The Times

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Times
Thetimes-oct17-2007.jpg
Halaman depannya dari edisi 17 Oktober 2007
Jenis Harian surat kabar
Format Compact
Pemilik Times Newspapers Ltd
Redaktur James Harding
Didirikan 1785
Haluan politik Centre-right
Kantor pusat Wapping, London
Sirkulasi 618,160 [1]
Situs web resmi www.timesonline.co.uk

The Times adalah surat kabar harian yang diterbitkan di Inggris Raya sejak tahun 1785, ketika itu masih dikenal dengan nama The Daily Universal Register.

Surat kabar ini dan saudaranya The Sunday Times diterbitkan oleh Times Newspapers Limited, yang merupakan bagian dari News International. News International dimiliki secara keseluruhan oleh kelompok News Corporation, yang dipimpin oleh Rupert Murdoch. Walaupun pada umumnya surat kabar ini cukup moderat centre-right dan pendukung dari golongan Conservatives, namun mereka pernah mendukung kelompok Labour party pada tahun 2001 dan 2005 pada ajang pemmilihan umum.[2] Pada tahun 2005, berdasarkan data dari MORI, mendapatkan data bahwa 40% dari para pembacanya adalah pendukung dari Partai Conservative, 29% pendukung Liberal Democrats, 26% pendukung Partai Buruh.[3]

The Times adadalah nam asli dari surat kabar ini, dan meminjamkan namanya pada berbagai surat kabar di beberapa penjuru dunai, seperti The New York Times, The Times of India, dan The Irish Times. Untuk lebih khusus, jika diterbitkan untuk daerah di luar UK sebagai London Times. Surat kabar ini aslinya mempergunakan jenis huruf Times New Roman, yang dikembangkan oleh Stanley Morison dari The Times bekerjasama dengan Monotype Corporation yang sudah terkenal akan pencetakannya.

Surat kabar ini diterbitkan dalam bentuk broadsheet untuk lebih dari 200 tahun, namun diubah menjadi bentuk compact pada tahun 2004 sebagai langkah untuk menggaet para pembaca muda. Mei 2006, diumumkan akan diterbitkannya edisi Amerika Serikat,[4] yang mulai diedarkan pada 6 Juni 2006.

Hari ini[sunting | sunting sumber]

Harga yang dicantumkan dari surat kabar ini di Inggris Raya adalah sebesar 70p (70 penny) selama hari kerja (naik sebesar 5p sejak 3 September 2007), 30p untuk para mahasiswa yang dijual secara khusus dai kios-kois mahasiswa dan £1.40 pada hari Sabtu (sejak 8 September 2007). Surat kabar saudaranya, The Sunday Times, masih memilik format broadsheet. Walaupun The Times dan The Sunday Times, keduanya dimiliki oleh News International, sebuah anak perusahaan dari Rupert Murdoch's Newscorp, mereka tidak saling berbagi pedawai di bidang editorial, dan didirikan terpisah dan hanya berbagi pemelik saja sejak 1967. Pada bulan November 2006 The Times mulai mencetak judulnya dalam bentuk huruf baru, Times Modern.

Sirkulasi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan data yang dapat dipertanggung jawabkan circulation figures untuk bulan November 2005 menunjukkan bahwa The Times terjual sebanyak 692,581 ekspemplat setiap harinya. Ini adalah pencapaiannya yang tertinggi sejak surat kabar ini dipimpin oleh editor, Robert Thomson, dan meyakinkan bahwa surat kabar ini tetap akan menjadi yang terdepan dari The Daily Telegraph dalam total penjualannya, walaupun The Daily Telegraph tetap menjadi yang terdepan di pasar, untuk broadsheets, dengan sirkulasi tidak kurang dari 905,955 Eksemplar. Surat kabar berbentuk tabloid, seperti The Sun dan Daily Mail, saat ini berhasil menjual dengan sirkulasi tidak kurang dari 3,274,855 dan 2,353,807.[5]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]