Paul Newman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Paul Newman

Paul Newman, 2007
Lahir Paul Leonard Newman
26 Januari 1925
Shaker Heights, Ohio, Amerika Serikat
Meninggal 26 September 2008
Westport, Connecticut, Amerika Serikat
Tinggi 177 cm
Pasangan Jackie Witte (19491958)
Joanne Woodward (19582008)

Paul Leonard Newman (lahir di Shaker Heights, Ohio, Amerika Serikat, 26 Januari 1925 – meninggal di Westport, Connecticut, Amerika Serikat, 26 September 2008 pada umur 83 tahun) adalah seorang pemeran dan sutradara asal Amerika Serikat, pemenang penghargaan Academy Award, Piala Golden Globe, dan Piala Cannes. Pendiri perusahaan makanan Newman's Own yang keseluruhan keuntungan dan royaltinya disumbangkan untuk amal.[1] Pada tahun 2006, sumbangan perusahaan ini sudah melebihi 200 juta dolar AS.

Newan meninggal dunia karena kanker.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Paul Newman lahir di Shaker Heights, Ohio, dekat kota Cleveland, Amerika Serikat. Kedua orang tuanya bernama Theresa Fetzer and Arthur S. Newman yang memiliki toko kelontong. Ayahnya seorang Yahudi, anak pasangan imigran dari Eropa bernama Simon Newman dan Hannah Cohn,[2] sedangkan ibunya yang keturunan Hongaria adalah penganut Christian Science.

Selama Perang Dunia II, Paul Newman berdinas di Angkatan Laut dalam kancah Perang Pasifik. Sebelum memasuki dinas AL, Newman berkuliah di Universitas Ohio di Athens, Ohio dan menjadi anggota fraternitas Phi Kappa Tau. Seusai perang selesai, Newman meraih gelar dari Kenyon College yang diteruskannya dengan belajar akting di Universitas Yale, dan Actors Studio di New York dengan bimbingan aktor Lee Strasberg. Oscar Levant menulis bahwa Newman sebenarnya tidak ingin pergi ke Hollywood dan tetap ingin tinggal di New York.[3]

Karier film[sunting | sunting sumber]

Sewaktu mengikuti pendidikan master di Yale, Newman sudah menjadi aktor panggung yang sukses di kota New York. Penampilan perdana Newman di Panggung Broadway adalah bersama Kim Stanley dalam pementasan Picnic karya William Inge. Selanjutnya, Newman tampil dalam di Broadway berjudul The Desperate Hours dan Sweet Bird of Youth dengan Geraldine Page. Nantinya, Newman juga membintangi film Sweet Bird of Youth bersama Geraldine Page.

Karier Paul Newman di layar perak dimulai dengan film The Silver Chalice (1954) yang dikomentarinya sebagai "film terjelek dekade 1950-an". Newman memperbaiki penampilannya dengan akting sebagai petinju Rocky Graziano dalam film Somebody Up There Likes Me (1956), dan Cat on a Hot Tin Roof bersama Elizabeth Taylor.

Newman muncul dalam screen test untuk peran Cal Trask di film East of Eden, tapi peran tersebut akhirnya dipercayakan kepada James Dean.

Film-film terbesarnya[sunting | sunting sumber]

Sebagai aktor tampan bermata biru, Paul Newman mudah saja mendapatkan peran utama dalam film percintaan, namun menolak tampil jual tampang dan selalu ingin mendapat peran penting dalam film-film besar.

Newman berhasil menempatkan diri sebagai salah seorang aktor Hollywood yang bertahan selama tiga dekade. Film-film yang dibintangi Paul Newman banyak yang menjadi klasik: The Hustler (1961), Hud (1963), Harper (1966), Cool Hand Luke (1967), The Towering Inferno (1974), Slap Shot (1977), dan The Verdict (1982). Film Paul Newman yang paling terkenal adalah Butch Cassidy and the Sundance Kid (1969) dan The Sting (1973) yang diperankannya bersama Robert Redford.

