Easy Rider

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Easy Rider
EasyRider.jpg
Poster
Sutradara Dennis Hopper
Produser Peter Fonda
William Hayward
Bert Schneider
Penulis Peter Fonda
Dennis Hopper
Terry Southern
Pemeran Peter Fonda
Dennis Hopper
Jack Nicholson
Luke Askew
Karen Black
Toni Basil
Phil Spector
Musik Roger McGuinn
Sinematografi Laszlo Kovacs
Penyunting Donn Cambern
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis 14 Juli 1969
Durasi 94 min.
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran ≈ $340.000-400.000

Easy Rider adalah film yang ditulis oleh Peter Fonda, Dennis Hopper, dan Terry Southern, diterbitkan tahun 1969.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Wyatt (Fonda) dan Billy (Hopper) menyelundupkan kokain dari Mexico ke Los Angeles, dan menjualnya ke seorang pengusaha kaya. Dengan uang itu, mereka mengendarai motor mereka ke New Orleans, Louisiana untuk menonton Mardi Gras. Di perjalanan, mereka bertemu dengan seorang penumpang (Luke Askew) yang ternyata adalah anggota sebuah commune. Di sini mereka tinggal beberapa hari. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan mereka dengan bekal LSD.

Tiba di sebuah kota kecil, mereka ditangkap polisi lokal karena penampilan mereka yang nyeleneh. Di penjara, mereka bertemu dengan seorang pengacara ACLU bernama George Hanson (Jack Nicholson). George membantu mereka keluar penjara dan ikut dengan Wyatt dan Billy. Ketika sedang beristirahat malam hari, mereka bertiga merokok marijuana.

Keesokan harinya mereka makan di sebuah restoran kecil. Penampilan mereka kembali menarik perhatian warga sekitar, terutama gadis-gadis muda. Hal ini menyebabkan polisi lokal memperingati mereka. Wyatt, Billy, dan George pergi karena tidak ingin menimbulkan kesulitan dan berkemah di luar kota. Namun malam itu warga kota menemukan mereka dan ketiganya dipukuli. Wyatt dan Billy menderita luka-luka, tapi George tewas.

Mereka meneruskan perjalanan ke New Orleans dan menemukan sebuah bordil. Bersama dua pelacur, Karen (Karen Black) dan Mary (Toni Basil), mereka pergi menonton Mardi Gras. Akhirnya mereka menghisap LSD di sebuah pemakaman. Besoknya, mereka mengendarai motor mereka ke Florida, namun dua orang di truck pickup melihat mereka. Salah satunya menembak Billy, yang kemudian jatuh dari motornya. Wyatt berhenti dan menolongnya, tapi kedua orang di truck pickup tersebut kembali dan menembak tangki bensin motor Wyatt sehingga meledak.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Hopper menerima Prix de la premiere oeuvre pada Cannes Film Festival 1969. Film ini juga dinominasikan untuk Academy Award for Best Actor in a Supporting Role (Jack Nicholson) dan Best Writing, Story and Screenplay Based on Material Not Previously Published or Produced. Film ini meraih peringkat #88 dalam daftar American Film Institute 100 Years, 100 Movies. Pada 1998, Easy Rider ditambahkan ke United States National Film Registry karena dinilai "culturally, historically, or aesthetically significant."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]