A Beautiful Mind

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A Beautiful Mind
Abeautifulmindposter.jpg
Poster film
Sutradara Ron Howard
Produser Ron Howard
Brian Grazer
Penulis Akiva Goldsman
Sylvia Nasar (Buku)
Pemeran Russell Crowe
Jennifer Connelly
Ed Harris
Paul Bettany
Christopher Plummer
Josh Lucas
Judd Hirsch
Musik James Horner
Sinematografi Roger Deakins
Penyunting Daniel P. Hanley
Mike Hill
Studio Imagine Entertainment
Distributor Universal Studios
DreamWorks
Tanggal rilis 21 Desember 2001 (2001-12-21)[1]
Durasi 135 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $60.000.000
Pendapatan kotor $313.542.341

A Beautiful Mind adalah sebuah buku dan film pemenang Academy Award yang dibintangi Russell Crowe, Ed Harris, Jennifer Connelly, Christopher Plummer, dan Paul Bettany. Ini mengenai matematikawan pemenang Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel John Nash dan pengalamannya menderita skizofrenia. Biografi ini ditulis oleh Sylvia Nasar yang diterbitkan pada tahun 1998. Film ini diilhami oleh biografi tersebut, dan dirilis pada tahun 2001.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film A Beautiful Mind mengisahkan seorang matematikawan John Nash (Russel Crowe) peraih nobel dalam bidang ilmu ekonomi pada tahun 1994. Dia adalah seorang matematikawan jenius tapi tak simpatik dan agak apatis. Dimulai tahun 1947 ketika dia bersekolah di perguruan tinggi Princeton dengan mendapat beasiswa Carniege. John Nash merupakan mahasiswa yang unik, ia tidak menyukai perkuliahan dan suka membolos, karena menurutnya berkuliah hanya membuang waktu saja dan mengekang kreativitas seseorang, dan hanya membuat otak menjadi tumpul. Nash lebih suka belajar secara otodidak, memahami dan memecahkan dinamika pergerakan natural melalui pemikirannya sendiri yang sangat kreatif. Nash lebih banyak meluangkan waktu di luar kelas demi mendapatkan ide orisinil untuk meraih gelar doktornya. Akhirnya dia berhasil diterima di pusat penelitian bergengsi, Wheeler Defense Lab di MIT.

Di lain sisi Nash mengidap penyakit gangguan jiwa skizofrenia yaitu suatu gangguan jiwa yang penderitanya tidak bisa membedakan antara halusinasi dan kenyataan. Sebenarnya penyakitnya tersebut sudah dideritanya sejak dia berada di Princeton, namun semakin parah ketika ia mengajar di MIT. Hidup Nash mulai berubah ketika ia diminta Pentagon memecahkan kode rahasia yang dikirim tentara Soviet. Di sana, ia bertemu agen rahasia William Parcher. Dari agen rahasia tersebut, ia diberi pekerjaan sebagai mata-mata. Pekerjaan barunya ini membuat Nash terobsesi sampai ia lupa waktu dan hidup di dunianya sendiri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Beautiful Mind". Variety. Diakses 2009-07-17. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]