NASCAR on TNT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

NASCAR on TNT
GenreBalap mobil
PemeranAdam Alexander
Wally Dallenbach, Jr.
Kyle Petty
Lagu pembuka"T.N.T." oleh AC/DC (2010–2014)
"Highway Star"oleh Buckcherry (2009)
"Born to Be Wild" oleh Hinder (2007–2008)
"Fuel" oleh Metallica (2001–2003)
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliBahasa inggris
Produksi
Durasi240 menit
Rumah produksiTurner Sports Produksi
NBC Sports (2001–2006)
DistributorTurner Broadcasting System
Rilis asli
JaringanTNT
Rilis22 Juli 2001 (2001-07-22) –
13 Juli 2014 (2014-07-13)

NASCAR on TNT adalah presentasi dari seri NASCAR di TNT.

Balapan terakhir TNT adalah Camping World RV Sales 301 2014 pada 13 Juli 2014.

Riwayat liputan[sunting | sunting sumber]

2001–2006[sunting | sunting sumber]

TNT menayangkan balapan NASCAR Seri Piala Winston pertamanya di bawah kontrak baru di New Hampshire International Speedway pada Juli 2001. Kedua jaringan berbagi tim siaran Allen Bestwick, Benny Parsons, dan Wally Dallenbach, Jr. di stan dan Bill Weber, Marty Snider, Dave Burns, dan Matt Yocum di jalan pit, serta keduanya diproduksi dengan tampilan grafis Turner Sports. Satu-satunya perbedaan adalah penempatan logo jaringan pada paket grafis dan setelan api reporter pit berwarna yang berbeda. Juga, Liz Allison, janda mantan pengemudi Davey Allison, bekerja sebagai reporter khusus untuk TNT selama musim 2001.[1]

TNT diperlakukan sebagai penyiar sekunder, sejauh menyangkut hak siar, selama hubungannya dengan NBC karena merupakan jaringan kabel daripada jaringan siaran (Turner juga memproduksi semua siaran NBC). Porsi siaran NBC mencakup hampir semua balapan bergengsi selama paruh tahun mereka (dengan pengecualian Mountain Dew Southern 500 di Darlington, leg keempat Grand Slam, pada tahun 2001 dan 2002, dan Chevy Rock & Roll 400 di Richmond dari tahun 2004 hingga 2006, ketika balapan tersebut merupakan balapan terakhir musim reguler dengan format musim). Idenya adalah bahwa peringkat pasti akan lebih tinggi untuk liputan NBC tentang balapan tertentu di samping TNT karena penetrasi penyiar. TNT diberikan sebagian besar jadwal Seri Busch kecuali untuk balapan besar, yang kemudian dicakup oleh NBC. Balapan malam hampir selalu diliput oleh TNT kecuali untuk Pepsi 400 di Daytona, yang ditayangkan di NBC pada tahun-tahun mereka memiliki hak untuk itu, dan (kemudian) UAW-GM Quality 500 di Charlotte saat balapan itu dipindahkan dari Minggu siang ke Sabtu malam. Jika tidak, setelah balapan Richmond musim gugur, cakupan Seri Piala TNT terbatas pada satu, dua atau tiga balapan (termasuk Pop Secret Microwave Popcorn 400 di Rockingham, yang mereka liput dari 2001 hingga 2003).

Secara umum dipahami bahwa kapan pun berita utama perlu diliput oleh NBC, liputan NASCAR-nya akan dialihkan ke TNT. Ini hanya terjadi sekali: balapan 7 Oktober 2001 di Lowe's Motor Speedway terganggu selama pertunjukan pra-perlombaan ketika Presiden George W. Bush mengumumkan dimulainya Operation Enduring Freedom sebagai tanggapan atas serangan 11 September 2001. NBC meliput berita tersebut hingga 25 lap tersisa (simulcast dengan TNT), dan seluruh balapan ditayangkan di TNT.

TNT juga akan menyiarkan balapan terjadwal NBC yang ditunda karena hujan hingga hari berikutnya, seperti yang akan dilakukan FX untuk Fox selama kontrak ini (ini tidak lagi berlaku karena Fox menayangkan balapan tunda hujan pada hari berikutnya, karena Fox tidak memiliki pemrograman siang hari, tidak seperti ABC, CBS dan NBC).

