John Cleese

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Cleese
John Cleese at 1989 Oscars.jpg
Cleese pada Academy Award 1989
Nama lahir John Marwood Cleese
Lahir 27 Oktober 1939 (umur 75)
Weston-Super-Mare, Inggris, Inggris Raya
Genre Komedi
Dipengaruhi Spike Milligan, The Goons, William Shakespeare
Suami/istri Alyce Faye Eichelberger (1992–2008)
Barbara Trentham (1981–1990)
Connie Booth (1968–1978)
Situs web www.thejohncleese.com
Emmy Awards
Primetime Emmy Award for Outstanding Guest Actor - Comedy Series
1987 Cheers (1982) - Dr. Simon Finch-Royce
BAFTA Awards
BAFTA Film Award - Best Actor
1988 A Fish Called Wanda (1988) - Archie Leach
BAFTA TV Award - Best Light Entertainment Performance
1980 Fawlty Towers (1975) - Basil Fawlty
British Comedy Awards
Sir Peter Ustinov Comedy Award
2002
Aftonbladet TV Prize - Best Foreign TV Personality - Male (Bästa utländska man)
1991
David di Donatello Awards - Best Screenplay - Foreign Film (Autore della Migliore Sceneggiatura Straniero)
1989 A Fish Called Wanda (1988) - Archie Leach
Peter Sellers Award for Comedy
1987 Clockwise (1986)

John Marwood Cleese (IPA: [kliːz]) (lahir di Weston-super-Mare, Somerset, Inggris, 27 Oktober 1939; umur 75 tahun) adalah seorang pelawak dan aktor Inggris. Ia dikenal sebagai salah satu pendiri kelompok lawak Monty Python, dan sebagai pemeran dan penulis dalam film seri Fawlty Towers.

Cleese lahir dari keluarga Reginald Francis Cleese dan Muriel (Cross). Nama keluarganya sebelumnya adalah "Cheese", namun ayahnya, seorang salesman asuransi, mengubahnya menjadi "Cleese" ketika bergabung dengan dinas militer pada 1915. John Cleese bersekolah di Clifton College di Bristol, namun dikeluarkan karena merusak halaman sekolah: ia menggunakan cat untuk menggambar tapak sepatu sehingga patung Field Marshal Earl Haig yang ada di halaman sekolah seakan-akan turun dan pergi ke toilet.[1]

Ia kemudian bergabung dengan Cambridge Footlights Revue sambil belajar hukum di Downing College, Cambridge. Di sini ia bertemu dengan Graham Chapman. Cleese adalah salah satu penulis dan pemeran dalam lakon Footlights tahun 1963, A Clump of Plinths. Lakon ini sangat berhasil sehingga mereka diundang ke West End di London, kemudian Selandia Baru dan Broadway di AS. Setelah itu Cleese tinggal di AS dan tampil dalam berbagai lakon di Broadway dan off-Broadway. Di sinilah ia bertemu dengan Terry Gilliam dan Connie Booth. Ia menikah dengan Booth pada 20 Februari 1968.

Cleese lantas menulis untuk BBC Radio, dan menulis untuk acara The Dick Emery Show dan I'm Sorry, I'll Read That Again. Untuk televisi ia dan Chapman menulis dalam The Frost Report. Di sini mereka bertemu dengan Eric Idle, Terry Jones, dan Michael Palin. Cleese dan Chapman kembali bekerja sama dalam At Last the 1948 Show. Karena kesuksesan kedua seri tersebut, Cleese dan Chapman ditawari seri sendiri. Namun Cleese merasa bahwa bekerja sama dengan Chapman sekarang sangat sulit karena Chapman kecanduan alkohol. Karena itu ia mengundang Michael Palin. Palin kemudian mengundang dua rekan kerjanya dari Do Not Adjust Your Set, Eric Idle dan Terry Jones. Terry Gilliam mengerjakan animasi.

Monty Python's Flying Circus ditayangkan selama 4 seri dari Oktober 1969 sampai Desember 1974 oleh BBC. Namun John Cleese meninggalkan seri ini pada akhir seri ketiga karena lelah menghadapi masalah alkohol Chapman. Seri keempat dibuat tanpa Cleese namun hanya terdiri dari 6 episode. Setelah itu Cleese bergabung kembali untuk pembuatan film Monty Python and the Holy Grail, Monty Python's Life of Brian, dan Monty Python's The Meaning of Life.

Setelah Python, Cleese mengerjakan seri Fawlty Towers bersama istrinya Connie Booth. Seri ini sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu seri terbaik di Inggris. Pada 1978, Cleese muncul sebagai bintang tamu dalam The Muppet Show. Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Cleese bekerja sebagai aktor film. Salah satu filmnya yang paling terkenal adalah A Fish Called Wanda (1988), yang dibuatnya dengan Jamie Lee Curtis, Kevin Kline, dan Michael Palin.

Selain itu Cleese berperan dalam film James Bond tahun 1999, The World Is Not Enough, sebagai asisten Q, R. Ia meneruskan peran ini dalam Die Another Day. Ia juga muncul dalam film-film Harry Potter sebagai Nearly-Headless Nick.

Rujukan[sunting | sunting sumber]