NASCAR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
National Association for Stock Car Auto Racing, Inc.
NASCAR
NASCAR.svg
Lomba Seri Piala Sprint di Indianapolis Motor Speedway pada 2009
Lomba Seri Piala Sprint di Indianapolis Motor Speedway pada 2009
Olahraga Balap mobil stok
Kategori Balap mobil
Area kerja Bendera Eropa Eropa
Bendera Kanada Kanada
Bendera Meksiko Meksiko
Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Berdiri 1948 (1948)
Kantor pusat Charlotte, North Carolina
Daytona Beach, Florida
New York City
Houston, Texas
Presiden Mike Helton
Kepala Brian France
Petinggi Brian France
Staf lain Robin Pemberton
John Darby
Jim France
Situs resmi
www.nascar.com

National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) merupakan perusahaan yang dimiliki oleh keluarga dan menyelenggarakan berbagai macam acara balapan. Didirikan oleh Bill France Sr. pada 1947-48. Kini, yang memegang jabatan CEO di perusahaan ini adalah cucunya, Brian France.[1] NASCAR merupakan penyelenggara balap mobil terbesar di Amerika Serikat.[2] Tiga seri balapan terbesar NASCAR ialah Seri Piala, Seri Nationwide, dan Seri Truk. NASCAR menyetujui lebih dari 1.500 balapan di 100 trek di 38 negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu NASCAR juga menggelar balapan di Kanada, Meksiko dan Eropa. NASCAR juga mengadakan beberapa balapan eksibisi di Suzuka, Jepang. Motegi, Jepang, dan Calder Park Raceway, Australia.[3]

Kantor pusat NASCAR berada di Pantai Daytona, Florida termasuk juga kantor-kantor cabang lainnya di empat kota di negara bagian North Carolina: Charlotte, Mooresville, Concord, dan Conover[4] Kantor regionalnya berada di New York City, Los Angeles, Bentonville. Untuk kantor di luar Amerika terletak di Mexico City dan Toronto.

NASCAR merupakan salah satu dari olahraga yang paling banyak dilihat berdasarkan rating televisi di Amerika Serikat. Faktanya, hanya National Football League-lah yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR. Di luar Amerika, NASCAR disiarkan di lebih dari 150 negara.[5] Pada tahun 2004, direktur keamanan NASCAR menyatakan NASCAR berada di urutan ke-17 dari 20 acara olahraga rutin mingguan yang dihadiri penonton setiap musimnya.[6] Majalah Fortune menyatakan aliran uang sponsorship perusahaan yang mengalir di NASCAR melebihi ajang balapan lainnya seperti Formula Satu atau MotoGP meskipun sejak Serangan 11 September 2001 yang berdampak langsung pada perekonomian di Amerika Serikat, beberapa perusahaan mulai mengurangi kegiatan sponsor mereka di ajang olahraga.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal mula balap mobil stok[sunting | sunting sumber]

Diawali pada dekade 1920-an dan 1930-an, Pantai Daytona dikenal luas sebagai salah satu tempat untuk mencatat rekor kecepatan. Perancis dan Belgia bersaing disini dan mencatat delapan rekor kecepatan antara 1927 sampai 1935. Setelah sempat dipakai sebagai lokasi balapan berseharan antara Ransom Olds dan Alexander Winton pada 1903. Pantai ini kemudian dipakai sebagai pusat adu kecepatan dengan 15 catatan rekor yang berhasil dicatat di lokasi yang kemudian dikenal sebagai Sirkuit Jalan Pantai Daytona antara 1905 sampai 1935. Pada waktu itu juga Bonneville Salt Flats menjadi lokasi untuk mencatat rekor kecepatan darat. Pada 1936 Pantai Daytona menjadi sebuah sinonim dengan mobil cepat. Para pembalap membalap di trek sepanjang 6,6 km, dengan trek lurus pantai sepanjang 2,4-3,2 km dan trek lurus lainnya yang kini dikenal sebagai jalan negara. Dua trek lurus ini saling bertemu dengan bagian pasir yang menutupi tikungan pertemuan keduanya.

Tokoh berpengaruh[sunting | sunting sumber]

Berdirinya NASCAR[sunting | sunting sumber]

Liga dalam NASCAR[sunting | sunting sumber]

Sprint Cup Series[sunting | sunting sumber]

Logo NASCAR Seri Piala Sprint.

Seri Piala Sprint NASCAR merupakan divisi tertinggi dalam balapan NASCAR. Pertama kali digelar tahun 1949 dengan nama Strictly Stock Series. Era tahun 1950-1970 balapan ini kemudian dikenal dengan nama Grand National Series. Sejak memiliki sponsor dari perusahaan tobako R. J. Reynolds Tobacco Company, seri ini kemudian dikenal dengan nama Winston Cup Series sampai akhir musim 2003. Sejak 2004 sampai 2007 balapan ini berganti sponsor menjadi Nextel Cup Series, dan dengan adanya merger antara Nextel dengan perusahaan telekomunikasi Sprint, maka sejak musim 2008 balapan ini dikenal dengan nama Sprint Cup Series sampai saat ini.

Pembalap yang paling sering juara di seri Sprint Cup adalah Richard Petty dan Dale Earnhardt Senior dengan raihan 7 kali gelar juara umum.

Nationwide Series[sunting | sunting sumber]

Seri Nationwide merupakan divisi dua dari seri balap NASCAR (kira-kira sama seperti F3000 yang merupakan divisi dua sebelum jenjang F1). Pertama kali diadakan tahun 1982, dan biasanya digelar di sirkuit-sirkuit kelas dua yang tidak menggelar balapan Sprint Cup. Balapan Nationwide juga biasanya digelar sehari sebelum balapan utama Sprint Cup.

Camping World Truck Series[sunting | sunting sumber]

Seri Camping World Truck merupakan seri balap NASCAR khusus untuk mobil-mobil berbentuk pick-0up, dan pertama digelar di musim 1995.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DiCicco, Christopher (November 3, 2007). "NASCAR's Organizational Structure By". Buzzle.com. Diakses April 18, 2009. 
  2. ^ "History of NASCAR". Famento, Inc. February 20, 2009. Diakses April 18, 2009. 
  3. ^ "Exhibition Races". racing-reference.info. Diakses April 18, 2009. 
  4. ^ "RACING FAQ, NASCAR Trivia and TECH Questions". Jayski LLC, ;; Owned and served by ESPN. February 15, 2009. Diakses April 18, 2009. 
  5. ^ "All About NASCAR". ShaveMagazine.com. 
  6. ^ "Public Venue Security 01/04: On the Move". Publicvenuesecurity.com. Diakses August 21, 2010. 
  7. ^ "NASCAR: A Once Hot Sport Tries to Restart Its Engine". Time. April 26, 2010. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]