Australian Stock Car Auto Racing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

AUSCAR (Australian Stock Car Auto Racing) adalah badan sanksi balap mobil yang dimiliki oleh Bob Jane, yang menjalankan balap Superspeedway gaya Amerika di Australia. Tempat awal AUSCAR adalah 1.801 km (1.119 mi), high-banked (24°) Calder Park Thunderdome Superspeedway di Melbourne, tetapi seiring waktu seri diperluas untuk mencakup Jane yang dimiliki 1/2 mil (805 meter) Speedway Super Bowl di ujung timur Adelaide International Raceway yang pertama kali menyaksikan balapan AUSCAR pada tahun 1990 (Super Bowl adalah satu-satunya sirkuit oval beraspal lainnya di Australia dengan hanya kemiringan 7° di sudut-sudutnya, yang pada dasarnya merupakan sirkuit trek datar tradisional), Surfers Paradise Street Circuit, dan akhirnya beberapa sirkuit balap jalanan Australia termasuk jalur jalan Calder Park dan Oran Park Raceway di Sydney di mana balapan diadakan di bawah lampu di versi pendek dari sirkuit. Pada awal 1990-an, Jane dan stasiun televisi Channel 7 mengumumkan rencana untuk mengubah jalur lari Granville Showground lama yang mengitari Parramatta Speedway di Sydney menjadi jalan beraspal, membelok sejauh 1/2 mil trek, tapi ini tidak terjadi.

Tiga kategori mobil balap dikembangkan untuk dijalankan di sirkuit Australia:

  • NASCAR: versi impor dan pengembangan lokal dari mobil balap Amerika. Mesinnya 6,0L V8s
  • AUSCAR: mobil berspesifikasi rendah, mendekati spesifikasi produksi dengan ban jalan kontrol, Kategori tersebut terdiri dari Holden Commodore dan Ford Falcon. Setelah 1990/91, mesin dibatasi hingga 5.0L V8.
  • Sportsman: spesifikasi yang lebih rendah lagi, lebih murah untuk membeli atau membangun dan mobil yang lebih tua, dan beberapa mantan AUSCAR. Seperti AUSCAR, kategorinya terdiri dari Commodore dan Falcon. Pembatasan mesin melihat Holden menggunakan 4.2L 253 V8 dan Ford menggunakan V8 5.0L 302 yang tidak disetel.

Kategori lain, seperti markas besar, kategori yang relatif murah berdasarkan Holden HQ Kingswood yang ditenagai oleh 3.3L Holden red motor, juga populer di Calder Park Thunderdome (karena markas besarnya adalah mobil buatan Australia, seperti AUSCARs, mereka berpacu searah jarum jam di atas oval). Kategori lain didasarkan pada kategori trek tanah Amerika yang dikenal sebagai Legenda (mirip dalam penampilan, tetapi tidak terkait dengan Mobil Balap Australia), sejak menghilang dari balap sirkuit. Mobil roda terbuka seperti Formula Vee juga kadang-kadang balapan di Thunderdome sebagai dukungan untuk balapan NASCAR / AUSCAR, seperti halnya Balapan trek tanah Grand Nationals untuk beberapa pertemuan di tahun 1990.


Kategori AUSCAR[sunting | sunting sumber]

AUSCAR juga merupakan nama yang digunakan untuk kategori balap tingkat kedua yang dilombakan bersama seri NASCAR Australia balap mobil stok, dimulai pada 1986 dan berlanjut hingga 2001. Mobil-mobil itu tidak murni space frame sasis seperti NASCAR, tetapi dibangun di atas sasis mobil jalan raya Holden Commodore Australia dan Ford Falcon. Akibatnya, AUSCAR mengemudi dengan tangan kanan dan balapan searah jarum jam di trek oval, dibandingkan dengan kendaraan NASCAR dengan kemudi kiri, berlawanan arah jarum jam - teorinya adalah bahwa pengemudi berada di posisi terjauh titik mungkin dari dinding penahan luar. AUSCAR juga dibatasi untuk menjalankan 5.0 liter Holden dan Ford V8 engines, meskipun awalnya Ford XF Falcons menggunakan 5.8L 351 Cleveland Mesin V8 (meskipun XF di jalan raya tidak membawa V8 karena Ford Australia telah menghentikan produksi mesin di 1983), tetapi Falcons berikutnya (dari EB model yang pada tahun 1991 memperkenalkan kembali Ford V8 ke pasar Australia untuk pertama kalinya dalam 8 tahun) akan menjalankan V8 5.0L. Tim Komodor juga bebas menggunakan mesin Holden V8 ukuran Group A ukuran 4.9L, meskipun tidak seperti di Grup A, balap yang menggunakan mesin 4.9L tidak disertai pengurangan berat keseluruhan untuk mobil. Karena itu, sebagian besar pesaing Holden menggunakan mesin 5.0L.


