Paul Simon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Paul Simon
Paul Simon 2007.jpg
Paul Simon, 8 Maret 2007
Latar belakang
Lahir 13 Oktober 1941 (umur 72)
Asal Newark Heights, New Jersey
Genre rock, folk, musik dunia
Pekerjaan penyanyi, pencipta lagu, gitaris,
produser rekaman
Instrumen vokal, gitar, gitar bass
Tahun aktif 1957-sekarang
Label M·G·M Records, RCA
Artis terkait Simon and Garfunkel

Paul Frederic Simon (lahir 13 Oktober 1941) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu dari Amerika Serikat yang pernah memenangi Penghargaan Grammy. Nama Simon diabadikan dalam museum Rock and Roll Hall of Fame berkat ketenarannya sebagai anggota duo Simon and Garfunkel dan artis solo. Pada tahun 2006, majalah Time menyebutnya sebagai salah satu dari "100 tokoh yang berpengaruh di dunia".[1] Hingga akhir tahun 2007, ia tinggal di New Canaan, Connecticut.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Paul Simon dilahirkan di Newark, New Jersey. Kedua orang tuanya adalah keturunan Yahudi-Rumania. Ibunya, Belle adalah seorang guru bahasa Inggris, sedangkan ayahnya, Louis Simon seorang guru sekaligus pemimpin band. Paul ikut dibawa keluarganya pindah ke Kew Gardens Hills, di distrik Queens, New York City. Karier bermusik Paul Simon dimulai dengan bernyanyi duet bersama Art Garfunkel sewaktu mereka sama-sama bersekolah di Sekolah Menengah Atas Forest Hills. Mereka juga sekali-kali tampil bernyanyi dalam pesta dansa di sekolah. Paul dan Art sama-sama mengagumi Everly Brothers yang banyak memengaruhi album-album awal mereka. Perusahaan rekaman menyebut duo Paul Simon dan Art Garfunkel sebagai "Tom & Jerry". Pada tahun 1957, singel mereka, "Hey, Schoolgirl" yang dirilis dengan label Big Records sukses masuk tangga lagu pop di urutan ke-49.

Setelah lulus SMA, Simon berkuliah di Queens College, sedangkan Garfunkel melanjutkan ke Universitas Columbia di Manhattan. Di kampus, Simon menjadi anggota fraternitas Alpha Epsilon Pi. Walaupun sudah meraih gelar Bachelor di bidang Sastra Inggris, Paul Simon masih berhasrat menjadi bintang rock and roll. Dari tahun 1957 hingga 1964, Simon menciptakan lebih dari 30 judul lagu yang direkamnya sendiri. Dalam sejumlah sesi, Art Garfunkel diajaknya rekaman sebagai duo Tom & Jerry, dan di antaranya menghasilkan singel seperti "Our Song", "That's My Story", dan "Surrender, Please Surrender". Setelah itu, Simon juga sempat kuliah di Sekolah Hukum Brooklyn.

Sebagian besar album yang direkamnya selama 6 tahun sejak tahun 1957 berupa album solo atau rekaman bersama musisi lain, dan bukan bersama Art Garfunkel. Album-album dari periode tersebut dirilis perusahaan rekaman kecil seperti Amy, ABC-Paramount, Big, Hunt, Ember, King, Tribute, dan Madison. Paul Simon juga tidak memakai nama aslinya, melainkan nama samaran seperti Jerry Landis, Paul Kane (nama tokoh dalam film Citizen Kane karya Orson Welles), dan True Taylor. Simon cukup sukses dalam sejumlah singel bersama grup bernama Tico and the Triumphs. Lagunya yang berjudul "Motorcycle" sampai di urutan ke 99 tangga lagu Billboard tahun 1962. Tico and the Triumphs juga sempat merilis 4 buah piringan hitam 45 rpm. Tico and the Triumphs dipimpin Marty Cooper yang bertindak sebagai vokal utama, dan lebih dikenal sebagai Tico. Selain itu, Simon dan Tico juga merekam album piringan hitam dengan produser rekaman Bobby Susser yang merupakan teman masa kecil Paul Simon. Dengan nama samaran Jerry Landis, Paul Simon mencetak lagu hit "The Lone Teen Ranger" yang sampai di peringkat ke-97 tangga lagu pop.

Pertemuan Paul Simon dengan Carole King menghasilkan duo bernama The Cosine yang merekam beberapa pita demo yang tidak dirilis, namun kemudian direkam ulang dan dirilis oleh grup musik lain. Pengalaman Simon di studio rekaman membuat dirinya bisa menjadi produser rekaman bagi The Vels, Ritchie Cordell, The Fashions, Jay Walker and the Pedestrians, dan Dougie and the Dubs. Pada periode ini pula, Paul Simon mulai tertarik dengan musik genre folk-rock yang terlihat dalam lagu ciptaannya seperti "Carlos Dominguez" dan "He Was My Brother" (1963). Lagu "He Was My Brother" dipersembahkannya untuk seorang teman dan mantan teman sekelas bernama Andrew Goodman yang terbunuh semasa bekerja untuk proyek Freedom Summer di Mississippi tahun 1964. Pada pertengahan tahun 1960-an, Paul Simon tinggal di Inggris, dan menulis sejumlah lagu bersama Bruce Woodley untuk grup pop Australia bernama The Seekers. Di antara lagu-lagu yang diciptakannya bersama Bruce Woodley adalah "I Wish You Could Be Here," "Cloudy," and "Red Rubber Ball". Walaupun demikian, nama Woodley tidak dicantumkan sebagai pencipta lagu "Cloudy" dalam album Parsley, Sage, Rosemary & Thyme. Lagu "Red Rubber Ball" sampai di urutan kedua tangga lagu AS sebagai lagu yang dibawakan grup The Cyrkle dari Amerika Serikat. Simon juga menyumbangkan sebuah lagu, "Someday One Day" untuk album The Seekers yang dirilis bulan Maret 1966.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peringkat
1965 The Paul Simon Song Book not released in the US until 2004
1972 Paul Simon 4
1973 There Goes Rhymin' Simon 2
1974 Paul Simon in Concert: Live Rhymin' 33
1975 Still Crazy After All These Years 1
1977 Greatest Hits, Etc. 18
1980 One-Trick Pony 12
1983 Hearts and Bones 35
1986 Graceland 3
1988 Negotiations and Love Songs 110
1990 The Rhythm of the Saints 4
1991 Paul Simon's Concert in the Park 74
1993 The Paul Simon Anthology
1993 Paul Simon 1964/1993 173
1997 Songs from The Capeman 42
2000 You're the One 19
2006 Surprise 14

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.time.com/time/magazine/article/0,9171,1187393,00.html
  2. ^ Lorentzen, Amy, "Simon campaigns in Iowa for Dodd," artikel berita Associated Press yang diangkat harian The Advocate dari Stamford, Connecticut. Kalimat "Simon, who lives in New Canaan" ditambahkan oleh editor The Advocate, 7 Juli 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]