Turnamen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Turnamen (dari bahasa Inggris: tournament) ialah sebuah kompetisi terorganisasi di mana sejumlah besar tim berpartisipasi dalam sebuah pertandingan atau olahraga. Turnamen dapat dilacak balik hingga Abad Pertengahan dengan pertandingan jousting.

Turnamen dapat berarti satu kompetisi atau lebih yang diselenggarakan di satu tempat dan terkonsentrasi dalam jarak waktu yang relatif pendek. Turnamen bisa pula berarti kompetisi yang melibatkan sejumlah pertandingan, masing-masing melibatkan subkumpulan pesaing, dengan keseluruhan pemenang turnamn yang berdasarkan pada hasil gabungan pertandingan individu tadi.

Kedua pandangan di atas amat berbeda. Semua turnamen golf bertemu dengan definisi pertama, namun sementara turnamen pertandingan adu bertemu dengan yang kedua, turnamen permainan pukul tidak, karena tidak ada pertandingan yang berbeda dalam turnamen itu. Sebaliknya, liga sepak bola seperti Premier League ialah turnamen dalam pandangan kedua, dan bukan yang pertama, karena pertandingan menyeruak ke luar stadion selama masa lebih dari setahun. Banyak turnamen yang bertemu dengan kedua definisi itu, misalnya kejuaraan tenis Wimbledon.

Sitem knock-out[sunting | sunting sumber]

Turnamen knockout terbagi atas 2 putaran yang bergantian; setiap pesaing bermain dalam hampir satu perlengkapan tetap tiap putaran. Pesaing urutan tinggi di setiap perlengkapan berlanjut ke putaran berikutnya. Sebagaimana putaran berlalu, jumlah pesaing dan perlengkapan berkurang, dan putaran terakhir hanya terdiri atas 1 perlengkapan, pemenangnya adalah juara keseluruhan.

Dalam turnamen eliminasi tunggal, hanya pesaing urutan atas yang ada di perlengkapan maju; dalam pertandingan 2 pesaing, hanya pemenang yang lanjut. Turnamen eliminasi ganda bisa digunakan dalam pertandingan 2 pesaing untuk memungkinkan kerugian tunggal bagi tiap pesaing tanpa tereliminasi dari turnamen.

Beberapa format memungkinkan orang yang kalah bermain dalam putaran ekstra sebelum memasuki kembali pertandingan utama dalam ronde terakhir. Mendayung perhu layar sering memiliki putaran repechage untuk "yang kalah tercepat" dari balapan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]