73.96667
Mulai dibangun 1890
Selesai 1891
Pengurus Carnegie Hall Corporation
Desain dan konstruksi
Arsitek William Tuthill

Carnegie Hall (Gedung Carnegie) adalah gedung arena konser di Midtown Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Gedung ini terdiri dari tiga gedung yang menjadi satu. Andrew Carnegie membangunnya sebagai gedung konser berlantai delapan berdasarkan desain oleh arsitek William Burnet Tuthill dan konsultan akustik Dankmar Adler. Ketika selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 1891, gedung ini diberi nama Music Hall.[1]

Setiap tahunnya, di Carnegie Hall diselenggarakan sekitar 250 pertunjukan musik klasik, pop, dan jazz.[2] Setelah pada tahun 1962 New York Philharmonic memindahkan markasnya ke Philharmonic Hall di Lincoln Center, Carnegie Hall ini tidak memiliki orkestra sendiri.

Selain di New York City, nama Andrew Carnegie diabadikan sebagai nama beberapa gedung konser lain:

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ketika dibuka untuk umum pada bulan April 1891, Carnegie Hall memiliki tiga auditorium: aula utama, aula musik kamar, dan aula resital yang berada di bawah aula utama.

Aula utama (Auditorium Isaac Stern)[sunting | sunting sumber]

Auditorium Isaac Stern

Pada tahun 1996, nama violis Isaac Stern diabadikan sebagai nama aula utama Carnegie Hall. Aula berkapasitas 2.804 kursi ini [3] memiliki balkon bertingkat 5, dengan sejumlah 105 anak tangga menuju ke balkon paling atas.[4]

Di lobi aula utama dipasang potret dan memorabilia dari musisi jazz dan pop yang pernah pentas di Carnegie Hall, di antaranya Benny Goodman, Judy Garland, Harry Belafonte, dan Stevie Ray Vaughan. Mereka semuanya pernah merekam konser di Carnegie Hall.

Aula Resital Weill[sunting | sunting sumber]

Berada di lantai 3, aula ini diberi nama Aula Resital Weill untuk mengenang mantan ketua dewan Carnegie Hall, Sanford I. Weill dan istrinya, Joan. Auditorium ini berkapasitas 268 kursi[3], dan sudah beroperasi sejak Carnegie Hall dibuka pada tahun 1891. Aula ini dipakai untuk resital, konser musik kamar, dan simposium. Sebelum disebut Aula Resital Weill pada tahun 1986, aula ini pernah disebut Aula Musik Kamar Carnegie dan sebagai Aula Resital Carnegie pada tahun 1940-an.

Aula Zankel[sunting | sunting sumber]

Aula Zankel yang berkapasitas 599 kursi dibuka kembali bulan September 2003 sebagai ruang serba guna untuk pertunjukan dan pendidikan.[3] Nama mantan wakil direktur Carnegie Hall, Arthur Zankel dan istrinya, Judy diabadikan sebagai nama aula yang dulunya disebut Aula Resital. Setelah selesai direnovasi tahun 1896, aula ini disebut Carnegie Lyceum. Pada tahun 1898, aula disewakan kepada American Academy of Dramatic Arts, dan dirombak sebagai gedung bioskop sekitar tahun 1960, sebelum dikembalikan sebagai auditorium pada tahun 1997. Setelah dibangun kembali, peresmian Aula Zankel dilakukan bulan September 2003.[5][6]

Museum, arsip, dan studio[sunting | sunting sumber]

Gedung ini juga memiliki Arsip Gedung Carnegie yang didirikan tahun 1991 dan sebuah museum musik bernama Rose Museum (diresmikan tahun 1991). Di atas auditorum terdapat delapan lantai ruang studio yang disewakan untuk musisi, dramawan, tari, arsitek, fotografer, dan pelukis. Ruang studio dibangun sebagai lantai tambahan setelah gedung utama dibuka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Andrew Carnegie, 1913

Gedung ini diberi nama Carnegie Hall untuk mengenang Andrew Carnegie yang telah membiayai pembangunan gedung. Gedung awalnya dimaksudkan sebagai tempat pentas Oratorio Society of New York dan New York Symphony Society. Carnegie menjabat anggota dewan bagi kedua kelompok tersebut. Pembangunan gedung dimulai kontraktor Isaac A. Hopper and Company pada tahun 1890.

