Chevrolet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chevrolet
Jenis Divisi dari General Motors
Industri/jasa Otomotif
Didirikan 1911
Pendiri Louis Chevrolet, William C. Durant
Kantor pusat Detroit, Michigan
Produk mobil, truk, Crossover SUV, SUV
Slogan The Feeling is Different (World)
An American Revolution (United States)
Let's Go/Allons-Y (Canada)
Siempre con Vos (Argentina and Uruguay)
Siempre Contigo (Hispanic America)
Mein großes Plus (Germany)
Its a Big Plus (Europe)
Conte Comigo (Brazil)
Induk General Motors Company
Situs web Chevrolet.com

Chevrolet (pronounced /ˌʃɛvrəˈleɪ/, of Swiss origin) (terkadang disingkat sebagai Chevy: /ˈʃɛvi/) adalah sebuah merek otomotif Amerika Serikat yang merupakan divisi dari General Motors. Didirikan oleh Louis Chevrolet dan pendiri GM William C. Durant pada 8 November 1911. Chevrolet diambil General Motors tahun 1917. Diposisikan oleh Alfred Sloan untuk menjual kendaraan sejenis untuk bersaing langsung melawan Ford Model T buatan Henry Ford. Pada saat ini Chevrolet merupakan merek yang menyumbang penjualan terbesar bagi General Motors.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat dan Kanada[sunting | sunting sumber]

Chevrolet didirikan oleh Louis Chevrolet, seorang pengemudi mobil balap dan juga anak dari Cooper Chevrolet, William Durant (pendiri GM, tetapi didepak dari Manajemen GM tahun 1910), seorang investor William Little (pendiri Little automobile) dan Dr. Edwin R. Campbell (menantu laki-laki Durant). William mengambil alih Flint Wagon Works, dan Chevrolet Motor Co. membentuk perseroan November 1911. Ia ingin menggunakan nama Chevrolet sebagai pembalap untuk membangun kembali reputasinya. Untuk prototipe kendaraan pertamanya dibuat oleh Etienne Planche. Fasilitas pembuatan Chevrolet pertama kali terdapat di Toronto, Kanada.

Chevrolet pertama kali menggunakan logo “bowtie”nya [1] pada tahun 1913. Dikatakan bahwa logo itu didesain Durant dari sebuah wallpaper yang dilihatnya di sebuah hotel Perancis.

Tahun 1916 Chevrolet sudah memiliki keuntungan yang cukup sehingga Durant bisa membeli kembali sebagian besar saham GM. Pada 1917 Durant kembali menduduki jabatan presiden GM. Chevrolet pun digabungkan ke dalam General Motors dan menjadi divisi yang terpisah. Tahun 1917, Chevrolet memiliki pabrik di New York City; Tarrytown, N.Y.; Flint, Michigan; Toledo, Ohio; St. Louis, Missouri; Oakland, California; Fort Worth, Texas, dan Oshawa, Ontario.[2]

Tahun 1918, diperkenalkan Model D, sebuah mobil dengan model roadster 4 penumpang dan touring 5 penumpang, dengan mesin V8 dengan tenaga 55hp (41kW) dengan karburator Zenith dan transmisi 3 kecepatan. Mereka juga mulai memproduksi mobil bermesin 6 segaris.

Selama tahun 1920-an hingga 1940-an, Chevrolet terus berkompetisi dengan Ford, apalagi setelah Chrysler membentuk Plymouth tahun 1928, Plymouth, Ford, dan Chevrolet dikenal sebagai "Tiga pembuat mobil murah".[3] Do tahun 1933, Chevrolet meluncurkan Standard Six, yang mereka iklankan di Amerika Serikat sebagai mobil bermesin 6 silinder termurah pada saat itu.

Chevrolet berhasil mendapatkan pengaruh yang besar di pasar Amerika Serikat pada tahun 1950-an dan 1960-an. Chevrolet meluncurkan sebuah mobil sport 2 pintu yang dinamakan Chevrolet Corvette pada tahun 1953. Tahun 1957, Chevrolet membuat mesin bensin dengan injeksi untuk pertama kalinya.

