Ben-Hur (film 1959)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ben-Hur
Benh.jpg
Poster film
Sutradara William Wyler
Produser Sam Zimbalist
William Wyler
Penulis Karl Tunberg
Gore Vidal (tak disebutkan)
Christopher Fry (tak disebutkan)
Pemeran Charlton Heston
Jack Hawkins
Haya Harareet
Stephen Boyd
Hugh Griffith
Musik Miklós Rózsa
Sinematografi Robert L. Surtees
Penyunting John D. Dunning
Ralph E. Winters
Distributor Metro-Goldwyn-Mayer
Tanggal rilis Bendera Amerika Serikat 18 November 1959
Bendera Britania Raya 16 Desember 1959
Durasi 212 menit
Bahasa Inggris
Anggaran $15 juta
$109 juta (2006)

Ben-Hur adalah film Amerika Serikat tahun 1959 dengan Charlton Heston yang memainkan peran utama sebagai Judah Ben-Hur. Film ini disutradarai oleh William Wyler dan mencatat penerimaan 11 Oscar. Film ini adalah visualisasi terbaik dari novel Lewis Wallace Ben-Hur: A Tale of the Christ (1880). Film dengan biaya produksinya mahal ini memerlukan 300 perangkat yang ditaruh di tempat-tempat selebar 340 acre (1,4 km²). Biaya produksinya yang sebesar $15 juta merupakan untung-untungan yang dibuat oleh MGM untuk menyelamatkan diri dari kebangkrutan; spekulasi itu terlunasi ketika film ini menerima keuntungan total $75 juta.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 26, Judah Ben Hur (Charlton Heston) adalah seorang pangeran kaya dan pedagang di Yerusalem. Teman masa kecilnya, warga negara Romawi bernama Messala (Stephen Boyd), sekarang Tribun. Setelah beberapa tahun jauh dari Yerusalem, Messala kembali sebagai komandan baru pasukan Romawi. Messala percaya pada kemuliaan Roma dan kekuasaan kekaisaran, sementara Ben-Hur dikhususkan untuk iman dan kebebasan orang-orang Yahudi. Messala meminta Ben-Hur untuk mengumpulkan nama-nama orang-orang Yahudi yang mengkritik orang-orang Romawi. Ben-Hur menolak, sehingga membuat Messala murka.

Ben-Hur tinggal bersama ibunya, Miriam (Martha Scott), dan adik perempuan bernama Tirza (Cathy O'Donnell). Budak setia mereka Simonides (Sam Jaffe) sedang mempersiapkan pernikahan yang diatur untuk putrinya, Esther (Haya Harareet). Ben-Hur memberikan Esther kebebasannya sebagai hadiah pernikahan, dan mereka berdua mengakui cinta mereka satu sama lain meskipun pernikahannya dengan pria lain sudah dekat.

Saat parade untuk gubernur baru provinsi Yudea, Valerius Gratus, tiba-tiba genteng jatuh dari atap rumah Ben-Hur. Gratus dilemparkan dari kudanya sehingga membuatnya ketakutan dan hampir tewas. Meskipun Messala tahu ini adalah kecelakaan, ia mengutuk Ben-Hur untuk insiden tersebut dan memenjarakan Miriam dan Tirza. Dengan menghukum seorang teman yang terkenal dan warga terkemuka, ia berharap untuk mengintimidasi rakyat Yahudi. Ben-Hur bersumpah untuk membalas dendam. Ia menahan rasa haus dan menolak air ketika sekumpulan budaknya tiba di Nazareth, Ben-Hur akhirnya pingsan. Seorang tukang kayu lokal (yang diturunkan menjadi Yesus) memberinya air atas perintah penjaga Romawi.

Setelah tiga tahun sebagai budak kapal, Ben-Hur ditugaskan menjadi unggulan dari Konsul Romawi Quintus Arrius (Jack Hawkins) yang telah dituduh menghancurkan armada bajak laut Makedonia. Arrius mengagumi tekad dan kedisiplinan Ben-Hur sehingga ia menawarkan untuk melatihnya sebagai gladiator atau kusir. Ben-Hur menolak tawaran itu, ia menyatakan bahwa Tuhan akan membantunya dalam usahanya untuk membalas dendam.

Armada Romawi bertemu orang Makedonia. Arrius memerintahkan semua pendayung untuk dirantai ke dayung mereka, kecuali Ben-Hur. Dikarenakan kapal Arrius yang menabrak dan tenggelam, Ben-Hur dan melepas belenggu para pendayung lain, dan menyelamatkan Arrius dari puing-puing tenggelamnya kapal. Dalam keputusasaan, Arrius salah percaya pertempuran berakhir dengan kekalahan dan menebus dengan cara Romawi dengan "jatuh pada pedangnya", tapi Ben-Hur mencegahnya untuk bunuh diri. Ben-Hur dan Arrius diselamatkan, dan Arrius dikreditkan dengan kemenangan armada Romawi. Hal ini mengeluarkan petisi Kaisar Tiberius (George Relph) untuk membebaskan Ben-Hur, dan mengadopsinya sebagai anak. Satu tahun berlalu, Ben-Hur belajar cara Romawi dan menjadi kusir juara, tapi masih merindukan keluarganya dan tanah air.

