Jack Nicholson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jack Nicholson

Dennis Hopper (kiri) dan Jack Nicholson (kanan) di Academy Awards ke-62, 26 Maret 1990
Lahir John Joseph Nicholson
22 April 1937
New York, New York Amerika Serikat
Tinggi 177 cm [1]
Pasangan Sandra Knight (1962-1968)

John Joseph Nicholson, yang lebih dikenal sebagai Jack Nicholson (lahir di New York Amerika Serikat, 22 April 1937; umur 77 tahun) adalah seorang aktor yang telah tiga kali menjadi pemenang Academy Award dan tujuh kali memenangkan Golden Globe, aktor bermetode Amerika yang terkenal karena sering membawakan peran-peran bertema gelap dari tokoh-tokoh fiksi yang neurotik.

Jack Nicholson 12 kali dicalonkan untuk memperoleh Academy Award (dan memenangkan 3 di antaranya), lebih dari aktor lelaki lainnya manapun, dan menempati tempat kedua setelah Meryl Streep (yang mendapatkan 16 nominasi dan memenangkan 2 di antaranya) dalam nominasi keseluruhan. Ia menduduki peringkat yang sama dengan Walter Brennan untuk total kemenangkan oleh seorang aktor lelaki, dan peringkat kedua setelah Katharine Hepburn untuk seluruh jumlah kemenangannya (Hepburn menang 4 kali).

Nicholson juga memperoleh tujuh Golden Globe Award serta menerima Penghormatan Kennedy Center pada 2001.

Biografi dan kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Nicholson dilahirkan di Bellevue Hospital Center di New York City dari seorang bintang panggung, June Frances Nicholson (nama panggung June Nilson)[1]. Enam bulan sebelumnya June menikah dengan Donald Furcillo (nama panggung Donald Rose), seorang bintang panggung di Elkton, Maryland, pada 16 Oktober 1936[2]. Elkton adalah sebuah kota yang terkenal karena perkawinan "kilat"nya. Namun Furcillo sudah menikah, dan meskipun ia menawarkan untuk memelihara anak itu, ibu June, Ethel, mendesak bahwa dialah yang akan membesarkan bayi tersebut. Sebagian alasannya ialah agar June dapat mengembangkan karier dansanya. Orangtua Furcillo adalah orang Italia, sementara June Nicholson adalah seorang keturunan Irlandia di pihak ayahnya dan keturunan Inggris dari pihak ibunya.[3]

Academy Award dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Dengan 12 nominasi sejauh ini, Jack Nicholson adalah aktor yang paling banyak mendapatkan nominasi dalam sejarah Academy Awards:

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Ia telah dinominasikan untuk Academy Award untuk peran utama ataupun pembantu dalam lima dasawarsa: 1960-an, 1970-an, 1980-an, 1990-an, dan 2000-an. Satu-satunya aktor yang menandinginya adalah Michael Caine.
  • Oleh teman-teman di SMAnya ia dikenal sebagai "Nick", dan dipilih sebagai "badut kelas" oleh Kelas 1954 di SMA Manasquan. Pada 2004, Nicholson menghadiri reuni ke-50 SMAnya. Hal ini mengejutkan dan menggembirakan teman-teman sekelasnya dulu. Sebuah teater di sekolah itu dinamai sesuai dengan namanya untuk menghormatinya [4].
Jack Nicholson duduk di luar untuk sebuah pertandingan bola basket Los Angeles Lakers pada 2005.
  • Ketika pertama kali datang ke Hollywood, Nicholson bekerja sebagai pesuruh untuk legenda animasi, Hanna-Barbera. Ketika melihat bakatnya sebagai seorang seniman, mereka menawarinya posisi awal sebagai seniman animasi. Namun, karena ia ingin menjadi seorang aktor, ia menolaknya. [5]
  • Ia adalah penggemar New York Yankees dan Los Angeles Lakers. Kehadirannya menyaksikan pertandingan-pertandingan Lakers boleh dikatakan legendaris, karena ia telah terlihat duduk di pinggir lapangan selama 25 tahun terakhir di The Forum maupun Staples Center. Dalam beberapa kesempatan, Nicholson pernah terlibat dalam adu argumen dengan petugas-petugas pertandingan dan par apemain lawan, dan bahkan pernah ikut turun ke lapangan [6]. Mereka yang bekerja pada film-filmnya kadang-kadang harus menyesuaikan pekerjaan mereka di sekitar kecintaannya akan Lakers [7].
  • Selain turun ke lapangan, Nicholson juga berdebat hebat dengan para petugas pertandingan dalam suatu pertandingan Lakers pada 2001 sehingga ia dikenai “pelanggaran teknis”.
  • Nicholson tinggal bersebelahan dengan Marlon Brando selama bertahun-tahun di Mulholland Drive di Beverly Hills. Warren Beatty juga tinggal berdekatan, sehingga jalan itu dijuluki "Bad Boy Drive" (“Jalan Anak Brengsek”). Setelah kematian Brando pada 2004, Nicholson membeli bungalo tetangganya seharga $6,1 juta, dengan tujuan menghancurkannya. Nicholson menyaakan bahwa hal itu dilakukan untuk menghormati warisan Brando, karena rumah itu kini dalam keadaan yang rusak parah[8].
  • Aktor Harry Dean Stanton menjadi best man pada pernikahan Nicholson, dan keduanya muncul dalam enam film keseluruhannya. Ia juga seorang sahabat karib sutradara film Roman Polanski, yang didukungnya dalam banyak krisis peribadinya, termasuk ketika istrinya, Sharon Tate, tewas di tangan Keluarga Manson. Ia juga mendukung Polanski ketika ia dituduh melakukan pemerkosaan statutory, suatu kejahatan yang konon terjadi di salah satu rumah milik Nicholson di Mulholland Drive.
  • Nicholson termasuk dalam "Top 10 Living Legends of Sex" Maxim's karena konon ia pernah tidur dengan total 2.000 orang perempuan. [9]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Art Carney
untuk Harry and Tonto
Academy Award untuk Aktor Terbaik
1975
untuk One Flew Over the Cuckoo's Nest
Diteruskan oleh:
Peter Finch
untuk Network
Didahului oleh:
Louis Gossett, Jr.
untuk An Officer and a Gentleman
Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik
1983
untuk Terms of Endearment
Diteruskan oleh:
Haing S. Ngor
untuk The Killing Fields
Didahului oleh:
Geoffrey Rush
untuk Shine
Academy Award untuk Aktor Terbaik
1997
untuk As Good As It Gets
Diteruskan oleh:
Roberto Benigni
untuk Life is Beautiful
Didahului oleh:
Cesar Romero
Aktor yang memerankan Joker
1989 - Batman
Diteruskan oleh:
Mark Hamill

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]