Russell Crowe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Russell Crowe

Crowe at Piccadilly Circus, London while filming A Good Year, October 2005
Lahir Russell Ira Crowe
07 April 1964 (umur 50)
Wellington, New Zealand
Pekerjaan Actor, singer, songwriter
Tahun aktif 1986–present
Pasangan Danielle Spencer (2003–sekarang)
Russell Crowe

Russell Ira Crowe (lahir di Wellington, Selandia Baru, 7 April 1964; umur 50 tahun) adalah seorang aktor film berkebangsaan Australia yang memenangkan Oscar. Dia berdarah Irlandia, Norwegia dan Maori. Dua sepupunya Martin dan Jeff Crowe adalah bekas kapten tim kriket Selandia Baru.

Ketika ia berumur empat tahun, keluarganya pindah ke Australia di mana orang tuanya bekerja dalam bidang catering di studio film. Dia merupakan murid dari Sydney Boys High School. Ketika dia berumur 14 tahun, keluarganya kembali ke Selandia Baru, di mana dia bersekolah di Auckland Grammar School. Dia tidak menyelesaikan sekolah menengahnya, untuk membantu ekonomi keluarganya.

Setelah sukses awal di Australia, dia mulai berperan dalam film Amerika pada 1990-an; pernah dinominasikan Oscar tiga kali, dia memenangkan Academy Award sebagai Aktor Terbaik pada film Gladiator 2000, dan dia juga dinominasikan sebagai Aktor Terbaik untuk The Insider (1999) dan A Beautiful Mind (2001).

Pada 7 April 2003 (ulang tahun ke-39-nya), Crowe menikahi kekasih lamanya, penyanyi Australia dan aktris Danielle Spencer. Pada 21 Desember 2003 mereka melahirkan anak mereka Charles Spencer Brown.

Sifat[sunting | sunting sumber]

Russell Crowe dalam South Park.

Crowe memiliki sebuah reputasi sifat yang jelek dan suka berkelahi. Ini pernah diparodikan dalam serial animasi South Park.

Dia memenangkan Aktor Terbaik pada penghargaan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) 2002 untuk lakonnya sebagai John Nash dalam A Beautiful Mind. Selagi presentasi penghargaannya, dia merencanakan untuk membaca sebuah puisi yang disebut Sanctity oleh Patrick Kavanagh tetapi dipotong pendek untuk dimuat dalam siaran tunda di BBC. Setelah itu dia bicara ("accosted") dengan produser Malcolm Gerrie. Crowe kemudian meminta maaf atas perilakunya. 1

Pada 6 Juni 2005, Crowe ditangkap polisi dengan tuduhan telah melemparkan telepon mengenai seorang karyawan hotel di Hotel Mercer, New York bernama Nestor "Josh" Estrada. Ia ditemukan bersalah dan dilepas dengan syarat tak boleh ditangkap lagi dalam waktu satu tahun dan didenda 160 dolar AS untuk biaya pengadilan. Masalahnya dengan Estrada diselesaikan di luar pengadilan dengan bayaran yang dilaporkan mencapai enam digit.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Kevin Spacey
untuk American Beauty
Aktor Terbaik (Oscar)
2000
untuk Gladiator
Diteruskan oleh:
Denzel Washington
untuk Training Day