Dalam banyak film yang dibintanginya, Paul Newman sering berpasangan dengan istrinya sendiri, Joanne Woodward. Judul-judul film yang dibintangi Newman bersama Woodward, antara lain: The Long, Hot Summer (1958), Rally 'Round the Flag, Boys!, (1958), From the Terrace (1960), Paris Blues (1961), A New Kind of Love (1963), Winning (1969), WUSA (1970), The Drowning Pool (1975), Harry & Son (1984), dan Mr. and Mrs. Bridge (1990). Pasangan suami-istri ini ikut bermain dalam film miniseri HBO berjudul Empire Falls, namun tidak ada adegan yang memperlihatkan Newman dan Woodward berdua.

Selain film Harry & Son yang dibintangi dan disutradarainya sendiri, Newman juga menyutradarai 3 film yang dibintangi Joanne Woodward. Dua di antaranya adalah film layar lebar: Rachel, Rachel (1968) yang diangkat dari cerita A Jest of God karya Margaret Laurence, dan versi layar lebar dari drama pemenang Hadiah Pulitzer berjudul The Effect of Gamma Rays on Man-in-the-Moon Marigolds (1972). Film berikutnya adalah The Shadow Box (1980) yang merupakan versi layar kaca dari drama pemenang Hadiah Pulitzer, dan versi layar lebar The Glass Menagerie karya Tennessee Williams pada tahun 1987.

Salah satu film terakhir Newman adalah sebagai kepala mafia musuh Tom Hanks dalam Road To Perdition. Paul Newman meninggal dunia pada usia 83 tahun. Kegiatannya yang terakhir adalah menjadi pengisi suara karakter Doc Hudson dalam film Cars produksi Disney/Pixar.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Selain memenangkan nominasi sebagai produser terbaik untuk film Rachel, Rachel, Newman pernah mendapat nominasi sebagai aktor penerima Academy Award sebanyak 9 kali. Film-film yang pernah menghasilkan nominasi adalah: Cat on a Hot Tin Roof, The Hustler, Hud, Cool Hand Luke, Rachel, Rachel, Absence of Malice, The Verdict, Nobody's Fool, dan Road to Perdition. Aktingnya sebagai peran utama dalam film The Color of Money (1986) menghasilkan piala Oscar bagi Paul Newman. Penghargaan ini diterimanya setelah setelah mendapat piala Oscar kehormatan atas "penampilan yang memaku penonton dan tidak terlupakan di layar lebar". Satu lagi penghargaan dari Academy yang diterimanya adalah piala Jean Hersholt Humanitarian Award untuk kegiatan di bidang amal.

Newman pernah dinominasikan sebagai pemenang penghargaan BAFTA Awards tapi cuma menang sekali untuk film The Hustler. Akting dalam film The Long, Hot Summer menghasilkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Festival Film Cannes.

Pada tahun 2005, Newman meraih penghargaan Emmy Award yang pertama, sekaligus penghargaan Screen Actors Guild Award dan Golden Globe Award untuk Aktor Pembantu Terbaik dalam miniseri Empire Falls. Selain itu, miniseri Empire Falls menghasilkan nominasi Emmy Award sebagai Produser Terbaik. Sebelumnya, Newman pernah menerima nominasi sebagai Aktor Terbaik kategori Miniseri atau Film Televisi untuk film Our Town (2003), dan Sutradara Terbaik kategori Miniseri atau Film Televisi untuk The Shadow Box (1980).

Pada tahun 1969, Newman meraih penghargaan Golden Globe untuk Sutradara Terbaik film Rachel, Rachel, tapi dirinya tidak dinominasikan sebagai sutradara terbaik walaupun film ini masuk nominasi sebagai Film Terbaik versi Academy Award. Pada tahun 1984, Newman mendapatkan Piala Golden Globe untuk kategori pencapaian karier seumur hidup (Cecil B. DeMille Lifetime Achievement Award).

Kehidupan di luar layar perak[sunting | sunting sumber]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Newman tinggal di Westport, Connecticut, jauh dari kegemerlapan Hollywood bersama istrinya, Joanne Woodward. Selain itu, mereka memiliki rumah di kota Golden Beach, Florida.

