Bono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bono
Bono at the 2009 Tribeca Film Festival.jpg
Bono at the 2009 Tribeca Film Festival
Latar belakang
Nama lahir Paul David Hewson
Nama lain Bono
Asal Dublin, Republik Irlandia
Genre Rock, post-punk, alternative rock
Pekerjaan Musisi, penyanyi-penulis lagu, aktivis, filantropi
Instrumen Vokal, gitar, harmonika
Tahun aktif 1975–sekarang
Artis terkait U2
Situs web www.u2.com
Instrumen khusus
Gretsch Irish Falcon

Paul David Hewson (lahir 10 Mei 1960; umur 53 tahun), nama julukannya Bono Vox, nama panggungnya Figüran Osman, adalah penyanyi utama dari kelompok musik rock Irlandia, U2.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Paul Hewson dibesarkan di Dublin, Irlandia. Ayahnya, Bob Hewson, adalah seorang Katolik Roma sementara ibunya Protestan. Ia dididik dengan iman keagamaan yang kuat sebagai anggota dari Gereja Irlandia. Tetapi ketika ditanyakan apakah ia menyebut dirinya Katolik atau Protestan, penyanyi ini konon pernah mengatakan, "Saya selalu merasa seolah-olah berada di pagar." Ibunya meninggal ketika ia baru berusia 14 tahun. Banyak lagu U2, khususnya dari album-album yang pertama ("I Will Follow", "Out of Control", "Tomorrow"), terpusat pada bagian dari hidupnya ini.

Bono belajar di Mount Temple Comprehensive School, sebuah sekolah dengan agama campuran (Protestan dan Katolik), sekolah yang pertama seperti ini di Dublin. Di situlah ia mendapatkan nama julukan "Bono Vox Of O'Connell St." Pada 1976 ia menjawab iklan yang dipasang oleh rekannya sesama siswa Larry Mullen, Jr. untuk membentuk sebuah band. Begitu pula Dave Evans (alias The Edge), saudara dari Dik Evans (yang tak lama kemudian meninggalkan band itu), dan Adam Clayton. Keempat orang sisanya membentuk sebuah band yang dinamai 'Feedback', lalu mengganti namanya menjadi 'The Hype' dan akhirnya bertahan dengan nama U2. Mulanya Bono bernyanyi, bermain gitar dan menulis lagu. Setelah The Edge semakin mahir bermain gitar, Bono dipindahkan posisinya ke vokal, meskipun ia sering bermain gitar akustik dan harmonika. Bono menikah dengan pacarnya semasa di SMU, Alison "Ali" Stewart, pada 21 Agustus 1982. Penyanyi ini telah menyebutkan dalam sejumlah wawancaranya bahwa keterlibatannya dengan U2 dan hubungannay dengan Ali dimulai kira-kira pada waktu yang bersamaan. Pasangan ini mempunyai empat orang anak - Jordan (l. 1989), Memphis Eve ('Eve' l. 1991), Elijah Bob Patricius Guggi Q (l. 1999) dan John Abraham (l. 2001).

Pada 1992, bersama dengan gitaris U2, The Edge, Bono membeli merapikan kembali Clarence Hotel, sebuah hotel dua bintang dengan 70 kamar di Dublin dan mengubahnya menjadi hotel lima bintang dengan 49 kamar, yang segera mendapatkan reputasi sebagai salah satu hotel yang paling bergaya (dan mahal) di kota itu.

Pada 2002, Bono menulis pengantar dari "Kitab Mazmur", dalah satu dari sembilan kitab dari Alkitab yang diterbitkan secara terpisah dalam seri "Pocket Canons" Canongate Book.

Nama julukannya, "Bono Vox" – biasanya disingkat menjadi "Bono" – diubahnya dari Bona Vox, sebuah merek alat pendengar yang dalam bahasa Latin berarti "suara yang baik". Bono memilih nama itu karena itu adalah nama sebuah toko yang secara teratur ia lewati di North Earl Street, tepat di ujung O'Connell Street, di Dublin. Namun demikian, "Bono Vox", secara harafiah berarti "Suara bagi si orang baik", Vox, subjeknya dan Bono, objek tak langsungnya. Kata bono juga merupakan slang dalam bahasa Italia untuk "sexy" dan bentuk datif dari kata Latin bonus; lihat Daftar ungkapan dalam bahasa Latin.