Kemitraan TNT–NBC terputus ketika NBC memilih untuk tidak menawar kontrak NASCAR ketika kontrak tersebut berakhir pada tahun 2006.

2007–2014[sunting | sunting sumber]

Namun, TNT memilih untuk mengajukan penawaran hak dalam kontrak televisi baru dan berhasil mempertahankan liputannya, bergabung dengan Fox dan keluarga jaringan ESPN dalam sebuah kontrak yang berlangsung hingga 2014. Berdasarkan ketentuan kontrak tersebut, TNT memperoleh hak siar untuk enam balapan Juni dan Juli, yang disebut "NASCAR on TNT Summer Series". Enam balapan TNT di 2014 adalah Pocono 400 di Pocono Raceway, Quicken Loans 400 di Michigan International Speedway, Toyota/Save Mart 350 di Sonoma Raceway, Quaker State 400 di Kentucky Speedway, 4 Juli akhir pekan Coke Zero 400 di Daytona International Speedway, dan Camping World RV Sales 301 di New Hampshire Motor Speedway.

Tidak seperti dalam kontrak sebelumnya, TNT tidak dapat memperoleh hak untuk balapan Seri Nationwide, karena ESPN berhasil menawar untuk menjadi pembawa eksklusif seri tersebut. Namun, TNT menjadi rumah eksklusif untuk Coke Zero 400, sama seperti Fox telah menjadi rumah eksklusif untuk Daytona 500 — dalam kontrak sebelumnya, Fox dan NBC bergantian meliput dua balapan di Daytona, dengan Fox menayangkan Daytona 500 dan NBC Pepsi 400 di tahun ganjil, dan sebaliknya di tahun genap.

Bill Weber tetap menjadi pengisi suara NASCAR TNT dan Wally Dallenbach, Jr. tetap menjadi komentator berwarnanya. Awalnya, Benny Parsons akan bergabung dengan keduanya di stan, tetapi dia meninggal karena kanker paru-paru sebelum awal musim 2007. Kyle Petty memilih untuk mengambil cuti dari tugas mengemudinya untuk mengambil posisi di stan siaran. Marty Snider dan Matt Yocum kembali sebagai reporter pit. Untuk menggantikan Allen Bestwick dan Dave Burns, keduanya pergi ke ESPN setelah musim 2006, TNT mempromosikan Ralph Sheheen dan Lindsay Czarniak ke posisi reporter pit penuh waktu; sebelumnya keduanya berperan sebagai pengganti atau stand-alone balapan Busch Series yang bentrok dengan jadwal Cup Series. Untuk melengkapi liputan, Larry McReynolds dipinjamkan oleh Fox untuk memberikan analisis dan penjelasan.

2007–2009[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 2007 hingga 2009, liputan pra-balapan TNT dimulai dengan pertunjukan satu jam yang disebut "NASCAR on TNT Live!" Ini diikuti oleh "Countdown to Green" versi 30 menit, diikuti oleh balapan itu sendiri . Cakupan pra-balapan diubah pada tahun 2010 menjadi versi sederhana "Countdown to Green" selama satu jam karena kebijakan baru NASCAR tentang waktu mulai yang lebih awal. Sejak 2007, setiap siaran pra-balapan (apakah itu di NASCAR di TNT Live atau Countdown to Green) menampilkan segmen "The Pride of NASCAR" yang menampilkan wawancara dengan tokoh NASCAR bersejarah. Beberapa contoh termasuk Richard Petty (diwawancarai oleh putranya Kyle), A. J. Foyt, dan Mario Andretti.

Salah satu fitur paling populer dari liputan TNT adalah RaceBuddy, aplikasi online gratis di NASCAR.com yang memungkinkan para penggemar untuk menonton balapan melalui beberapa pilihan sudut kamera.

