Steve Martin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Steve Martin
Steve Martin
Lahir Stephen Glenn Martin
14 Agustus 1945 (umur 69)
Bendera Amerika Serikat Waco, Texas, Amerika Serikat
Dipengaruhi oleh televisi Inggris, Red Skelton, Jerry Lewis, Jack Benny, Laurel and Hardy
Mempengaruhi Eddie Izzard, Chris Rock, Patton Oswalt, Brian Posehn, Will Forte, David Walliams, Bowling for Soup
Tinggi 183 cm
Pasangan Victoria Tennant (1986-1994)
Anne Stringfield (2007 - sekarang )
Penghargaan Penghargaan Aktor Terbaik NYFCC
1984 All of Me
Situs web
www.stevemartin.com/

Stephen Glenn "Steve" Martin (lahir di Waco, Texas, Amerika Serikat, 14 Agustus 1945; umur 69 tahun) adalah komedian, penulis, produser, aktor, musikus, dan komponis asal Amerika Serikat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Martin dilahirkan di Waco, Texas dari ayah bernama Glenn Vernon Martin dan ibu bernama Mary Lee Stewart. Ibunya seorang ibu rumah tangga, sedangkan ayahnya yang bekerja sebagai wiraniaga, sewaktu muda bercita-cita menjadi aktor. Kota tempatnya dibesarkan di Garden Grove, California banyak ditinggali orang keturunan Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.[1] Sewaktu masih remaja, Martin bekerja sebagai penjaga toko sulap di Disneyland. Sambil bekerja, Martin belajar teknik-teknik sulap, juggling, bermain banjo, dan keterampilan mengubah balon menjadi berbagai bentuk binatang. Kathy Westmoreland, teman sekelasnya dari Sekolah Menengah Atas Garden Grove diajaknya tampil dalam pertunjukan komedi musikal. Mereka berdua tampil di kafe-kafe dan Bird Cage Theater di taman hiburan Knott's Berry Farm.

Sewaktu kuliah di California State University, Long Beach, Martin mengambil jurusan filsafat, dan sempat bercita-cita menjadi dosen filsafat dan bukan sebagai komedian. Pada tahun 1967, ia pindah ke UCLA untuk mengambil jurusan teater. Di malam hari, Martin mulai tampil di klab-klab, dan kuliahnya putus di tengah jalan ketika berusia 21 tahun.[2] Sewaktu tampil sebagai pelawak stand-up comedian pada tahun 1970-an, Martin sering membuat lawakan dari pelajaran filsafat yang didapatnya di bangku kuliah. Filsafat "dibandingkannya" dengan geologi, "Kalau anda belajar geologi, [geologi] adalah fakta ilmiah, anda bakal lupa semuanya tidak lama sesudah lulus kuliah, tapi kalau belajar filsafat, sebagian anda akan ingat terus, cukup untuk mengacaukan pikiran anda seumur hidup."[3]

Pada tahun 1967, Martin berpacaran dengan seorang penari yang tampil dalam acara komedi The Smothers Brothers Comedy Hour. Pekerjaan sebagai penulis humor untuk acara tersebut didapatnya berkat bantuan sang pacar yang menyampaikan karyanya kepada kepala tim penulis Mason Williams. Uang yang dibayarkan Williams kepada Martin awalnya berasal dari kantongnya sendiri. Bersama-sama tim penulis acara tersebut, Martin memenangi Penghargaan Emmy pada tahun 1969. Ia juga pernah bekerja sebagai penulis bagi John Denver (pemusik yang pernah menjadi tetangganya di Aspen, Colorado). Selain itu, ia juga menulis untuk acara The Glen Campbell Goodtime Hour dan The Sonny and Cher Comedy Hour, sambil kadang-kadang tampil dalam berbagai adegan komedi.

Lawakan yang ditulisnya juga sering dibawakannya sendiri, misalnya sebagai pertunjukan pembuka grup musik The Nitty Gritty Dirt Band dan The Carpenters. Selain itu, Martin juga tampil di sejumlah gedung pertunjukan, termasuk The Boarding House di San Francisco. Profesi sebagai penulis humor terus dijalaninya hingga mendapat nominasi Penghargaan Emmy untuk acara komedi Van Dyke and Company.

