Volvo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
AB Volvo
Jenis Publik
Industri/jasa Sarana angkutan
Didirikan 14 April 1927
Kantor pusat Göteborg, Swedia
Tokoh penting Leif Johansson, presiden dan CEO
Produk Truk
Bus
Peralatan konstruksi
Sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri
Suku cadang pesawat udara
Perusahaan keuangan.
Pendapatan 258 miliar SEK (2006)
Laba usaha 20.4 miliar SEK (2006)
Karyawan 83.187
Situs web Volvo Group Global

Volvo adalah perusahaan pembuat sarana angkutan dari Swedia. Perusahaan ini menghasilkan truk, bus, peralatan konstruksi, sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri, suku cadang pesawat udara, dan perusahaan keuangan. Perusahaan yang dahulunya adalah produsen mobil ini didirikan pada 14 April 1927 di Göteborg, Swedia sebagai anak perusahaan SKF, perusahaan yang memproduksi bearing (kolaher). Volvo sudah dihapus dari daftar NASDAQ pada Juni 2007, tetapi masih terdaftar di Bursa Efek Stockholm [1].

Sebuah Mobil Volvo

Volvo adalah kata dalam bahasa Latin yang berarti "saya berputar", yang merupakan bentuk lain dari kata "volvere". Nama Volvo sebenarnya didaftarkan untuk pertama kalinya pada Mei 1911 sebagai perusahaan yang bernaung di bawah SKF AB dan sebagai merk dagang yang direncanakan akan digunakan untuk bearing seri khusus, tetapi gagasan ini hanya dipakai sebentar. SKF memutuskan untuk menggunakan "SKF" sebagai merk untuk seluruh bearing yang diproduksinya.

Perusahaan AB Volvo tak punya kegiatan apa-apa hingga 10 Agustus 1926. Manajer penjualan, Assar Gabrielsson, and insinyur, Gustav Larson, membentuk AB Volvo sebagai perusahaan pembuat mobil yang bernaung di bawah SKF Grup hanya dengan persiapan selama setahun, termasuk memproduksi sepuluh purwarupa. AB Volvo didaftarkan di Bursa Saham Stockholm pada 1935 dan SKF memutuskan untuk menjual sahamnya pada perusahaan ini.

Seri mobil Volvo yang pertama kali diproduksi, Volvo ÖV 4, keluar dari pabrik pada 14 April 1927. Tanggal ini menjadi tanggal resmi berdirinya Volvo.

Pada 1998, Volvo menjual divisi mobilnya ke Ford. Menurut berita dari Ten Gears(Inggris) Ford mungkin akan menjual divisi Volvo ke BMW dalam waktu dekat.

Riwayat Volvo Group[sunting | sunting sumber]

Volvo ÖV 4, mobil seri pertama dari Volvo.

Volvo Group berawal pada 1927 ketika mobil pertama Volvo meluncur meninggalkan pabrik di Göteborg[2]. Tahun itu, yang dibuat hanya 297 mobil yang dibuat[3]. Truk pertama, seri 1, dimulai pada January 1928. Pada 1930, Volvo menjual 639 mobil and eksport truk ke Eropa dimulai segera sesudahnya[3]. Mobil-mobil Volvo tidak terkenal di luar Swedia sebelum Perang Dunia II berakhir[3].

Mesin-mesin kelautan telah menjadi bagian dari grup ini hampir selama truk. Pentaverken, yang didirikan pada 1907, dikuasai Volvo Group pada 1935. Tetapi, sejak 1929, mesin outboard U-21 sudah diperkenalkan, dan pembuatannya tetap dilanjutkan hingga 1962.

Bus pertama, yang diberi nama B1, diluncurkan pada 1934 dan mesin pesawat terbang pun ditambahkan ke dalam rangkaian produk Volvo yang semakin berkembang pada awal 1940-an.

Pada 28 Januari 1998, Volvo Group menjual Volvo Car Company kepada Ford Motor Company seharga 6,45 juta USD. Volvo Group sekarang hanya memusatkan perhatian pada kendaraan-kendaraan komersil. Posisi Volvo Group di bidang kendaraan komersil semakin diperkuat dengan menguasai Renault Trucks dan Mack Trucks pada 2001, dan dengan demikian grup ini mulai membuka cabang di Prancis dan Amerika Serikat.

Dalam sepuluh tahun terakhir, pertumbuhan Volvo Group ini di bidang jasa sangat cepat dengan, contohnya, menyediakan solusi keuangan untuk mendukung penjualan dari unit-unit manufakturnya.

Pada 2007, Volvo Group menguasai division truk Nissan Diesel milik Nissan Motors untuk mendukung perkembangan mereka di wilayah Asia.

Merek dagang Volvo[sunting | sunting sumber]

Perusahaan pengelola merk dagang, Volvo Trademark Holding AB, dimiliki bersama oleh AB Volvo dan Volvo Car Corporation.

Kegiatan utama perusahaan ini adalah sebagai pemilik, pengelola, pelindung, dan pemelihara merk-merk dagang VOLVO atas nama dan melisensikan hak pemakaian kepada para pemiliknya. Kegiatan sehari-harinya dipusatkan pada pengelolaan portfolio global dari registrasi-registrasi merk dagang dan memperluas cakupan perlindungan terhadap merk-merk dagang VOLVO yang terdaftar.

Yang juga termasuk kegiatan utama perusahaan ini adalah untuk menindak registrasi-registrasi yang tak resmi dan penggunaan dari (termasuk pemalsuan) merk-merk dagang yang serupa atau mirip dengan merk-merk dagang VOLVO di seluruh dunia.

Merk-merk dangang VOLVO termasuk i a VOLVO, VOLVO device marks (Grille Slash & Iron Mark) dan VOLVO PENTA

Sumber: AB Volvo

Kegiatan sponsor[sunting | sunting sumber]

Salah satu kegiatan promosi dari merk dagang VOLVO adalah lomba perahu layar Volvo Ocean Race, yang sebelumnya dikenal sebagai Whitbread Around the World Race. Ada juga Volvo Baltic Race dan Volvo Pacific Race. Volvo juga memperkuat citranya dengan menyeponsori turnamen golf di berbagai penjuru dunia termasuk termasuk turnamen-turnamen besar, yaitu Volvo Masters dan Volvo China Open.

Volvo menyeponsori Volvo Ocean Race, lomba yacht keliling dunia paling bergengsi untuk pertama kalinya pada 2001 - 2002. Lomba berikutnya akan dilaksanakan pada 2008. Volvo juga memiliki komitmen jangka panjang dengan ISAF dan terlibat dalam lomba Volvo/ISAF World Youth Sailing sejak 1997.

Volvo juga menyeponsori Kejuaraan Dunia Show Jumping sejak dimualai pada 1979 hingga 1999.

Perusahaan-perusahaan Volvo Group[sunting | sunting sumber]

Perusahaan-perusahan yang berada di bawah Volvo Group[sunting | sunting sumber]

Unit-unit bisnis Volvo Group[sunting | sunting sumber]

Merk-merk dagang milik Volvo[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)Forbes.com
  2. ^ (Inggris)Volvo 80 years
  3. ^ a b c Georgano, G. N. Cars: Early and Vintage, 1886-1930. (London: Grange-Universal, 1985)