Subaru Forester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Subaru Forester
2010 Subaru Forester 2.5X Limited (US)
Produsen Subaru
Perusahaan induk Fuji Heavy Industries
Masa dalam produksi 1997–sekarang
Perakitan Ōta, Gunma, Jepang
Kelas Compact crossover SUV
Bentuk kerangka 4 pintu SUV
Layout F4 layout

Subaru Forester adalah mobil jenis SUV crossover berukuran kompak yang diproduksi oleh Subaru dari Fuji Heavy Industries (FHI), Jepang. Menggunakan platform dari Subaru Impreza, Forester pertama kali dibuat berbasis mobil konsep Streega yang dipamerkan pada Tokyo Motor Show tahun 1995.

Produksi Subaru Forester dimulai pada tahun 1997 untuk model tahun 1998. Seperti mobil Subaru lainnya, Forester menggunakan mesin dengan konfigurasi Boxer, dan penggerak 4WD Symmetrical All Wheel Drive, meskipun ada versi yang lebih murah dengan penggerak roda depan.

Kompetitor Forester adalah Toyota RAV4, Ford Escape, Nissan X-Trail, dan Honda CR-V.

Generasi pertama (1998-2003)[sunting | sunting sumber]

Subaru Forester 2.5 L

Subaru Forester berbentuk kotak dan bergaya SUV sebenarnya adalah station wagon yang menggunakan platform Impreza dengan ground clearance sedikit lebih tinggi. Seperti mobil Subaru lainnya pada jaman itu, Forester hadir dengan kaca pintu tanpa bingkai (frameless).

Untuk pasar domestik Jepang dan general export Forester menggunakan mesin normally aspirated dan turbo berkapasitas 2000cc tipe EJ20. Untuk pasar Australia, Forester dipasarkan dalam versi GX, Limited, Special Edition, dan GT. Forester GT menggunakan mesin turbo 2000cc EJ20 sama seperti yang digunakan oleh Impreza WRX. Sedangkan untuk Amerika, Forester dilengkapi mesin 2500cc. Trim level-nya adalah Standard, L, dan S. Forester ini masuk ke Indonesia dalam jumlah yang sedikit.

Generasi kedua (2004-2008)[sunting | sunting sumber]

Subaru Forester 2.5 XS

Pada dasarnya Forester ini masih berbentuk kotak meskipun secara keseluruhan sudutnya diperhalus dan memiliki beberapa garis body yang melengkung.

Untuk pasar Asia, Forester menggunakan mesin EJ20 2000 cc, sedangkan Forester yang dijual di Amerika Serikat dan Australia bermesin EJ25 2500 cc. Model dasar adalah X dengan mesin non turbo (normally aspirated), kemudian model kelas atas non turbo yaitu XS, dan XT model kelas atas dengan mesin turbo.

Seperti di region lainnya Forester untuk Amerika adalah X, XS, dan XT yang semuanya bermesin 2500 cc. Model facelift tahun 2006 hanya tersedia dalam model 2.5 X dan 2.5 XT, tetapi juga dipasarkan 2.5 Sports dan 2.5 L.L. Bean Edition yang berbasis 2.5 X, serta 2.5 XT Limited Edition berbasis 2.5 XT. 2.5 L.L. Bean adalah versi mewah. Pada tahun 2005 diluncurkan Forester STi yang menggunakan mesin turbo berkemampuan tinggi dari Impreza WRX STi. Di Amerika Forester STi dijual dengan nama 2.5 XT Sports yang merupakan model baru untuk tahun 2006.

Di Indonesia, Forester X dan XT dipasarkan secara resmi oleh Motor Image.

Generasi ketiga (2009-2013)[sunting | sunting sumber]

Perubahan besar terjadi pada Forester generasi ketiga. Bukan hanya dimensinya yang lebih besar dan bentuknya tidak lagi kotak, Forester ini tidak lagi mengadopsi frameless door window yang telah menjadi tradisi sejak lama. Hal ini dilakukan agar Forester menjadi lebih kokoh dan suara dari luar tidak masuk ke dalam kabin.

Untuk pasar Jepang, Forester menggunakan mesin EJ20 2000 cc. Sedangkan untuk Amerika dan pasar export lainnya bermesin EJ25 2500 cc. Kedua kapasitas mesin ada yang normally aspirated dan turbo. Forester dengan mesin diesel EE20 2000 cc hanya dijual di Eropa.

Trim level Forester di Amerika adalah 2.5 X, 2.5 X L.L.Bean Edition, 2.5 XT, dan 2.5 XT Limited. Namun sekarang L.L Bean Edition sudah tidak dipasarkan lagi, karena Subaru tidak lagi bekerja sama dengan L.L. Bean, perusahaan yang bergerak di bidang alat-alat dan pakaian aktivitas di alam terbuka.

Dengan body dan ground clearance yang lebih tinggi, Forester ini lebih mendefinisikan sebuah SUV yang tangguh untuk segala macam kondisi jalan.

Generasi keempat (2013-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Forester terbaru diluncurkan pada akhir tahun 2012 di Jepang, dan mulai dipasarkan pada tahun 2013 sebagai model tahun 2014.