Tahun 1960 Chevrolet meluncurkan Corvair, satu-satunya mobil Amerika bermesin belakang dengan pendingin udara hingga saat ini. Tahun 1963, merek Chevrolet menguasai 10% pasar mobil Amerika Serikat. [4]


Operasi internasional[sunting | sunting sumber]

Top 10 Penjualan Chevrolet
2011[5]
Urutan ke- Lokasi Total
penjualan
Pangsa
pasar (%)
1  Amerika Serikat 1.775.812 36.9%
2  Brasil 632.201 13.3%
3  Republik Rakyat Tiongkok 595.068 12.5%
4  Rusia 173.485 3.6%
5  Meksiko 162.461 3.4%
6  Kanada 150.540 3.2%
7  Argentina 133.491 2.8%
8  Uzbekistan 121.584 2.6%
9  India 111.056 2.3%
10  Kolombia 105.783 2.2%
Dealer Chevrolet dan Pontiac di kota Kediri pada tahun 1929

Sampai tahun 2010, Chevrolet telah beroperasi di lebih dari 140 negara di seluruh dunia, dan penjualan tahun 2011 mencetak rekor dengan total 4,76 juta unit.[5]

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Mobil-mobil Chevrolet di Meksiko merupakan gabungan dari beberapa merek General Motors yang dilabeli Chevrolet. Misalnya, mobil yang diambil dari merek Opel diantaranya Vectra, Astra, Corsa, Meriva dan Captiva. Untuk mobil yang diambil dari Chevrolet A.S misalnya Avalanche, Suburban, Equinox, Tahoe, Cheyenne (mirip Silverado dengan sedikit perubahan), Aveo, HHR, Traverse, Malibu dan Corvette. Chevrolet Optra, yang diproduksi di Korea oleh GM Daewoo, juga dijual di Meksiko.

Cina[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Cina berkembang menjadi pasar terbesar ketiga Chevrolet, dengan penjualan sebesar 332.774 unit, di bawah Amerika Serikat (1.344.629 unit) dan Brasil (595.500 unit).[6]

India[sunting | sunting sumber]

Chevrolet merupakan salah satu pemain baru di pasar otomotif India. Di negara ini, Chevrolet dioperasikan oleh GM India (yang juga bekerja sama dengan Hindustan Motors). Chevrolet memproduksi Corsa dan Astra di pabrik di Halol, Gujarat.

Selain itu, Chevrolet saat ini menjual Chevrolet Cruze, Chevrolet Spark, Chevrolet Optra, Chevrolet Aveo, Chevrolet Tavera, Chevrolet Captiva, Chevrolet SRV, Chevrolet Beat, Chevrolet Beat Diesel dan Chevrolet Aveo U-VA. Chevrolet Forester, mobil yang diambil dari Subaru, diimpor dari Jepang dari Fuji Heavy Industries sampai tahun 2005. Optra dan Tavera diproduksi di pabrik Halol.

Chevrolet juga merupakan pemasok mesin untuk seri single seater di Formula Rolon di India.

Jepang[sunting | sunting sumber]

Di pertengahan tahun 2000-an, Suzuki mengimpor dan menjual Chevrolet TrailBlazer dan Chevrolet Optra di Japan. Suzuki, partner dari GM, juga merakit Chevrolet MW microvan. Chevrolet MW sebenarnya hanya merupakan penamaan ulang dari Suzuki Wagon R+ dan nantinya disebut Suzuki Solio. Suzuki juga pernah menjual Chevrolet Cruze di masa lalu. General Motors Asia Pacific (Jepang) sekarang ini menjual TrailBlazer, Camaro, dan Corvette dalam jumlah terbatas. Pada tahun 2010, Mitsui memasarkan Chevrolet Tahoe, Chevrolet Express, Chevrolet HHR, Silverado, dan Traverse. Maka, saat ini ada 3 saluran penjualan berbeda untuk mobil-mobil Chevrolet yang ada di Jepang.

Malaysia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, sebuah joint-ventura antara GM dan DRB-Hicom, disebut Hicomobil, mulai menjual Chevrolet Aveo, Chevrolet Optra, Chevrolet Nabira dan Chevrolet Lumina. Joint ventura ini sudah selesai pada tahun 2009.

[sunting | sunting sumber]

Chevrolet logo, tahun 1943

Logo "Bow Tie" Chevrolet yang berbentuk dasi kupu-kupu ditemukan secara tidak sengaja oleh William Durant ketika mengamati pola wallpaper disebuah hotel di Paris tahun 1908. Meskipun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa logo tersebut merupakan stilasi tanda silang bendera Swiss, tempat dimana Louis-Joseph Chevrolet lahir. Pada tanggal 2 Oktober 1913, logo ini pertama kali muncul di iklan Chevrolet di The Washington Post dengan headline: "Look for this nameplate".

