Times New Roman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Contoh huruf Times New Roman
Perbandingan ukuran dan jarak antara Georgia dan Times New Roman.

Times New Roman adalah jenis huruf yang dipesan oleh surat kabar Inggris The Times pada tahun 1931. Hal ini dilakukan setelah Stanley Morison, seorang konsultan Monotype menulis sebuah artikel yang mengkritik The Times karena hasil cetak yang buruk dan masih memakai huruf kuno.

Stanley Morison kemudian mengarahkan Victor Lardent, seorang seniman dari departemen periklanan dari The Times untuk membuat desain huruf yang baru dan lebih tajam berdasarkan sketsanya. Morison menggunakan jenis huruf yang lebih tua bernama Plantin sebagai dasar dengan revisi pada tinggi dan lebar huruf. Desain huruf baru tersebut lebih menguntungkan secara ekonomi, karena memerlukan ruang yang lebih sedikit dan tingkat keterbacaan yang tetap tinggi meskipun digunakan dalam ukuran kecil. Revisi Morison dikenal sebagai Times New Roman dan memulai debutnya dalam edisi 3 Oktober 1932 surat kabar The Times.

Satu tahun kemudian desain ini dirilis untuk penjualan komersial. The Times menggunakan Times New Roman selama 40 tahun, tetapi teknik produksi baru dan perubahan format dari broadsheet ke tabloid pada tahun 2004 menyebabkan surat kabar tersebut beralih font sebanyak lima kali sejak 1972. Namun semua jenis huruf baru merupakan varian dari New Roman yang asli. Meskipun tidak lagi digunakan oleh The Times, Times New Roman masih sering dipakai, khususnya untuk novel di Amerika Serikat. Adopsi dalam produk Microsoft juga menjadikan Times New Roman sebagai salah satu huruf yang paling banyak digunakan.

Karena popularitasnya, jenis huruf ini mempengaruhi perkembangan jenis huruf serif, sebelum dan setelah dimulainya era huruf digital. Salah satu contoh yang paling penting adalah Georgia, seperti ditunjukkan pada gambar di kanan bawah. Georgia memiliki goresan yang sangat mirip dengan Times New Roman tapi dengan serif yang lebih lebar.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

  • Microsoft telah mendistribusikan Times New Roman dalam setiap produk Microsoft Windows sejak versi 3.1.
  • Times Roman Linotype merupakan jenis huruf dalam Apple Mac OS X untuk keluarga font serif / roman dan terpasang secara default dalam Mac OS X.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]