Pada tahun 2009, Jim Noble ditambahkan sebagai reporter pit RaceBuddy-only.[butuh rujukan]

Pada tanggal 7 Juli 2007, selama Pepsi 400, TNT untuk pertama kalinya menggunakan format siaran baru yang disebut "Wide-Open Coverage". Siaran balapan dipindahkan ke bagian atas layar, dengan semua grafik penilaian ditempatkan di bagian bawah layar. Perlombaan juga disiarkan dengan gangguan komersial terbatas; hanya tiga putaran bendera hijau terjadi selama iklan selama seluruh siaran, karena penyedia televisi kabel dan satelit memiliki beberapa menit setiap jam untuk menayangkan iklan lokal, melewati TNT sepenuhnya. Semua iklan lainnya ditayangkan di sepertiga bagian bawah layar, mirip dengan yang digunakan oleh Seri IndyCar tetapi dengan jendela yang jauh lebih besar untuk liputan balapan. Sebagian besar iklan ini menampilkan iklan khusus untuk perlombaan itu, diikuti oleh iklan tradisional mereka. Untuk setiap balapan Daytona hingga 2012, TNT menampilkan format Cakupan Terbuka Lebar. Di 2009 dan 2010, tidak ada putaran bendera hijau yang terlewatkan. Di 2013, format ini hanya digunakan selama 30 lap terakhir, karena mereka hanya bisa mendapatkan dua sponsor untuk format tersebut, dan di 2014, adalah turun seluruhnya karena balapan ditunda hingga Minggu karena hujan.[2]

Selama siaran LifeLock.com 400 2008, Larry McReynolds melakukan trik sulap, "memotong" Marc Fein menjadi dua saat balapan bendera hijau berlangsung di arena pacuan kuda. Ini datang dengan cemas dan kemarahan banyak penggemar dan pemirsa.

TNT juga melewatkan lintasan kemenangan Coke Zero 400 2008 ketika kecelakaan putaran terakhir yang melibatkan Michael Waltrip menghancurkan beberapa mobil. Ketika semuanya dikatakan dan dilakukan, TNT menyorot ke Carl Edwards, yang secara prematur merayakan kemenangannya, mengira dia memimpin ketika peringatan keluar. Karena crash terjadi pada lap terakhir, lapangan dibekukan pada saat peringatan keluar dan NASCAR meninjau urutan penyelesaian dengan menggunakan video replay dan data scoring loop. Semua tayangan ulang itu menunjukkan Kyle Busch sebagai pemimpin saat peringatan keluar; Busch dinyatakan sebagai pemenang Coke Zero 400.

2010–2014[sunting | sunting sumber]

Perlombaan 2010 juga menampilkan siaran 3-D di beberapa penyedia kabel/satelit dan di NASCAR.com.

Ada beberapa masalah teknis dengan balapan terakhir Seri Piala Sprint TNT musim ini di Chicagoland ketika gambar dan suara padam selama pertunjukan pra-perlombaan, menyebabkan doa dan lagu kebangsaan tidak disiarkan di televisi.

Dimulai dengan Party at the Poconos 400 race pada 9 Juni 2013, cakupan NASCAR TNT beralih ke format letterbox Aspek rasio 16:9, meskipun tetap mempertahankan paket grafis on-air yang telah digunakan sejak 2007 Ticker di bagian atas layar juga berubah, dengan penghitung putaran dan logo jaringan TNT dipindahkan ke sudut kanan atas layar. Layar pada definisi standar 4:3 feed TNT sekarang menayangkan versi kotak surat dari feed HD asli untuk mencocokkan Fox dan ESPN masing-masing bawaan layar lebar presentasi SD. NASCAR on TNT adalah yang terakhir dari 3 mitra siaran yang beralih ke presentasi layar lebar. NBC menjadi yang ke-4 yang beralih ke format kotak surat pada umpan SD pada tahun 2015.

Akhir dari NASCAR on TNT dan Turner Sports[sunting | sunting sumber]

Camping World RV Sales 301, pada 13 Juli 2014, di New Hampshire Motor Speedway, menandai akhir dari 32 tahun NASCAR menjalankan Turner Sports, sejak tahun 1983. Jaringan mengabdikan sebagian besar acara pra-balapannya untuk menunjukkan klip momen khas NASCAR untuk ditayangkan di Turner Sports, dan menyambut presiden NASCAR Mike Helton ke stan siaran untuk membicarakan hubungan tersebut, karena Helton pernah menjadi presiden Atlanta Motor Speedway ketika Turner Sports menunjukkan balapan pertamanya di AMS, yang ditayangkan di TBS pada tahun 1983. Pra-balapan ditutup oleh Ken Squier,

[3] seorang asli New England, penyiar putaran demi putaran untuk Turner Sports dari awal tahun 1983 hingga 1998.