Keadilan sosial[sunting | sunting sumber]

Bono (kanan) di panggung bersama U2 di Anaheim, AS, 1 April 2005

Pada 1984, Bono tampil dalam Band Aid dan mengulangi peranannya dalam konser Band Aid 20, 2005. Ia juga tampil pada konser Live Aid pada 1985, dan Live 8 pada 2005. Sejak 1999, ia semakin terlibat dalam melakukan kampanye penghapusan utang Dunia Ketiga dan penderitaan Afrika. Pada Mei 2002, ia mengajak Menteri Keuangan AS, Paul O'Neill dalam sebuah tur ke empat negara di Afrika. Juga pada tahun itu, Bono membentuk sebuah organisasi yang dinamai "DATA", yang merupakan singkatan dari Debt, AIDS, Trade in Africa (Utang, AIDS, Perdagangan di Afrika). Fokus organisasi ini adalah membangkitkan kesadaran tentang apa yang dikalimnya sebagai utang Afrika yang tidak dapat dibayar, penyebaran AIDS yang tak terkendali, dan aturan-aturan perdagangan yang merugikan rakyat miskin benua itu.

Ia menyampaikan pidato pada pelantikan Paul Martin sebagai perdana Menteri Kanada, yang kemudian berjanji untuk menolong mengatasi krisis global. Pada 2005, pada suatu kesempatan yang oleh sebagian orang dikatakan sebagai krisis "kehancuran politik" Martin, Bono berbicara di acara Radio CBC Radio "menghantam" Martin karena lamban dalam meningkatkan bantuan asing Kanada. Setelah itu, juru bicara Perdana Menteri menunjukkan bahwa anggaran bantuan itu telah meningkat 8% dan bahwa "Ketimbang menetapkan batas waktu yang artifisal, perdana menteri telah memusatkan perhatian pada usaha meningkatkan bantuan yang riil dalam jumlah dolar yang riil setiap tahunnya." Martin dikalahkan pada Januari 2006 ketika Partai Konservatif menang untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

Bono kemudian mengunjungi Gedung Putih dalam sebuah acara pertemuan pribadi khusus dengan Presiden George W. Bush, yang baru saja mengungkapkan bantuan sebesar AS$5 milyar untuk negara-negara termiskin di dunia yang menghormati hak-hak asasi manusia. Bono juga mendampingi Presiden dalam sebuah pidato di halaman Gedung Putih. "Ini adalah langkah pertama yang penting, dan sebuah tingkat komitmen yang baru, serius, dan mengesankan ... Ini harus terjadi dengan mendesak, karena ada krisis."

Pada musim semi 2005, Bono, Ali Hewson dan perancang mode New York Rogan Gregory meluncurkan sebuah merek yang sadar sosial, EDUN. Ini adalah upaya untuk mengalihkan fokus di Afrika dari bantuan kepada perdagangan. Dengan memanfaatkan pabrik-pabrik di Afrika, Amerika Selatan, dan India yang memberikan upah yang adil kepada para buruhnya dan mempraktikkan etika bisnis yang baik, EDUN diharapkan mampu menciptakan sebuah model bisnis yang akan menggalakkan orang lain untuk menanamkan modal di negara-negara berkembang.

Bersama dengan Bob Geldof, Bono pernah diserang oleh jurnalis radikal, George Monbiot karena terlalu dekat dengan penguasa, dan karena itu menghadapi risiko mengabsahkan tindakan-tindakan mereka. Monbiot menyebut keduanya "Para Penyair Penguasa" dalam artikelnya di Guardian pada Juni 2005. Bulan Juli, Bono memainkan peranan penting dalam usaha mengorganisasi dan mempublikasikan Live 8, sebuah rangkaian 10 konser di seluruh dunia yang dimaksudkan untuk menggalakkan para wakil dari engara-negara industri dunia di Pertemuan Puncak Kelompok Delapan untuk menghapuskan utang Afrika yang luar biasa besarnya, memperbarui kebijakan perdagangan, dan memberikan sejumlah beasr tambahan bantuan untuk krisis-krisis seperti wabah AIDS.

Bono bertemu Presiden Brasil, Lula da Silva tentang penghapusan kemiskinan dunia. Ia juga menyumbangkan sebuah gitar untuk program Fome Zero.

Belakangan tahun itu, sebelum Paul Wolfowitz terpilih untuk menggantikan James Wolfensohn sebagai presiden Bank Dunia, Bono juga disebut-sebut sebagai calon serius untuk posisi itu. Menteri Keuangan AS, John William Snow, mengomentari tentang Bono di acara wacana berita ABC This Week "Saya mengagumi dia. Dia banyak berbuat baik dalam pembangunan ekonomi dunia ini." Namun proses pemilihan untuk posisi itu dilakukan oleh negara-negara anggota Bank Dunia, dan Bono dianggap tidak mungkin terpilih.

Pada Desember 2005, Bono dipilih oleh Majalah TIME sebagai salah satu Tokoh Tahun Ini, bersama-sama dengan Bill dan Melinda Gates.