Puncak kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Pertengahan dekade 1970-an, Martin sering tampil sebagai pelawak tunggal (stand-up comedian) dalam acara televisi The Tonight Show Starring Johnny Carson. Rekaman audio dari penampilannya tersebut dikemas menjadi album lawak berjudul Let's Get Small. Album Let's Get Small sukses besar, dan merupakan seri pertama dari tiga buah album komedi yang dirilisnya. Album tersebut juga berisi lawakan yang dibawakannya dalam acara lawak On Location di HBO, dan acara variety Saturday Night Live (SNL) di NBC. Album lawak berikutnya A Wild and Crazy Guy bahkan jauh lebih sukses lagi, dan sampai di posisi ke-2 dalam angka penjualan album di Amerika Serikat. Album tersebut berisi sebuah lagu, "King Tut" yang diciptakan dan dinyanyikan sendiri oleh Steve Martin. Lagu tersebut kemudian dirilis sebagai singel piringan hitam 45 RPM sewaktu diadakan pameran keliling artifak makam raja-raja Mesir di Amerika Serikat. Singel "King Tut" masuk ke dalam tangga lagu Top 20 (di posisi ke 17) pada tahun 1978, dan laku di atas satu juta keping. Vokal latar lagu tersebut diisi oleh grup bernama "Toot Uncommons" yang sebenarnya adalah anggota grup musik Nitty Gritty Dirt Band. Album lawak A Wild and Crazy Guy dan singel "King Tut" secara berturut-turut menghasilkan penghargaan Grammy untuk "Rekaman Komedi Terbaik" tahun 1977 dan 1978.

Karier film[sunting | sunting sumber]

Pada akhir dekade 1970-an, Martin meraih status bagaikan seorang bintang rock. Pertunjukan kelilingnya dilangsungkan di arena yang dipenuhi puluhan ribu penggemar yang menjerit-jerit ketika melihat dirinya. Penggemarnya tidak tahu bahwa Steve Martin cuma kebetulan saja menjadi pelawak stand-up comedy. Cita-citanya adalah sebagai bintang film.[4] Film pertama yang dibintanginya adalah film pendek bermasa putar 7 menit, The Absent-Minded Waiter (1977). Aktor Buck Henry and aktris Teri Garr ikut membintangi film yang cerita dan skenarionya ditulis sendiri oleh Steve Martin. Film tersebut mendapat nominasi Academy Award sebagai Film Pendek Terbaik.

Penampilan pertamanya film layar lebar adalah bersama The Bee Gees dalam film Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band. Dalam film tersebut, Steve Martin berperan sebagai Dr. Maxwell Edison yang menyanyikan lagu The Beatles berjudul "Maxwell's Silver Hammer". Sementara itu, film cerita yang pertama kali dibintanginya sebagai peran utama adalah film The Jerk (1979) karya sutradara Carl Reiner. Cerita dan skenario film tersebut ditulis sendiri oleh Steve Martin. Film The Jerk sukses besar, dengan pendapatan di atas 73 juta dolar AS padahal biaya pembuatan film tersebut berada jauh di bawahnya.[5]

Kesempatan terbuka lebar bagi Steve Martin setelah kesuksesan The Jerk. Stanley Kubrick menemuinya untuk membicarakan kemungkinan Martin membintangi parodi dari film Traumnovelle (Kubrik nantinya berubah pikiran, dan hasilnya adalah film Eyes Wide Shut, 1999). Martin bertindak sebagai produser eksekutif untuk film seri televisi Domestic Life yang menempati jam tayang emas dan dibintangi Martin Mull. Selain itu, Martin juga menjadi produser untuk film seri Twilight Theater yang diputar setelah tengah malam. Film bertema serius yang pertama kali dibintanginya adalah Pennies from Heaven. Dalam rangka persiapan film Pennies from Heaven, Martin belajar akting dari sutradara Herbert Ross dan belajar tap dance selama berbulan-bulan, namun tidak berhasil menjadi film laris.

Setelah The Jerk, Martin membintangi tiga film komedi, Dead Men Don't Wear Plaid (1982), The Man with Two Brains (1983), dan All of Me (1984). Pada tahun 1986, film ¡Three Amigos! dibintanginya bersama dua orang rekannya yang merupakan bintang kawakan Saturday Night Live, Martin Short dan Chevy Chase. John Landis bertindak sebagai sutradara, sedangkan skenario ditulis Steve Martin, Lorne Michaels, dan Randy Newman. Film ¡Three Amigos! mulanya diberi judul sementara The Three Caballeros, dan Steve Martin ingin dipasangkan dengan Dan Aykroyd dan John Belushi. Masih pada tahun yang sama, Martin membintangi versi layar lebar sandiwara musikal off-Broadway, Little Shop of Horrors. Perannya sebagai dokter gigi sadis bernama Orin Scrivello. Film tersebut merupakan film pertama Martin dari tiga buah film yang dibintanginya bersama aktor Rick Moranis.