Paul Newman menikah dua kali, pernikahan pertama dengan Jackie Witte, berlangsung tahun 1949-1958. Putra dengan istri pertama bernama Scott, lahir tahun 1950 tapi meninggal tahun 1978 akibat overdosis.[4]. Scott Newman pernah ikut main dalam film The Towering Inferno sebagai pemadam kebakaran, dan Fraternity Row (1977). Setelah kehilangan Scott akibat obat terlarang, Newman mendirikan pusat pencegahan penyalahgunaan obat terlarang yang diberi nama Scott Newman Center.[5] Bersama istri pertama, Newman juga memiliki 2 putri, Susan Kendall (lahir tahun 1953) dan Stephanie. Susan dikenal sebagai aktris panggung dan seorang filantropis, sekaligus produser film televisi The Shadow Box.

Newman menikah untuk yang kedua kali dengan Joanne Woodward pada 29 Januari 1958. Dari hasil perkawinan mereka lahir 3 anak perempuan: Elinor Teresa (1959), Melissa Steward (1961), dan Claire "Clea" Olivia (1965). Newman pernah bertindak sebagai sutradara untuk putrinya Elinor (nama panggung: Nell Potts) yang main bersama Woodward dalam film The Effect of Gamma Rays on Man-in-the-Moon Marigolds. Pernikahan Newman dengan Woodward sudah berlangsung awet hingga lebih dari 50 tahun. Majalah Empire pernah bertanya alasan Newman tidak pernah menyeleweng, dan dijawabnya, "Mengapa mau dengan hamburger, kalau bisa dapat bistik di rumah" ("Why fool around with hamburgers when you have steak at home?").

Balap mobil[sunting | sunting sumber]

Newman pertama kali tertarik dengan dunia otomotif sewaktu berlatih sebagai pembalap untuk film Winning (1968) padahal dirinya buta warna.

Pada tahun 1972, Newman pertama kali tampil dalam lomba balap profesional di Thompson, Connecticut. Ikut sekali dalam lomba ketahanan mobil Le Mans tahun 1979 dan menjadi juara kedua dengan mobil Porsche 935 yang disetir Newman bersama rekan satu tim, Rolf Stommelen asal Jerman.

Dari pertengahan tahun 1970-an hingga awal 1990-an, Newman bergabung dengan tim balap Bob Sharp Racing di bawah bendera Nissan. Hubungan Newman dengan perusahaan Nissan sangat erat. Newman bahkan sempat tampil dalam iklan Nissan. Mobil produksi Nissan yang bernama Skyline bahkan dijuluki sebagai "Newman". Selain itu, Newman sering menggunakan Nissan seri Z dan menang dalam berbagai kejuaraan balap mobil.

Di usia 70, Newman mencatat rekor sebagai pengemudi tertua yang ikut dalam tim balap dan menang dalam lomba ketahanan mobil Daytona 1995. Di bulan Maret 2005, Newman pernah berkata kepada wartawan Associated Press kalau "ada kemungkinan dirinya ikut balapan lagi kapan-kapan".

Newman bersama Carl Haas membentuk tim balap mobil kelas Champ Car yang diberi nama Newman/Haas Racing. Newman juga merupakan rekanan dalam tim balap Newman-Wachs untuk balap mobil Champ Car Atlantics. Musim balap tahun 1996 didokumentasikan dalam film IMAX berjudul Super Speedway yang diberi narasi oleh Paul Newman.

Hobi balap mobil juga membawanya menjadi pengisi suara karakter mantan pembalap Hudson Hornet "Doc Hudson" dalam film Cars produksi Disney/Pixar tahun 2006. Paul Newman juga tampil sebagai narator dalam film "Dale" (2007) yang mengisahkan pembalap NASCAR legendaris Dale Earnhardt.

Korespendensi Presiden Clinton dengan aktor Paul Newman, 1996, ketika sang aktor mengalami kecelakaan mobil. Clinton: "Dear Paul, Saya turut prihatin atas musibah yang kamu alami -- tapi saya senang mendengar bahwa ongkos pengobatan tanganmu yang cedera jauh lebih murah daripada ongkos perbaiki mobilnya. Saya tahu sih kamu memang suka... ngebut, tapi untuk belokan-belokan tajam biarlah itu di sirkuit balap saja. Saya berharap kamu segera sembuh dan kita bisa segera bertemu lagi". Balasan Paul:"Dear Mr President, terima kasih atas surat Bapak. Musibah itu adalah kejadian yang memalukan. Saya-lah satu-satunya pembalap dalam sejarah balapan modern yang keluar dari sirkuit dengan kecepatan 35 km/jam. Jangan bilang2 ya. Joanne titip salam". Lalu Presiden Clinton membalas dengan tulisan tangan: "Dear Paul, Gini deh, saya janji nggak akan bilang ke siapa-siapa kalau kamu kena musibah dalam kecepatan 35 km/jam, dengan syarat kamu jangan mencalonkan diri jadi Presiden ya. Justru, kamu mesti bawain saya Dewi Fortuna. Salam juga buat Joanne". Semua surat2 mereka ditampilkan di Perpustakaan Clinton di Little Rock, Arkansas.

