The World Is Not Enough

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The World Is Not Enough
World-is-not-enoughposter.jpg
Poster Film The World Is Not Enough
Sutradara Michael Apted
Produser Barbara Broccoli,
Michael G. Wilson
Penulis Neal Purvis
Robert Wade
Pemeran Pierce Brosnan,
Sophie Marceau,
Denise Richards,
Serena Scott Thomas,
Maria Grazia Cucinotta
Distributor Metro-Goldwyn-Mayer
Durasi 128 menit
Negara  Britania Raya
Anggaran $135.000.000

The World Is Not Enough adalah sebuah film produksi 1999 yang diedarkan oleh United International Pictures dan Metro-Goldwyn-Mayer. Neal Purvis menyutradarai film ini.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada intinya, film yang hasil karya sutradara Michael Apted pada tahun 1999 ini sebenarnya berkisah tentang pembalasan dendam yang berhubungan dengan masalah pribadi bos James Bond, kepala MI6 yaitu M (Judi Dench). Kisah film ini dimulai ketika sebuah bom meledak di markas MI6. Bom tersebut membunuh raja minyak Sir Robert King (David Calder) yang sedang berada di markas tersebut untuk mengambil kembali uang tebusan putrinya yang belum sempat dibayarkan kepada penculik. Rupanya sebelum uang tebusan dibayar, Elektra King (Sophie Marceau), putri Sir Robert, berhasil melarikan diri dari tangan penculiknya, yaitu teroris yang sangat ditakuti, Renard (Robert Carlyle) yang juga dikenal dengan nama The Anarchist.

Tewasnya Sir Robert yang merupakan sahabat karib M membuat sang bos MI6 marah dan sedih. Namun M juga merasa khawatir bahwa pembunuh Sir Robert pun mengincar Elektra sehingga iapun menugaskan Bond untuk melindungi putri Sir Robert itu. Bond langsung terbang ke Baku, Azerbaijan tempat proyek ambisius Sir Robert yaitu pembangunan pipa minyak yang melintasi dari Asia Barat ke Istanbul, Turki agar dunia Barat bisa menikmati surplus minyak untuk seratus tahun lagi. Di sanalah, Elektra langsung mengawasi proyek tersebut setelah kematian Sir Robert. Ketika Bond memperingatkan bahwa pembunuh Sir Robert akan mengincar Elektra, gadis tersebut malah menganggap sepi dan tidak takut ancaman tersebut.

Sementara itu, Bond berhasil memastikan bahwa pembunuh Sir Robert adalah Renard yang dulu menculik Elektra. Tidak hanya itu, Renard pun tampak berniat membunuh Elektra Setelah menyadari dirinya benar-benar dalam bahaya, Elektra segera menerima tawaran perlindungan Agen 007. Namun Bond malah diam-diam menaruh rasa curiga kepada Elektra yang diduganya mengidap "Stockholm Syndrome", yaitu simpati atau cinta korban terhadap penculiknya. Bond pun menduga kaburnya Elektra dari Renard dalam penculikannya dan juga usaha pembunuhan itu hanyalah merupakan tipuan belaka, sedangkan Elektra sebenarnya masih berhubungan dengan Renard. Namun karena belum ada bukti, Bond berusaha menyelidiki lebih jauh.

Setelah menyadari bahwa Elektra sebenarnya tidak dalam bahaya, maka Bond berusaha menemukan motif Renard sebenarnya. Apalagi Renard ditenggarai hendak mencuri sebuah senjata nuklir dari bekas instalasi militer Rusia yang sedang dibongkar. Bond segera menuju ke tempat instalasi itu untuk mencegah pencurian senjata nuklir itu, namun gagal. Dengan bantuan ilmuwan nuklir yang mempimpin pembongkaran instalasi, Dr. Christmas Jones (Denise Richards), Bond berusaha menghentikan Renard yang hendak menggunakan senjata itu yang belum diketahui apa tujuannya. Sementara itu, M yang tidak menyangka jelek terhadap Elektra, pun jatuh ke perangkap buatan gadis tersebut yang ternyata menaruh dendam kepada bos MI6 itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]