Ben-Hur kembali ke Yudea. Sepanjang jalan, ia bertemu Balthasar (Finlay Currie) dan syekh dari Arab yang bernama Ilderim (Hugh Griffith). Syekh telah mendengar tentang kehebatan Ben-Hur sebagai kusir, dan memintanya untuk mendorong quadriga di lomba yang diselenggarakan oleh Pontius Pilatus (Frank Thring). Ben-Hur ikut loba tersebut, bahkan setelah dia mengetahui bahwa juara kusir Messala juga akan bersaing. Dalam kata perpisahannya, Ilderim mengingatkan kepadanya bahwa tidak ada hukum di arena .

Ben-Hur kembali ke rumahnya di Yerusalem. Ia bertemu Esther, dan belajar pernikahannya diatur tidak terjadi dan bahwa dia masih cinta padanya. Ia mengunjungi Messala dan menuntut ibunya dan kebebasan adik. Bangsa Romawi menemukan bahwa Miriam dan Tirza dikontrak kusta di penjara , dan mengusir mereka dari kota. Para wanita memohon Ester untuk menyembunyikan kondisi mereka dari Ben-Hur sehingga ia bisa mengingat mereka seperti sebelumnya, jadi ia mengatakan kepadanya bahwa ibu dan adiknya meninggal. Hal ini kemudian yang ia berubah pikiran dan memutuskan untuk membalas dendam pada Messala dengan bersaing melawannya dalam perlombaan kereta .

Selama perlombaan kereta, Messala drive kereta dengan pisau pada hub untuk mengobrak-abrik kendaraan bersaing. Dalam perlombaan kekerasan dan melelahkan, Messala mencoba untuk menghancurkan kereta Ben-Hur tapi menghancurkan dirinya sendiri sebagai gantinya. Messala terluka parah, sementara Ben-Hur memenangkan perlombaan. Sebelum tewas, Messala memberitahu Ben-Hur bahwa "perlombaan belum berakhir" dan ia dapat menemukan keluarganya di lembah kusta jika Ben-Hur bisa mengenali mereka. Ben-Hur mengunjungi koloni penderita kusta di dekatnya, kemudian ia melihat ibu dan adiknya .

Esther mendengar Yesus memberitakan Khotbah di Bukit, dan memberitahu Ben-Hur tentang pesan perdamaian dan pengampunannya. Ben-Hur menyalahkan kekuasaan Romawi dan nasib keluarganya, ia menolak warisan dan kewarganegaraan Romawi. Mengetahui bahwa Tirza sedang sekarat, Ben-Hur dan Esther membawa Miriam untuk melihat Yesus, tetapi pengadilan Yesus di hadapan Pontius Pilatus telah dimulai. Yesus memulai perjalanannya ke Kalvari dan tersandung sebelum Ben-Hur. Ia menyadari Yesus dari pertemuan mereka sebelumnya, Ben-Hur mencoba untuk memberinya air tetapi penjaga memisahkan mereka.

Ben-Hur menjadi saksi penyaliban Yesus. Miriam dan Tirza secara ajaib sembuh selama hujan badai yang mengikuti penyaliban. Ben-Hur memberitahu Ester bahwa ia mendengar Yesus berbicara tentang pengampunan saat di kayu salib, dan berkata "Saya merasa suara-Nya mengambil pedang dari tanganku." Kebenciannya akhirnya sirna, dan akhirnya bertemu kembali dengan ibu dan adiknya .

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Gambar Pemeran Peran
Charlton Heston in Ben Hur trailer.jpg Charlton Heston Ben-Hur
Jack Hawkins in Ben Hur trailer.jpg Jack Hawkins Quintus Arrius
Haya Harareet in Ben Hur trailer.jpg Haya Harareet Esther
Stephen Boyd in Ben Hur trailer.jpg Stephen Boyd Messala
Hugh Griffith in Ben Hur trailer.jpg Hugh Griffith Sheik Ilderim
Martha Scott Miriam
Cathy O'Donnell Tirzah
Sam Jaffe Simonides
Finlay Currie Balthasar, dan narator rangkaian pra-penyebutan
Terence Longdon Drusus, asisten Messala
Frank Thring Pontius Pilatus
Claude Heater Yesus (tak disebutkan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Gigi
Film Terbaik (Academy Award)
1959
Diteruskan oleh:
The Apartment
Didahului oleh:
Room at the Top
BAFTA untuk Film Terbaik
1960
Diteruskan oleh:
The Apartment