Pada 2 Februari 2006 Bono berbicara dengan sangat fasih sebelum Presiden George W. Bush pada Doa Makan Pagi Nasional ke-54, di Hilton Washington Hotel. Pidatonya penuh dengan kutipan dari Alkitab, dan Bono mendesak agar mereka yang secara sosial dan ekonomi tertekan diberikan perhatian. Komentar-komentarnya mencakup seruan unutk tambahan 1% "persepuluhan" dari anggaran nasinoal AS. Pandangan-pandangan Kristennya diharmoniskan dengan agama-agama lain, karena ia mencatat bahwa tulisan-tulisan Kristen, Yahudi, dan Islam secara universal menyerukan perhatian bagi para janda, anak yatim, dan orang asing. Acara bipartisan ini memperlihatkan Washington dalam gambaran yang paling jelas. Presiden Bush tampak gelisah ketika mendapatkan pujian-pujian dari penyanyi/aktivis yang mendesak agar AS meningkatkan bantuannya untuk benua Afrika. Bono melanjutkan dengan mengatakan bahwa masih banyak yang harus dikerjakan agar kita dapat ikut ambil bagian dalam rancangan-rancangan Tuhan yang berkelanjutan.

Pada Februari 2006, Bono tercatat di antara 191 orang yang dicalonkan untuk mendapatkan Hadiah Nobel untuk Perdamaian. [1]

Aneka rupa[sunting | sunting sumber]

Bono pada sebuah konferensi pers untuk film Million Dollar Hotel, 2000
  • Bono hampir tak pernah tampil di muka umum tanpa kacamata gelapnya. Ia berkata kepada "Rolling Stone" bahwa alasannya ialah matanya "sangat peka terhadap cahaya. Bila seseorang mengambil foto saya, saya akan melihat cahaya lampu kilat itu sepanjang hari. Mata kanan saya akan membengkak. Pemandangan saya akan terhalang, jadi mata saya seringkali menjadi merah. Ini adalah bagian dari masalah saya, sebagian masalah privasi dan sebagian lagi sensitivitas."
  • Bersama produsen Island Records, Chris Blackwell Bono, sedang terbang di pesawat Jimmy Buffett ketika insiden "Jamaica Mistaica" terjadi. Penguasa Jamaika percaya bahwa pesawat Grumman HU-16 "Albatross" itu digunakan sebagai "pesawat ganja" untuk menyelundupkan narkoba dan karenanya mereka menembakinya, sementara ketiga orang itu ada di dalam. Tak ada yang terluka.
  • Bono dikatakan tingginya 1,72m, namun sebagian orang mengatakan ia lebih pendek. Di tempat lain dikatakan tingginya 1,68m.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

U2
Bono - The Edge - Adam Clayton - Larry Mullen Jr.
Paul McGuinness - Brian Eno - Daniel Lanois - Steve Lillywhite - Jimmy Iovine - Flood - Howie B
Diskografi
Album: Boy - October - War - Under a Blood Red Sky - The Unforgettable Fire - The Joshua Tree - Rattle and Hum - Achtung Baby - Zooropa - Pop - All That You Can't Leave Behind - How to Dismantle an Atomic Bomb - No Line on the Horizon
Kompilasi dan EP: Three - Wide Awake in America - Please: PopHeart Live EP - The Best of 1980–1990 - 7 - The Best of 1990–2000 - Exclusive - The Complete U2 - Live from Under the Brooklyn Bridge - U218 Singles - Wide Awake in Europe
Album lainnya: Under a Blood Red Sky - Melon: Remixes for Propaganda - Original Soundtracks 1 - Hasta la Vista Baby! U2 Live from Mexico City - The Million Dollar Hotel: Music from the Motion Picture - Live from the Point Depot - U2.COMmunication - Zoo TV Live - U2 Go Home: Live from Slane Castle, Ireland - Live from Paris - Medium, Rare & Remastered - Artificial Horizon - Duals
Video dan film: U2 Live at Red Rocks: Under a Blood Red Sky - The Unforgettable Fire Collection - Rattle and Hum - Achtung Baby: The Videos, the Cameos, and a Whole Lot of Interference from Zoo TV - Zoo TV: Live from Sydney - PopMart: Live from Mexico City - Elevation 2001: U2 Live from Boston - U2 Go Home: Live from Slane Castle, Ireland - Vertigo 2005: Live from Chicago - Vertigo 05: Live from Milan - U218 Videos - Live from Paris - U2 3D - Linear - U2 360° at the Rose Bowl - From the Sky Down
Tur dan konser
Boy Tour - October Tour - War Tour - The Unforgettable Fire Tour - A Conspiracy of Hope - The Joshua Tree Tour - Lovetown Tour - Zoo TV Tour - PopMart Tour (konser di Sarajevo) - Elevation Tour - Vertigo Tour - U2 360° Tour