Halo semuanya. Saya Ken Squier. Dan saat mesin dinyalakan di New Hampshire, saya mengingatkan Anda bahwa ini adalah siaran NASCAR terakhir untuk Turner Sports. Saya adalah penyiar play-by-play untuk TBS selama 18 tahun dimulai pada tahun pertama liputan NASCAR, 1983. Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari siaran hari ini dan saya berharap yang terbaik untuk rekan-rekan saya hari ini di TNT, karena perjalanan 32 tahun yang menakjubkan ini akan segera berakhir. Saya harap Anda menikmati balapan hari ini.

Selama 32 tahun NASCAR menjalankan Turner Sports, balapan ditayangkan di TBS (1983–2000) dan TNT (2001–2014).

Kontrak TV dengan NASCAR[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Desember 2007, NASCAR menandatangani kontrak $4,48 miliar dengan FOX dan SPEED. Kontrak ini juga mencakup ESPN dan TNT. Kontrak telah berlaku sejak musim 2007 dan disusun sebagai berikut:

  • Fox adalah penyiar eksklusif Daytona 500 dan 13 balapan pertama musim ini. Selain itu, ini akan menyiarkan Sprint Unlimited dan kualifikasi untuk Daytona 500.
  • Selanjutnya TNT mencakup 6 balapan berikutnya termasuk Coke Zero 400 di Daytona International Speedway.
  • ESPN dan ABC menyiarkan balapan yang tersisa termasuk Mengejar Piala Sprint. Secara khusus, di 2010, ABC menayangkan balapan malam sementara ESPN menayangkan balapan siang hari. Cakupan biasanya dimulai dengan "Brickyard 400" di Indianapolis Motor Speedway.
  • Speed, saudara perempuan Fox, mencakup seluruh musim Truck, ditambah Gatorade Duel di Daytona dan Sprint All-Star Challenge.

Wide-Open Coverage[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Juli 2007, TNT digunakan untuk pertama kalinya, selama Coke Zero 400, yang disebut "Wide Open Coverage" yang terdiri dari sejumlah jeda iklan dan bahkan memungkinkan penyiar lokal untuk mengirim jeda Anda sendiri dengan melewati TNT sepenuhnya. Tetapi hal yang paling diperhatikan adalah, saat jeda iklan mengalir, balapan ditampilkan hampir dalam layar penuh (tidak termasuk bagian yang didedikasikan untuk iklan). Format ini juga dipertahankan untuk Coke Zero 400 edisi 2008 dan 2009.[4][5]

Komentator[sunting | sunting sumber]

Di luar studio[sunting | sunting sumber]

Komentator lomba (periode 2001-2014)[sunting | sunting sumber]

Wartawan lubang[sunting | sunting sumber]

Riwayat tim siaran[sunting | sunting sumber]

TNT dan NBC berbagi tim siaran Allen Bestwick pada putaran demi putaran dan Benny Parsons dan Wally Dallenbach, Jr. pada komentar warna. Dave Burns, Matt Yocum, Marty Snider, dan Bill Weber adalah reporter pit, dengan Weber menjadi pembawa acara pra-balapan Countdown to Green.

Ketika TNT akan menyiarkan balapan Seri Busch yang bertentangan dengan balapan Piala, reporter pit lainnya, seperti Glenn Jarrett, Mark Garrow, Ralph Sheheen, dan Lindsay Czarniak akan bergabung dalam liputan.

Pada tahun 2004, Weber menjadi penyiar putaran demi putaran untuk dua balapan saat Bestwick pulih dari cedera kaki yang dideritanya saat bermain hoki.

2005–2006[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Bestwick dan Weber bertukar posisi. Namun, Bestwick terkadang melakukan putaran demi putaran untuk balapan Busch yang bertentangan dengan jadwal untuk seri utama. Bestwick juga mengisi komentar putaran demi putaran di balapan Fall Phoenix Busch ketika Weber sakit laringitis.

2007–2009[sunting | sunting sumber]

Untuk tahun 2007, TNT melakukan solo, meliputi enam balapan yang dimulai dengan Pocono 500 pada 10 Juni. Weber dan Dallenbach kembali ke stan siaran. Setelah kematian Parsons karena kanker, ia digantikan oleh Kyle Petty, yang mengambil cuti dari tugas mengemudinya di Petty Enterprises untuk melakukannya. Weber juga terus menjadi pembawa acara pra-balapan, NASCAR on TNT Live dan Allstate Countdown to Green, bergabung dengan Marc Fein dan Fox Sports' Larry McReynolds (produser Barry Landis juga datang dari Fox untuk enam balapan ini). Seperti jaringan lainnya, TNT telah mengadopsi mobil "cut-away" (disediakan oleh Ford) yang kadang-kadang digunakan McReynolds di siaran televisi. Juga selama balapan, Fein dan McReynolds berkontribusi pada liputan dari studio lapangan besar yang berputar dari titik beberapa kaki di atas permukaan tanah.

