Filharmoni New York

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari New York Philharmonic)
Filharmoni New York
Ureli Corelli Hill, tokoh pendiri Filharmoni New York
Ureli Corelli Hill, tokoh pendiri Filharmoni New York
Informasi latar belakang
AsalNew York, New York, Amerika Serikat
GenreMusik klasik
PekerjaanOrkestra simfoni
Tahun aktif1842-kini
Situs webwww.NYPhil.org
AnggotaPengarah Musik
Alan Gilbert
Konduktor Kepal
Gustavo Dudamel
Concertmaster
Glenn Dicterow
Pengarah Musik Emeritus
Lorin Maazel
Mantan anggotaPendiri
Ureli Corelli Hill

Filharmoni New York adalah orkestra simfoni tertua di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1842. Berpusat di Kota New York, orkes ini memainkan sebagian besar konsernya di Avery Fisher Hall. Filharmoni New York telah lama dianggap sebagai salah satu orkestra terbaik di dunia. Pada bulan Desember 2004, orkes ini mencatat rekor dengan lebih dari 14.000 kali pertunjukan.[1] Sejak tahun 2002, Filharmoni New York dipimpin oleh pengarah musik Lorin Maazel yang akan mangakhiri tugasnya pada musim 2008-2009. Pada musim 2009-2010 Maazel akan digantikan oleh konduktor Alan Gilbert.

Pada tanggal 26 Februari, Filharmoni New York mengadakan kunjungan bersejarah ke Pyeongyang, Korea Utara. Kunjungan ini disebut-sebut sebagai misi diplomatis pertama antara kedua negara yang bermusuhan selama 60 tahun lebih, yaitu Amerika Serikat dan Korea Utara. Filharmoni New York mengadakan pertunjukkannya di East Grand Theater di Pyeongyang. Sebelum memainkan karya musik klasik, terlebih dahulu mereka memainkan lagu kebangsaan Amerika Serikat dan Korea Utara serta lagu rakyat Korea, Arirang. Kunjungan ini menjadi isu hangat di seluruh dunia karena Filharmoni New York berhasil membawa misi budaya yang berisi pesan perdamaian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "New York Philharmonic: A Distinguished History". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2007. Diakses tanggal 28 April 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]