Gedung ini mulai dibuka untuk umum pada bulan April 1891. Acara peresmian berupa festival musik lima hari dimulai tanggal 5 Mei 1891. Komponis Pyotr Ilyich Tchaikovsky tampil untuk pertama kalinya di Amerika Serikat membawakan sejumlah karyanya, termasuk "Marche Solennelle". Ketika diresmikan, gedung ini diberi nama "Music Hall". Di atas pintu masuk utama ditulis Music Hall founded by Andrew Carnegie (Aula Musik didirikan oleh Andrew Carnegie). Gedung ini mulai disebut Carnegie Hall pada tahun 1898 setelah izin memakai nama Carnegie didapat oleh anggota dewan Music Hall Company of New York yang bertugas sebagai badan pengelola gedung. Sejumlah perbaikan dilakukan antara tahun 1893 dan 1896, termasuk pembangunan dua menara untuk studio seniman, dan perbaikan auditorium di lantai bawah gedung.

Carnegie Hall dimiliki keluarga Carnegie hingga janda mendiang Carnegie menjualnya kepada pengembang realestat bernama Robert E. Simon pada tahun 1925. Simon meninggal dunia pada tahun 1935, dan mewarisi kepemilikan gedung kepada putranya, Robert E. Simon Jr. Pada pertengahan tahun 1950-an, Simon Jr. menawarkan Carnegie Hall untuk dibeli oleh New York Philharmonic yang setiap tahunnya menjadi penyewa tersering di Carnegie. Tawaran tersbeut ditolak New York Philharmonic yang sudah memiliki rencana untuk pindah ke Lincoln Center. Usaha Simon menjual gedung ke pengembang realestat juga tidak berhasil. Setelah konser New York Philharmonic dipindahkan ke Lincoln Center, Carnegie Hall menurut rencana akan dibongkar untuk diganti dengan gedung pencakar langit komersial. Di bawah desakan kelompok pimpinan violis Isaac Stern dan seniman penyewa studio, pemerintah kota New York membeli Carnegie Hall seharga AS$5 juta. Pada bulan Mei 1960 didirikan badan pengelola bernama Carnegie Hall Corporation. Selanjutnya pada tahun 1962, gedung ini ditetapkan sebagai Markah Bersejarah Nasional.[1],[7],[8]

Renovasi[sunting | sunting sumber]

Carnegie Hall Tower

Carnegie Hall mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1983 dan 2003 di bawah pimpinan James Polshek, arsitek yang mendesain planetarium Museum Sejarah Alam Amerika. Polshek dan firma Polshek Partnership sudah ikut dalam empat tahapan proyek renovasi dan ekspansi sejak tahun 1978.[5][6]

Renovasi gedung juga mengundang kontroversi. Setelah selesai direnovasi pada tahun 1986, sejumlah musisi menyatakan keprihatinan atas akustik auditorium utama.[9] Walaupun perubahan akustik disangkal pihak Carnegie, berbagai keluhan terus disampaikan para musisi hingga 9 tahun berikutnya. Pada tahun 1995, sepotong beton di bawah panggung diketahui sebagai penyebabnya, dan beton tersebut segera dibongkar.[10] Sebuah gedung berlantai 60 bernama Carnegie Hall Tower selesai dibangun antara tahun 1987 dan 1989. Carnegie Hall Tower bersambungan dengan Carnegie Hall, dan menambah fasilitas ruang belakang panggung dan ruang andrawina bagi Carnegie Hall.

Konser terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Carnegie Hall". National Historic Landmark summary listing. National Park Service. 9 September 2007. 
  2. ^ Baum, Joan (23 Januari 2007). "Previewing the 2005-2006 Season at Carnegie Hall". Education Update Online. Diakses 31 Oktober 2008. 
  3. ^ a b c "Three Great Stages, One Great Hall". Carnegie Hall. Diakses 28 Oktober 2008. 
  4. ^ "Bronx General Interest: General Interest in Bronx, New York". Bronx Travel & Tourism. Diakses 31 Oktober 2008. 
  5. ^ a b Dunlap, David W. (30 Januari 2000). "Carnegie Hall Grows the Only Way It Can; Burrowing Into Bedrock, Crews Carve Out a New Auditorium". New York Times. 
  6. ^ a b Muschamp, Herbert T. (12 September 2003). "Architecture Review; Zankel Hall, Carnegie's Buried Treasure". New York Times. 
  7. ^ ["Carnegie Hall", by Richard Greenwood.PDF (296 KiB) "National Register of Historic Places Inventory"]. National Park Service. 30 Mei 1975. 
  8. ^ ["Carnegie Hall--Accompanying Photos".PDF (686 KiB) "National Register of Historic Places Inventory"]. National Park Service. 30 Mei 1975. 
  9. ^ Michael Walsh, "Sounds in the night". Time, 16 Februari 1987.
  10. ^ Kozinn, Alan (14 September 1995). "A Phantom Exposed: Concrete at Carnegie". The New York Times. Diakses 16 Maret 2008. 
  • Richard Schickel, The World of Carnegie Hall, 1960, recounts all the lore.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]