Motor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sebuah motor adalah mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak.[1][2]

Alat yang dapat menguah panas menjadi gerak biasanya disebut sebagai mesin,[3] yang mempunyai banyak sekali tipe. Salah satu tipenya adalah mesin panas seperti mesin pembakaran dalam yang bekerja dengan membakar bahan bakar dan udara, dan menggunakan gas panas yang dihasilkan untuk menghasilkan tenaga. Mesin pembakaran luar, contohnya mesin uap menggunakan panas untuk menghasilkan tenaga melalui cairan terpisah.

Tipe umum dari sebuah motor adalah motor elektrik. Motor ini bekerja dengan adanya sumber dari listrik dan menghasilkan gerak melalui medan elektromagnetik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Motor". Dictionary.reference.com. Diakses 2011-05-09. "a person or thing that imparts motion, esp. a contrivance, as a steam engine, that receives and modifies energy from some natural source in order to utilize it in driving machinery." 
  2. ^ Dictionary.com: (World heritage) "3. any device that converts another form of energy into mechanical energy to produce motion"
  3. ^ motor. CollinsDictionary.com. Collins English Dictionary - Complete & Unabridged 11th Edition. Retrieved October 06, 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]