Midnight Cowboy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Midnight Cowboy
Midnight Cowboy.gif
Sutradara John Schlesinger
Produser Jerome Hellman
Penulis James Leo Herlihy (novel)
Waldo Salt (skenario)
Pemeran Jon Voight
Dustin Hoffman
Musik Jeffrey Comanor,
Floyd Huddleston
Warren Zevon (lagu),
John Barry
Sinematografi Adam Holender
Penyunting Hugh A. Robertson
Distributor United Artists
Tanggal rilis 25 Mei 1969
Durasi 113
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris / Italia
Anggaran $3,6 juta

Midnight Cowboy ialah film tahun 1969 yang diluncurkan oleh United Artists. John Schlesinger menyutradarainya, dan Waldo Salt menulis skenarionya berdasarkan pada novel karya James Leo Herlihy. Dibintangi oleh Dustin Hoffman (dari The Graduate), bersama dengan Jon Voight di peran utama.

Ini adalah satu-satunya film berperingkat X yang memenangkan kategori Film Terbaik. Schlesinger memenangkan kategori Sutradara Terbaik; Hoffman dan Voight dinominasikan untuk Aktor Terbaik.

Pada tahun 1971, film ini diberi peringkat "R" oleh MPAA. Lepas dari itu, tiada yang berubah dari film ini.

Alur[sunting | sunting sumber]

Joe Buck (diperankan oleh Voight, dalam kesempatan pertama sebagai pemain utama) adalah seorang yatim piatu yang dibesarkan oleh neneknya di Texas. Sally meninggal setelah Joe besar, ketika ia masuk wajib militer ke US Army. Ia memiliki seorang kekasih, bernama Crazy Annie, namun ia dikirim ke rumah sakit jiwa. Dengan perginya 2 wanita dalam kehidupannya, Joe tidak punya keluarga ataupun kawan dekat. Setelah meninggalkan wamil, ia bekerja sebagai tukang cuci piring, dan memiliki impian untuk pergi ke New York City, untuk menjadi "gigolo" – pelacur pria. Ia menyimpan uang untuk bepergian, membeli beberapa pakaian koboi modis, dan menuju New York naik bus.

Joe tak banyak tau tentang realitas New York dan pekerjaan yang dipilihnya, dan segera menjadi tuna wisma, tanpa uang dan sedikit kemungkinan untuk mendapatkannya. Saat bertemu pertama kali dengan "Ratso" Rizzo (Dustin Hoffman), Ratso menipu Joe sebanyak $20, namun saat bertemu kembali, Ratso menawarkan untuk berbagi "tempat" dengannya, yang mengubah ruangan di sebuah bangunan jelek. Mereka menjadi sahabat. Ratso mendapatkan pengetahuan apa yang dia tau tentang New York dengan Joe, dan menjadi "manajer"-nya (germo), dan Joe membagi uang yang didapatnya kepada Ratso. Ratso sakit, mungkin tuberkulosis, dan seiring berlalunya waktu ia banyak bergantung pada Joe. Ratso mengilhami mereka berdua tentang rencananya pindah ke Florida sebelum musim dingin tiba.

Cuaca berubah dingin saat tahun tersebut berakhir, namun Joe dan Ratso berpisah, saat diundang ke sebuah pesta besar. Saat makan (lalu menyembunyikan) sebanyak apapun mereka bisa, Joe bertemu seorang pemuka masyarakat yang akhirnya memperlakukan mereka seperti yang mereka mau, di New York City, dan membayar mereka juga. Namun, Ratso malah tambah sakit, dan tidak bisa berdiri apalagi berjalan lama. Ia menolak pergi ke dokter di rumah sakit, dan mendesak Joe membawanya ke Florida.

Joe mencoba bertemu lsgi dengan pemuka tersebut, untuk mendapat uang perjalanan, namun gagal. Ia menyumbangkan darah untuk mendapat uang eceran, dan kebetulan ia bertemu seorang penjual keliling, yang mengundang Joe menemaninya di malam hari, namun kemudian merasa bersalah, dan mengirim Joe ke rumah dengan medali St. Christopher. Saat mengetahui Ratso tambah sakit, Joe kembali untuk menghantam dan merampok penjual tersebut, demi uang yang diperlukan.

Joe dan Ratso pergi ke Florida dengan bus, ke Miami. Joe membeli pakaian baru untuk mereka berdua, dan membuang pakaian koboinya. "I ain't no kinda hustler (Aku bukan sejenis pelacur)," kata Joe, dan ia berencana untuk menemukan pekerjaan tetap begitu mencapai Florida. Joe dan Ratso bercanda selama perjalanan, namun Ratso meninggal sebelum tiba di sana. Joe menyadari seberapa banyak ia perhatian pada Ratso sebagai manusia, dan kehilangan terbesar dalam hidupnya adalah orang yang dekat dengannya. Joe kehilangan nenek dan jantung hatinya. Sekarang ia kehilangan kawan terbaiknya, dan Joe takut pergi sendiri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Oliver!
Academy Award for Best Picture
1969
Diteruskan oleh:
Patton
Didahului oleh:
The Graduate
BAFTA Award for Best Film
1970
Diteruskan oleh:
Butch Cassidy and the Sundance Kid