Mesin AUSCAR 5.0L dikontrol dan dikembangkan secara ketat di sekitar 390 bhp (291 kW; 395 PS) dibandingkan dengan 700 bhp (522 kW; 710 PS) dari mesin 366 kubik inci (6,0L) yang lebih besar dan lebih maju yang digunakan di NASCAR, dan akibatnya AUSCAR lebih lambat daripada rekan-rekan Amerika mereka (di Thunderdome, mobil stok NASCAR mampu menempuh jarak sekitar 300 km /j[convert: unit tak dikenal] sementara AUSCARs memiliki kecepatan tertinggi sekitar 265 km/h (165 mph)). Seperti mesin NASCAR, mesin yang digunakan di AUSCAR adalah karburator daripada memiliki injeksi bahan bakar seperti V8 jalan raya yang digunakan oleh Holden dan Ford. AUSCARs juga menggunakan ban jalan kontrol Goodyear Eagle yang sempit tidak seperti slick racing tyres yang digunakan di NASCAR. Satu hal yang menguntungkan AUSCAR adalah mereka hanya menimbang 2.910 pon (1.320 kg) dibandingkan dengan 3.400 pon (1.500 kg) mobil stok NASCAR. Meskipun bobotnya lebih ringan, karena menggunakan mesin yang lebih kecil dan kurang bertenaga serta ban jalanan, AUSCAR umumnya sekitar 15 mph (24 km/h), atau sekitar empat detik per putaran , lebih lambat dari mobil stok NASCAR di sekitar Thunderdome.

Tony Kavich memenangkan kejuaraan AUSCAR pertama pada tahun 1988. Namun, yang mengejutkan dari pendirian balap motor yang didominasi laki-laki, balapan AUSCAR pertama di Thunderdome (yang juga merupakan balapan pertama yang secara eksklusif menggunakan trek), yang diberi nama ' AUSCAR 200', dimenangkan oleh pembalap wanita berusia 18 tahun yang berbasis di Melbourne, Terri Sawyer, yang mengendarai Holden VK Commodore. Sawyer telah memenuhi syarat Commodore-nya di barisan depan grid dan berlari di atau dekat garis depan sepanjang hari untuk menang dari Kim Jane (keponakan pemilik Calder Bob Jane), Max de Jersey, Phil Brock dan Graham Smith. Lima posisi teratas semuanya diberikan kepada mereka yang mengemudikan VK atau VL Commodore. Greg East, juga mengendarai VK Commodore, menduduki posisi terdepan untuk AUSCAR 200 dengan waktu 33,2 detik dengan kecepatan rata-rata 121,34 mp/jam.[1]

Sementara Sawyer akan tetap sangat kompetitif di tahun-tahun awal kategori, hari-hari awal didominasi oleh Jim Richards. Meskipun pemilik toko panel Albury dan Grup E / Grup A pengemudi Brad Jones yang akan datang ke mendominasi kategori, memenangkan lima gelar berturut-turut selama puncak popularitas seri, semua dalam berbagai model Komodor. Pembalap terkenal lainnya termasuk: Greg East, Steve Harrington, Mark Seaton, Marshall J. Brewer, Gregg Hansford, Terry Wyhoon, Garry Rogers, Russell Ingall, John Faulkner, Steven Richards (putra juara perdana Jim), Tony Kavich, Adam Pay, Nathan Pretty dan saudara perempuannya Nicole, Jason Whylie, Eddie Abelnecia dan Leigh Watkins yang merupakan satu-satunya pembalap yang memenangkan kejuaraan mengendarai Falcon. Bahkan legenda mobil touring Australia Peter Brock sempat mencoba AUSCAR pada tahun 1988 dengan mengendarai XF Falcon (setelah tahun 1987 berpisah dengan Holden). Brock memenuhi syarat ke-3 untuk balapan pertamanya, Goodyear AUSCAR 200 1988 dan benar-benar memimpin beberapa putaran sampai radiator split membuatnya berputar ke masa pensiun. Untuk pujiannya, Brock kemudian mengakui bahwa dia tidak nyaman balapan di oval kecepatan tinggi dan waktunya di kategori itu hanya berlangsung beberapa pertemuan.[2] Namun dia kembali untuk pertemuan balapan testimonialnya yang diadakan di sirkuit pendek (jalan raya) Calder Park pada tahun 1995 dengan mengendarai VR Commodore.[3][4]

Karena popularitas kembali Australian Touring Car Championship, diluncurkan kembali sebagai V8 Supercars pada tahun 1997, serta kesulitan keuangan dan masalah lain seperti "permusuhan" lama Bob Jane dengan Konfederasi of Australian Motor Sport (CAMS), yang membuat CAMS melarang anggotanya untuk berkompetisi dalam seri tersebut, merampok sejumlah pembalap terkemuka, AUSCAR diam-diam ditutup dan para pembalap menyebar ke seri balap nasional lainnya.[butuh rujukan]

Juara[sunting | sunting sumber]

Musim Pengemudi Mobil Tim
1988 Tony Kavich Holden VL Komodor Tony Kavich Balap
1989–90 Brad Jones Holden VL Komodor CooperTools Racing
1990–91 Brad Jones Holden VN Komodor CooperTools Balap
1991–92 Brad Jones Holden VP Komodor Balap Castrol
1992–93 Brad Jones Holden VP Komodor CooperTools Balap
1993–94 Brad Jones Holden VP Komodor Castrol Racing
1994–95 Marshall J Brewer Holden VR Komodor Balapan Fastrack
1995–96 Terry Wyhoon Holden VR Komodor Perawatan Mobil BP
1996–97 Matthew White Holden VR Komodor
1997–98 Darren McDonald Holden VS Komodor
1998–99 Leigh Watkins Ford EF Falcon Leigh Watkins Balap

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]