Holden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
GM Holden Ltd
Jenis Divisi dari General Motors
Industri/jasa Otomotif
Didirikan 1856
Kantor pusat Port Melbourne, Victoria, Australia
Tokoh penting Mike Devereux
Chairman and Managing Director
Produk Mobil
Mesin
Karyawan 6,336 (Maret 2009)
Induk General Motors
Situs web www.holden.com.au

Holden adalah perusahaan mobil didirikan di Australia pada tahun 1856 oleh James Alexander Holden. Holden sendiri masuk ke indonesia sekitar tahun 1965 dengan masuknya mobil Holden Premier dan Holden Kingswood. Holden menjadi divisi dari General Motors sejak tahun 1931 dan namanya sekarang adalah GM Holden, Ltd.

Saat ini Holden mengurusi wilayah operasi GM di kawasan Australasia. Mereka juga pernah memiliki kepemilikan sebagian dari GM Daewoo di Korea Selatan antara tahun 2002 dan 2009. Holden menawarkan produk-produk buatannya sendiri di pasar lokal, ditambah dengan produk-produk buatan GM lain yang diimpor dari luar.

Semua kendaraan Holden yang diproduksi di Australia diproduksi di Elizabeth di Australia Selatan, dan mesinnya diproduksi di pabrik Fishermans Bend di Port Melbourne, Victoria. Pada awalnya, semua produksi dan perakitan ada di seluruh negara bagian di Australia, bersamaan juga dengan cabang GM di Selandia Baru yaitu Holden New Zealand yang mengoperasikan pabrik sampai tahun 1990. Konsolidasi produksi mobil di Elizabeth selesai tahun 1988, tapi beberapa operasi perakitan berlanjut di Dandenong sampai tahun 1996.

Meskipun jumlah ekspor Holden selalu berfluktuatif sejak tahun 1950-an, tapi sejak penjualan mobil besar di Australia semakin menurun, maka menjadikan perusahaan ini juga berekspansi di luar negeri untuk meningkatkan keuntungannya.

Masuk ke Indonesia[sunting | sunting sumber]

Holden mulai dikenal di Indonesia semenjak masuknya Holden Gemini pada tahun 1981. Mobil jenis ini sempat dipakai oleh perusahaan taksi di hampir seluruh pelosok Pulau Jawa, termasuk Jakarta dan Bandung. Sampai sekarang, mobil jenis ini masih banyak ditemui di kota-kota besar. Selain Gemini, Holden juga memproduksi mobil jenis TORANA, COMMODORE, STATESMENT, KINGSWOOD dan ASKA yang juga pernah masuk ke Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1856 James Alexander Holden mendirikan kulit dan bisnis pelana di sudut King William dan Jalan Rundle di Adelaide, Australia Selatan. pada tahun 1885 itu dikombinasikan dengan kereta pembangun Henry Adolf Frost untuk menjadi terkenal "Holden dan Frost". Pada tahun 1910 Holden & Frost mulai pemangkasan kendaraan bermotor dan pada tahun 1914 mereka membangun pertama mereka dari bodi mobil untuk chassis Lancia impor. Kontrak besar diikuti tapi ironisnya kontrak besar pertama adalah untuk tubuh Dodge (pesaing kemudian).

Hilang dari Indonesia[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1983 Holden telah hilang Dari Indonesia.Itu disebabkan ATPM Holden yaitu PT.Indauda atau disapa Udatimex diambil oleh Keluarga Soeharto.

Galeri[sunting | sunting sumber]