Filantropis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1982, Newman mendirikan perusahaan Newman's Own bersama penulis A.E. Hotchner. Perusahaan ini bergerak dalam bidang makanan dengan produk awal berupa saus selada, tapi berkembang menjadi produsen berbagai macam produk makanan: saus pasta, lemonade, popcorn, dan salsa. Setelah dipotong pajak, Newman menyumbangkan keuntungan perusahaan ke berbagai organisasi amal. Di awal tahun 2006, perusahaan ini sudah menghasilkan uang sumbangan lebih dari AS$ 200 juta. Bersama Hotchner, Newman menulis memoar tentang kegiatan amalnya dalam buku berjudul Shameless Exploitation in Pursuit of the Common Good (ISBN 0-385-50802-6). Di bidang kebebasan berbicara, Newman ikut menjadi sponsor PEN/Newman's Own First Amendment Award senilai 25.000 dolar AS.

Salah satu penerima sumbangan dari Paul Newman adalah perkemahan musim panas bagi anak-anak yang mengidap sakit serius. Perkemahan ini berada di negara bagian Connecticut, dan diberi nama Perkemahan Hole in the Wall Gang untuk mengikuti nama kelompok bandit dalam film Butch Cassidy and the Sundance Kid (1969). Dari satu lokasi perkemahan, Hole in the Wall Gang berkembang di beberapa lokasi di Amerika Serikat, dan sudah membuka cabang di Irlandia, Perancis dan Israel. Setiap tahunnya, perkemahan ini diikuti sekitar 13.000 anak-anak dan semuanya tidak dipungut bayaran.[6]

Filmografi (sebagai aktor)[sunting | sunting sumber]

Film yang dibintangi Paul Newman
Somebody Up There Likes Me (1956) |The left-handed Gun (1958) Cat on a Hot Tin Roof (1958) | The Long, Hot Summer (1958) | Exodus (1960) | The Hustler (1961) | Sweet Bird of Youth (1962)  | Hud (1963)  | The Prize (1963) | Torn Curtain (1966) | Harper (1966) | Hombre (1967) | Cool Hand Luke (1967) | Butch Cassidy and the Sundance Kid (1969) | The Sting (1973) | The Mackintosh Man (1973) | The Towering Inferno (1974) | The Drowning Pool (1975) | Absence of Malice (1981) | The Verdict (1982) | The Color of Money (1986) | Fat Man and Little Boy (1989) | Blaze (1989) | The Hudsucker Proxy (1994) | Nobody's Fool (1994) | Road to Perdition (2002) | Cars! (2006

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Newman's Own Frequently Asked Questions". Newman's Own Inc. Diakses 24 Februari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ RootsWeb's WorldConnect Project: Lang Family Tree
  3. ^ Oscar Levant, The Unimportance of Being Oscar, Pocket Books 1969 (cetak ulang terbitan G.P. Putnam 1968), hlm. 56. ISBN 0-671-77104-3.
  4. ^ New York Times: "Biography: Paul Newman — Hollywood's Charming Rebel"
  5. ^ Scott Newman Center
  6. ^ "Newman's Own Frequently Asked Questions". Newman's Own Inc. Diakses 24 Februari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
William Hurt
dalam Kiss of the Spider Woman
Academy Award for Best Actor
1986
dalam The Color of Money
Diteruskan oleh:
Michael Douglas
dalam Wall Street
Didahului oleh:
Audrey Hepburn, Elizabeth Taylor
Jean Hersholt Humanitarian Award
1993
Diteruskan oleh:
Quincy Jones