Pada tahun 1987, Martin dipasangkan dengan komedian John Candy dalam film komedi Planes, Trains & Automobiles karya sutradara John Hughes. Pada tahun yang sama, film Roxanne (adaptasi dari drama Cyrano de Bergerac) yang antara lain ditulis oleh Steve Martin, memenangi penghargaan dari Writers Guild of America. Selanjutnya bersama Michael Caine, Martin membintangi film komedi karya Frank Oz, Dirty Rotten Scoundrels (1988).

Pada tahun 1989, Rick Moranis kembali dipasangkan dengan Steve Martin dalam film Parenthood karya Ron Howard. Martin kembali bermain bersama Moranis dalam komedi mafia, My Blue Heaven (1990). Pada tahun 1991, Martin menjadi penulis skenario sekaligus membintangi film L.A. Story. Masih tentang kehidupan di Los Angeles, peran berikutnya adalah sebagai mantan bos mafia dalam film Grand Canyon. Bertolak belakang dari film serius Grand Canyon, Martin membintangi pembuatan ulang film komedi Father of the Bride yang diikuti lanjutannya, Father of the Bride Part II pada tahun 1995.

Dalam The Spanish Prisoner, sebuah film thriller tahun 1997 karya David Mamet, Martin berperan sebagai orang kaya yang menaruh minat terhadap penemuan seorang pengusaha muda (Campbell Scott). Aktris Goldie Hawn menjadi lawan mainnya pada tahun 1999 dalam pembuatan ulang film komedi The Out-of-Towners yang dibuat Neil Simon tahun 1970. Hingga tahun 2003, Martin menempati urutan ke-4 dalam daftar bintang film laris setelah membintangi dua film komedi keluarga yang laris. Kedua film tersebut adalah Bringing Down The House dan Cheaper By The Dozenyang masing-masing menghasilkan lebih dari 130 juta dolar AS hanya dari pemutaran di gedung-gedung bioskop di Amerika Serikat.

Pada tahun 2005, Martin membintangi film Shopgirl sekaligus menulis skenario berdasarkan novel pendek yang hasil karyanya. Perannya sebagai pengusaha kaya yang terlibat percintaan segitiga dengan Claire Danes yang memerankan pramuniaga Saks 5th Avenue. Masih pada tahun yang sama, Martin juga membintangi sekuel Cheaper by the Dozen 2. Film terbaru Steve Martin adalah sebagai Inspektur Clouseau dalam The Pink Panther dan The Pink Panther 2 yang masih dalam tahap produksi.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Juli 2007, Martin menikah dengan Anne Stringfield yang lahir tahun 1973. Pesta pernikahan diadakan di rumahnya di Los Angeles. Mantan Senator Nebraska, Bob Kerrey memimpin sendiri upacara pernikahan mereka. Lorne Michaels, pencipta acara televisi Saturday Night Live menjadi pendamping pengantin pria. Sejumlah hadirin datang karena diundang tapi tidak tahu bahwa dirinya diundang untuk suatu upacara pernikahan, termasuk teman-teman dekat Steve Martin seperti Tom Hanks, Eugene Levy, pelawak Carl Reiner, dan pesulap sekaligus aktor Ricky Jay.[6]

Di antara wanita yang pernah dekat dengan Steve Martin terdapat artis Allyson Hollingsworth, dan aktris Anne Heche dan Bernadette Peters.

Steve Martin pernah menikah dengan aktris Victoria Tennant dari tahun 1986 hingga 1994.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 1969: Penghargaan Emmy, diterimanya bersama rekan-rekan penulis The Smothers Brothers Comedy Hour
  • 1978: Penghargaan Grammy Album Komedi Terbaik Let's Get Small
  • 1979: Penghargaan Grammy Album Komedi Terbaik A Wild and Crazy Guy
  • 2002: Penghargaan Grammy untuk Penampilan Instrumental Musik Country Terbaik yang diterimanya bersama Earl Scruggs (dan kawan-kawan) untuk lagu instrumental Foggy Mountain Breakdown.
  • 23 Oktober 2005: Penghargaan Mark Twain untuk Humor khas Amerika

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Steve Martin Filmography". Diakses 27 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ http://www.stevemartin.com/stop_the_presses/newsweek_78.php
  3. ^ http://www.imdb.com/name/nm0000188/bio
  4. ^ Fong-Torres, Ben (1982). "Steve Martin Sings: The Rolling Stone Interview". Diakses 27 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  5. ^ Box Office Mojo. ""THE JERK", box office summary". Diakses 27 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  6. ^ USA Today/Associated Press (2007). "Steve Martin weds girlfriend Anne Stringfield". Diakses 29 Juli.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]