Marty Snider dan Matt Yocum kembali sebagai reporter pit. Ralph Sheheen dan Lindsay Czarniak bergabung dengan tim secara penuh untuk tahun 2007, menggantikan Dave Burns dan Allen Bestwick yang melompat ke ESPN.

Pada tanggal 24 Juni, Petty berkontribusi pada siaran dari dalam mobil balap di Infineon Raceway selama Toyota/Save Mart 350. Selama balapan, dia mengucapkan kata-kata kotor yang ditangkap oleh mikrofon jaringan setelah dia terlibat dalam kecelakaan di lap 1 dengan Matt Kenseth dan Marc Goossens. Weber meminta maaf kepada pemirsa, dan status Petty di TNT tampaknya aman terlepas dari insiden itu. Tidak ada denda yang dikeluarkan oleh Komisi Komunikasi Federal (FCC) untuk insiden tersebut karena televisi kabel tidak tunduk pada kebijakan ketidaksenonohan FCC.

Siaran tetap sama di musim 2008 dan 2009. Namun, di tengah liputan balapan TNT 2009, Weber diskors oleh TNT karena insiden di sebuah hotel dan digantikan di stan siaran oleh Sheheen. TNT kemudian mengumumkan bahwa Weber tidak akan kembali untuk balapan Daytona atau Chicagoland, membuat banyak orang percaya bahwa dia dipecat oleh jaringan tersebut, dan menunjuk Sheheen sebagai penggantinya. Untuk mengambil tempat Sheheen di pit road, TNT beralih ke SPEED NASCAR Seri Truk Gander RV & Outdoors reporter pit Adam Alexander.

2010–2014[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 Februari 2010, USA Today dan Jayski's Silly Season Site menegaskan bahwa kontrak Weber TNT tidak diperpanjang, tetapi dia masih di bawah kontrak umum motorsports kontrak dengan NBC (yang dilaporkan mungkin juga mencakup liputan NASCAR Whelen Modified Tour di Versus, yang induknya Comcast membeli NBC Universal). NASCAR.com melaporkan pada 3 Maret 2010, bahwa Weber akan digantikan oleh Adam Alexander dan Sheheen akan kembali ke pelaporan pit. Untuk menggantikan Weber sebagai pembawa acara pra-balapan Lindsay Czarniak dipindahkan dari pit untuk menggantikannya. TNT menyewa Phil Parsons SPEED untuk menggantikan posisi Lindsay. Parsons tidak kembali untuk tahun 2011. Kyle Petty bergabung dengan Czarniak dan Larry McReynolds untuk program pra-balapan untuk musim 2010, karena Marc Fein dipindahkan ke Siaran bisbol liga utama Minggu TBS. Fein meninggalkan Turner Sports sama sekali pada tahun 2012 (ia bergabung dengan Dallas afiliasi NBC KXAS sebagai jangkar pada tahun itu). Czarniak tidak kembali untuk musim 2012 (dia bergabung dengan ESPN sebagai jangkar untuk SportsCenter pada 2011). Pada 2012, penyiar balapan putaran demi putaran Adam Alexander menambahkan pembawa acara pra-balapan ke dalam tanggung jawabnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Widow of Davey Allison to be racing reporter for TNT". Napa Valley Register (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-23. 
  2. ^ Jim Utter. "Jim Utter's post on NASCAR | Latest updates on Sulia". Sulia.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-02. Diakses tanggal July 7, 2013. 
  3. ^ 2014 Camping World RV Sales 301 - Turner Sports Says Goodbye To NASCAR di YouTube
  4. ^ NASCAR to Go to 3-D With Coke Zero 400, Maury Brown, forbes.com, 21 June 2010
  5. ^ Comcast, Time Warner, Bright House Pick Up Coke Zero 400 3-D Broadcast Diarsipkan 2012-02-28 di Wayback Machine., Richard Lawler, endgadget.com, 24 June 2010

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]