American Le Mans Series

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo

American Le Mans Series (ALMS) merupakan sebuah kejuaraan balap mobil yang berlangsung di Amerika Serikat dan Kanada. Kejuaraan ini terdiri dari balap ketahanan dan balap sprint, dan dibangun dengan semangat Le Mans 24 Hours. Tim mengikuti satu dari empat kelas yang ada: LMP dan LMPC (Le Mans Prototype), dan GT2 dan GTC (Grand Touring). Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1999. Waktu balapan ini berlangsung selama 1 jam 40 menit, hingga 12 jam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seri ini dibuat oleh pebisnis berbasis di Georgia yang bernama Don Panoz dan melakukan musim pertamanya pada tahun 1999.[1] Panoz menciptakan kerjasama dengan Automobile Club de L'Ouest (ACO), penyelenggara dari 24 Hours of Le Mans, untuk memulai balapan 10 jam dalam semangat Le Mans, yang disebut Petit Le Mans. Petit Le Mans pertama diadakan pada tahun 1998 sebagai bagian dari seri Professional SportsCar Racing, dimana Panoz merupakan salah satu investornya. Tahun 1999, seri ini diganti namanya menjadi American Le Mans Series, dan mengadopsi buku aturan ACO.

Kerjasama dengan ACO memungkinkan tim ALMS untuk mendapat undangan otomatis untuk mengikuti Le Mans 24 Hours. Percobaan ini dimulai dengan pembukaan Petit Le Mans, hal yang dilakukan hingga sekarang, dimana peringkat pertama dan kedua dari setiap kelas akan menerima undangan untuk mengikuti kejuaraan 24 jam tahun berikutnya. Balap ALMS di Adelaide tahun 2000 juga menerima undangan otomatis.[2] Undangan juga diberikan kepada juara seri mulai tahun 2003, untk balapan 2004.[3] ACO selalu memberi penghargaan tinggi bagi tim yang ikut serta dalam ALMS, dan banyak tim ALMS yang mencapai sukses pada balap 24 Jam.

Seri dimulai dengan delapan balapan pada musim balap 1999, dimulai dengan 12 Hours of Sebring, dan berakhir di Las Vegas Motor Speedway. Jadwal diperbanyak dengan 12 balapan pada musim 2000, termasuk dua balapan di Eropa, dan satu di Australia. Dalam tahun berikutnya, balapan Eropa dihilangkan, dengan pembuatan seri pendek European Le Mans Series, yang kemudian menjadi Le Mans Series. Seri juga mulai berpindah dari sirkuit oval dan sirkuit jalanan di dalam sirkuit oval besar seperti Charlotte Motor Speedway, Las Vegas, dan Texas Motor Speedway. Akhirnya, seri ini lebih banyak masuk ke sirkuit jalanan, yang digunakan bersama Indy Racing League, di kota seperti St. Petersburg, Florida dan Long Beach, Kalifornia. Seri ini telah menggunakan sirkuit Laguna Seca, Mosport, Road Atlanta dan Sebring di setiap tahunnya.

Seri ini adalah balapan pertama di Amerika Utara yang diakui oleh Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (the EPA), Departemen Energi Amerika Serikat, dan Asosiasi Teknisi Otomotis (SAE International) sebagai seri balapan hijau, dan direncanakan untuk mengadakan kelas khusus yang disebut "Green Racing Series", dan direncanakan untuk mengadakan seri baru yang didedikasikan untuk lingkungan dengan menyelenggarakan Green Challenge pada saat Petit Le Mans 2008 dan akan dilakukan di seluruh balapan di musim balap 2009.[4]

Tahun 2010 American Le Mans Series menandatangani sponsor utama balapan pertama, dengan Tequila Patrón menjadi sponsor utama untuk tiga musim.[5]

Sekilas Pandang[sunting | sunting sumber]

American Le Mans Series menggunakan esensi aturan yang sama dengan 24 Hours of Le Mans. sama dengan 24 Hours, mobil dibagi menjadi empat kelas. Kendaraan yang khusus dibangun untuk balap berkompetisi dalam kelas Prototip (LMP1 dan LMP2) dan produk modifikasi dari mobilsport berkompetisi dalam kelas Grand Touring (GT1 dan GT2, sebelumnya GTS dan GT). Tiap mobil dikemudikan oleh beberapa pembalap bergantian (2 atau 3, bergantung pada panjang balapan), dan semua mobil berkompetisi secara bersamaan dalam satu waktu dan tempat.

Juara poin tim dan urutan kedua dari masing-masing kelas pada akhir musim menerima undangan otomatis dari 24 Hours of Le Mans tahun berikutnya. Ditambah, tim mandiri (tim yang tidak didukung oleh pabrikan) berkompetisi untuk IMSA Cup bersama juga hadiah khusus untuk setiap balapan. Tim pabrikan akan bertarung pada semua kelas tahun 2009, dengan Acura dan Audi di LMP1, Acura dan Mazda di LMP2, Chevrolet di GT1, dan Aston Martin, BMW, Ferrari, dan Porsche di GT2. Pabrikan lain termasuk Dodge, Ford dan Panoz. Tim pabrikan Cadillac dan Chrysler mengikuti kompetisi pada musim-musim sebelumnya.

Green Challenge[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2008, American Le Mans Series mengumumkan akan mengadakan kompetisi "Green Challenge" pertama saat Petit Le Mans di Road Atlanta bulan Oktober, selanjutnya Green Challenge akan diimplementasikan pada semua balap ALMS pada musim balap 2009. Dalam kerja sama dengan Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (the EPA), Departemen Energi Amerika Serikat, dan Asosiasi Teknisi Otomotis (SAE International),[6] seri ini meluncurkan aturan dan regulasi untuk Green Challenge.[7] Pimpinan kelas yang menghasilkan emisi CO2 rendah dan mesin hijau pada musim 2008 adalah GT1 Chevrolet Corvette C6.R berbahan bakar E85 etanol selulosa bermesin 7.0 liter V8 dan LMP1 Audi R10 TDI dengan mesin 5.5 liter turbodiesel V12.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Perez, A.J. (2007-08-30). "Le Mans series showcases prototype race cars". USA Today. Diakses 2008-08-20. 
  2. ^ Motorsport.com: News channel
  3. ^ Motorsport.com: News channel
  4. ^ "ALMS Official Website: Green Challenge Rules and Regulations Set". ALMS. 24 June 2008. Diakses 2008-06-25. [pranala nonaktif]
  5. ^ "Simply Perfect: Series announces Tequila Patron as Presenting Sponsor". American Le Mans Series. 2010-02-23. Diakses 2010-02-24. [pranala nonaktif]
  6. ^ SAE International
  7. ^ Green Racing Initiative US Environmental Protection Agency website Retrieved 2009-12-14

Pranala luar[sunting | sunting sumber]