Message in a Bottle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Message in a Bottle
Poster Film Message in a Bottle
SutradaraLuis Mandoki
ProduserKevin Costner
Denise Di Novi
Jim Wilson
SkenarioGerald Di Pego
Berdasarkan
Message in a Bottle
oleh Nicholas Sparks
PemeranKevin Costner
Robin Wright
Paul Newman
Penata musikGabriel Yared
SinematograferCaleb Deschanel
PenyuntingSteven Weisberg
Perusahaan
produksi
Tig Productions
Di Novi Pictures
Bel Air Entertainment
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
  • 12 Februari 1999 (1999-02-12)
Durasi131 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$80 juta
Pendapatan
kotor
$118,880,016

Message in a Bottle adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 1999 yang disutradarai oleh Luis Mandoki dan diproduseri oleh Kevin Costner, Denise Di Novi, dan Jim Wilson. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 1998, film ini dibintangi oleh Kevin Costner, Robin Wright, dan Paul Newman. Message in a Bottle difilmkan di Maine, Chicago dan Wilmington, Carolina Utara.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Theresa Osborne (Robin Wright), seorang mantan wartawan, bekerja sebagai peneliti untuk Chicago Tribune. Dalam perjalanan ke Cape Cod, dia menemukan surat cinta yang menarik dan misterius di dalam botol di pasir pantai, ditujukan dari Garret ke Catherine. Dia tertarik pada surat itu dan mengambilnya. Dan dari datangnya dua surat lagi di dalam botol oleh orang yang sama, akhirnya Theresa melacak orang yang menulis surat-surat itu, Garret Blake (Kevin Costner). Garret dan istrinya, Catherine (Susan Brightbill), memperbarui perahunya, Happenstence, sebelum kematian istrinya itu dan dia tinggal di Outer Banks, Carolina Utara dekat ayahnya, Dodge Blake (Paul Newman).

Theresa dan Garret berkenalan baik, tetapi Theresa tidak mengungkapkan surat-surat cinta itu kepada Garret. Seiring dengan jarak di antara mereka - mereka tinggal ratusan mil yang terpisah - ada masalah lain: Garret tidak bisa memaafkan Catherine untuk mati dan meninggalkannya.

Karier Theresa meningkat karena kisah romantis "Pesan di dalam Botol" yang dibuat di media cetak, tanpa menyebut nama. Garret melakukan perjalanan ke Chicago untuk mengunjungi Theresa dan anaknya. Cinta mereka mulai berkembang, sampai suatu hari Garret menemukan surat-surat cinta itu di laci di apartemen Theresa. Garret marah pada Theresa dan setelah penjelasan dari Theresa malam itu, Garret pulang sendiri ke tempat asalnya.

Setahun kemudian, Dodge mencari Theresa. Dia memberitahukan Theresa bahwa putranya, Garret, telah meninggal di laut dalam badai ketika mencoba untuk menyelamatkan orang lain. Sebuah pesan di dalam botol ditemukan di kapalnya. Theresa mendapati bahwa pesan itu ditulis pada malam sebelum Garret melakukan pelayaran terakhir. Di dalamnya, ia meminta maaf kepada Catherine dan mengatakan bahwa karena Theresa, ia telah menemukan cinta baru, cinta yang harus ia perjuangkan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Kevin Costner sebagai Garret Blake
  • Robin Wright sebagai Theresa Osborne
  • Paul Newman sebagai Dodge Blake
  • Susan Brightbill sebagai Catherine Land Blake
  • John Savage sebagai Johnny Land
  • Illeana Douglas sebagai Lina Paul
  • Robbie Coltrane sebagai Charlie Toschi
  • Jesse James sebagai Jason Osborne
  • Bethel Leslie sebagai Marta Land
  • Tom Aldredge sebagai Hank Land
  • Hayden Panettiere sebagai gadis di perahu karam

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Grup band asal Irlandia Clannad membuat lagu "What Will I Do" untuk film ini. Penyanyi Richard Marx juga membuat lagu "One More Time", yang dinyanyikan oleh Laura Pausini, yang dimainkan pada ending credit film ini.

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat review negatif dari kritikus. Rotten Tomatoes menilai film ini dengan skor 32% berdasarkan 38 ulasan.[1]

Roger Ebert menilai film ini dengan 2/4 bintang, memuji peran utama, terutama Paul Newman yang "mencuri setiap adegan", tetapi mengkritik akhir film ini.[2]

Todd McCarthy menyebutnya sebagai "kesedihan yang membosankan, cengeng, dan bodoh", tetapi mengakui hal itu dibuat untuk penonton di antara mereka yang meletakkan buku pada daftar buku terlaris.[3]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Message in a Bottle dibuka pertama kali pada akhir pekan Hari Valentine 1999 dengan perkiraan USD 16,700,000. Film ini mencapai pendapatan USD 52,800,000 di Amerika Serikat dan tambahan USD 66,000,000 di luar Amerika, sehingga total pendapatan untuk film ini sebesar USD 118,800,000 di seluruh dunia.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Message in a Bottle di Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris) Flixster
  2. ^ Roger Ebert (February 12, 1999). "Message In A Bottle". 
  3. ^ Todd McCarthy (February 7, 1999). "Review: 'Message in a Bottle'". 
  4. ^ "Message in a Bottle (1999)". Box Office Mojo. Amazon.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]