Metro-Goldwyn-Mayer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Metro-Goldwyn-Mayer Inc.
Jenis Privat
Industri Film
Didirikan 16 April 1924
Kantor pusat Los Angeles, California, AS
(Metro-Goldwyn-Mayer Studios, Inc.)
Tokoh penting Harry Sloan (Chairman dan CEO)
Produk Film
Pemilik Providence Equity Partners (29%)
TPG Capital, L.P. (21%)
Sony Corporation of America (20%)
Comcast (20%)
DLJ Merchant Banking Partners (7%)
Quadrangle Group (3%) [1]
Karyawan 1,440 (hingga 2004) [2]
Situs web http://www.mgm.com/,

Metro-Goldwyn-Mayer Inc., atau MGM merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk film. Bermarkas di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Didirikan pada tanggal 16 April 1924. Perusahaan ini mempekerjakan 1.440 karyawannya hingga tahun 2004.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Marcus Loew membeli perusahaan Metro Pictures Corporation (didirikan pada tahun 1916) dan Goldwyn Pictures (didirikan tahun 1917) untuk menyediakan pasokan film untuk rantai teater yang besar, Loew's Theatres. Namun, pembelian tersebut menciptakan sebuah kebutuhan bagi seseorang untuk mengawasi operasi baru besar-besaran Hollywood, sejak lama asisten Nicholas Schenck dibutuhkan di kota New York untuk mengawasi bioskop. Loew membahas situasi dengan membeli studio Mayer Pictures pada tanggal 16 April 1924.

Biasanya, akan dipresentasikan: "Louis B. Mayer presents a Metro-Goldwyn picture". Namun Mayer menambahkan namanya ke nama studio itu, sehingga menjadikan studio itu dan maskotnya, yakni Leo the Lion, dan motto "Ars Gratia Artis" sebagai merek MGM.

Sejak awal, MGM mengetuk ke arah penonton kebutuhan untuk kemewahan dan kecanggihan. Setelah mewariskan beberapa nama-nama besar dari perusahaan pendahulu mereka, Mayer dan Thalberg mulai sekaligus untuk membuat dan mempublikasikan sejumlah bintang baru, di antaranya Greta Garbo, John Gilbert, William Haines, Norma Shearer, dan Joan Crawford. Sejumlah orang lain yang dipekerjakan ialah Lon Chaney, William Powell, Buster Keaton, dan Wallace Beery.

MGM merupakan studio pertama yang memproduksi film berwarna dalam format Technicolor. Film berwarna pertamanya ialah The Uninvited Guest (1923), The Big Parade (1925), dan Ben–Hur (1925) sementara film bersuara pertama ialah The Rogue Song.

Pada tahun 1934, Hugh Harman dan Rudolph Ising mulai bekerja di MGM. Mereka juga menciptakan kartun Happy Harmonies. Pekerja lainnya ialah William Hanna dan Joseph Barbera. Pada waktu bekerja, mereka memproduksi kartun Tom and Jerry. Setelah tahun 1955 semua kartun itu difilmkan di layar lebar Cinemascope sampai MGM menutup divisi kartun pada tahun 1957.

Pada tahun 1959, MGM menikmati apa yang sangat mungkin mereka kesuksesan finansial terbesar dari tahun-tahun berikutnya, dengan rilis dari hampir empat jam epik Technicolor Ben-Hur. Pada tahun 1960, MGM membuka basis studio di Czechoslovakia dan mempekerjakan animator Gene Deitch untuk memproduksi rilis baru dari Tom and Jerry. Produksi tersebut kemudian diteruskan lagi di kota Hollywood, dan pada tahun 1967, MGM dibeli oleh Edgar Bronfman, Sr.. 2 tahun kemudian dibeli oleh Kirk Kerkorian.

Pada tahun 1981, MGM memperoleh United Artists. Nama MGM diubah menjadi "MGM/UA Entertainment Co."

Ted Turner, melalui Turner Broadcasting System, membeli MGM pada tahun 1986. Tapi karena kekhawatiran dalam komunitas keuangan atas beban utang dari perusahaan, ia terpaksa tujuh puluh empat hari kemudian (17 Oktober 1986) untuk menjual kembali sebagian besar MGM/UA untuk Kirk Kerkorian untuk sekitar $ 780 juta USD ($ 480 juta untuk United Artists dan $ 300 juta untuk logo MGM).

Ted Turner tetap memiliki film MGM pra-1986. Pada tahun 1987, MGM/UA resmi memakai nama yang terpisah, sehingga nama asli "Metro-Goldwyn-Mayer" direstorasi. Pada tahun 1997, MGM membeli subsidiari film Metromedia, termasuk Orion Pictures.

Beberapa perusahaan bergolongan konsorsium berupaya untuk membeli perusahaan ini. Salah satunya ialah Comcast, Sony, Texas Pacific Group dan Providence Equity Partners.

Konsorsium tersebut mendapat pembagian saham MGM dengan jumlah berbeda-beda, namun film diedarkan lewat Columbia Pictures. Pada tahun 2006, MGM mengumumkan pengalihan output VCD atau DVD ke 20th Century Fox.

[sunting | sunting sumber]

Logo MGM berupa lingkaran film dan di dalam lingkaran, terdapat seekor singa bernama "Leo", dan disamping lingkaran, empat film menjulur ke luar. Di bawah lingkaran, terdapat topeng pertunjukan. Lingkaran ini memiliki tulisan "Ars Gratia Artis" (motto perusahaan, bahasa latin dari "Art Grace Art".[1] Logo ini pertama kali dipakai oleh perusahaan Goldwyn Pictures Corporation.

Film hasil produksi[sunting | sunting sumber]

Menara MGM di Los Angeles

1920-an[sunting | sunting sumber]

1930-an[sunting | sunting sumber]

1940-an[sunting | sunting sumber]

1950-an[sunting | sunting sumber]

1960-an[sunting | sunting sumber]

1970-an[sunting | sunting sumber]

1980-an[sunting | sunting sumber]

1990-an[sunting | sunting sumber]

2000-an[sunting | sunting sumber]

2010an[sunting | sunting sumber]

Peralatan[sunting | sunting sumber]

  • Orion Pictures
    Suatu perusahaan film yang dikemukakan dari Warner Bros. Perusahaan ini tutup karena mengalami kebangkrutan sejak 1998, dan hanya beroperasi sebagai unit dalam nama saja.
  • United Artists
    Suatu perusahaan film yang merupakan alatan tambahan MGM. Meruapakan subsidiari dari Transamerica sebelum 1981.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Logo MGM, CLG Wiki
  2. ^ "Trivia for Greed (1924)". IMDb. Diakses 2007-04-12. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]