Dalam perkembangannya, logo ini mengalami beberapa kali evolusi, dalam warna & detail dengan tetap mempertahankan bentuk dasarnya. barulah pada tahun 2004, logo ini menggunakan warna kuning emas yang menyiratkan "Gold Standard", sampai sekarang [7]

Slogan[sunting | sunting sumber]

Slogan Chevrolet saat ini adalah “May The Best Car Win”.

Kendaraan masa depan, truk, dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Divisi Chevrolet saat ini sedang bangkit dari resesi ekonomi tahun 2007-2010. Setelah penjualan GM terus anjlok dan ketika pemerintah Amerika Serikat memberikan suntikan dana pada perusahaan ini, GM mulai mengembangkan mobil-mobil dan truk yang lebih efisien bahan bakar, agar bisa semakin bersaing dengan pabrikan asing macam Toyota and Honda. Sejak saat itu, penjualan Chevrolet kembali sehat. Angka penjualan mulai naik setelah merek ini meluncurkan Cruze, Volt, serta Equinox dan Malibu. Di akhir 2010, GM mulai memproduksi dalam jumlah kecil kendaraan elektrik plug-in Volt. Pada tahun 2012, Volt akan diproduksi kira-kira 60.000 unit. Di Auto China tahun 2010 GM menunjukkan mobil konsep Volt MPV5, sebuah MPV yag basisnya diambil dari Volt sedan, tapi sampai saat ini GM belum memberikan kepastian apakah mobil ini jadi diproduksi atau tidak. Chevrolet juga telah meluncurkan Aveo baru yang dinamakan Sonic di North American Auto Show 2011 di Detroit. Chevrolet juga berencana untuk meluncurkan Chevrolet Malibu terbaru generasi kedelapan.

Mobil baru untuk tahun 2011–2013:

Jajaran model[sunting | sunting sumber]

Sekarang ini[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat dan Kanada[sunting | sunting sumber]

Sedan Sonic Aveo Cruze Malibu Impala Camaro Corvette
Crossover Equinox Traverse
SUV Tahoe Suburban
Truk Colorado Silverado Avalanche
Van Express
PHEV/elektrik Volt

Amerika Latin[sunting | sunting sumber]

Sedan/mobil sport Spark Celta/Prisma
Corsa B/Chevy C2
Corsa C
Aveo Cruze Optra Astra B
Astra C/Vectra
Vectra C Epica
Truk Montana/Tornado S-10 D-Max Silverado Avalanche
Crossover HHR Captiva Captiva Sport Traverse
MPV Meriva Tacuma/Rezzo Zafira
Van Trans Sport

Eropa[sunting | sunting sumber]

Tersedianya kendaraan Chevrolet tergantung dari wilayah. Kawasan Eropa Timur biasanya lebih banyak mobil-mobil eks-Daewoo yang dijual dengan nama Chevrolet.

Sedan/sport Matiz Spark Aveo Lacetti Nexia Cruze Epica Corvette
Crossover Captiva Niva
MPV Orlando
Van Damas

Timur Tengah[sunting | sunting sumber]

Sedan/sport Spark Aveo Optra Epica Lumina Caprice Malibu Corvette Beat Camaro Cavalier
Truk Colorado Avalanche Silverado Scottsdale Custom Deluxe Cheyenne
Crossover Traverse Captiva
SUV Trailblazer Tahoe Suburban Blazer Blazer Tracker
Van/Minivan Uplander Express Venture Lumina APV Astro Van

Chevrolet di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Chevrolet di Indonesia menjual beberapa model diantaranya Captiva, sebuah SUV 7 penumpang ; Cruze, sebuah mid-sized sedan ; Spark, city car ; Orlando, MPV medium; Colorado, double cabin; dan Trailblazer, SUV medium. Ada juga Chevrolet Lova, sebuah Kalos yang dijadikan taksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chevrolet Bowtie History". Diakses July 21, 2006. 
  2. ^ The Sun, Baltimore, January 21, 1917, Part 6, Page 14.
  3. ^ New York Times 15 June 1997
  4. ^ Gunnell, John (Editor) (1987). In Gunnell, John. The Standard Catalog of American Cars 1946–1975. Kraus Publications. hlm. 134–183. ISBN 0-87341-096-3. 
  5. ^ a b GM Press Release (2012-01-20). "GM global sales up 7.6% in 2011 to 9.026M vehicles; China and US largest markets". Green Car Congress. Diakses 2012-01-20. 
  6. ^ Cheryl Jensen (April 23, 2010). "Forecast Says China Provides Opportunities and Competition". New York Times Wheels blog. Diakses April 23, 2010. 
  7. ^ Kompas, halaman 14, kamis 3 November 2011 "100 years and still cruisin"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]