Willie Nelson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Willie Nelson
Willie Nelson Stockton.jpg
Nelson dan band dalam konser di Stockton's Banner Island Park
Latar belakang
Nama lahir Willie Hugh Nelson
Asal Abbott, Texas, Amerika Serikat
Genre musik country, country rock, outlaw country, alternative country
Pekerjaan penyanyi/pencipta lagu, musisi, produser rekaman, aktor, aktivis
Instrumen gitar akustik, vokal
Tahun aktif 1956–sekarang
Label Liberty, RCA, Atlantic, Columbia, Island, Justice Records, Lost Highway
Artis terkait Waylon Jennings, The Highwaymen, Johnny Cash, Kris Kristofferson, Roger Miller, Ray Price, Snoop Dogg, Merle Haggard, Kurt Nilsen, Faron Young, Emmylou Harris, Dolly Parton, Juice Newton,Toby Keith, Sheryl Crow, Norah Jones
Situs web www.willienelson.com
Instrumen khusus
"Trigger" (Martin N-20)

Willie Hugh Nelson (lahir di Abbott, Texas, 30 April 1933; umur 81 tahun) adalah penyanyi/pencipta lagu musik country Amerika Serikat yang sekaligus seorang penulis, penyair, aktor, dan aktivis. Puncak kepopulerannya pada tahun 1970-an di tengah ramainya gerakan outlaw country, dan kini Willie Nelson telah menjadi ikon budaya populer Amerika Serikat.

Walaupun sudah berusia 70 tahunan, ia masih terus aktif melakukan tur dan tampil di konser-konser serta acara pengumpulan dana bersama musisi besar lainnya, termasuk Bob Dylan dan Dave Matthews. Ia masih terus produktif dalam mengeluarkan album-album baru yang mencampurkan unsur-unsur irama reggae, blues, jazz, folk, dan musik pop.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil hingga awal karier[sunting | sunting sumber]

Nelson lahir dan dibesarkan di Abbott, Texas sebagai anak Myrle Marie (nama gadis: Greenhaw) dan Ira Doyle Nelson yang bekerja sebagai montir dan pemilik rumah biliar.[1][2] Kakek dan neneknya yang bernama William A. Nelson dan Nancy Elizabeth Smothers memberi Willie pelajaran musik yang dibeli dari pesanan lewat pos sejak usianya masih enam tahun. Ia menciptakan lagu pertamanya pada usia 7 tahun, dan sudah main di band lokal ketika berumur 9 tahun.[3] Willie bermain gitar, sementara adik perempuannya Bobbie memainkan piano. Ia bertemu pemain biola Bud Fletcher, dan Willie dan Bobbie ikut dengan band milik Fletcher yang bernama Bohemian Fiddlers ketika duduk di bangku sekolah menengah atas. Semasa di SMA, ia sudah aktif dalam organisasi Future Farmers of America.

Sejak di sekolah menengah Nelson sudah bekerja sebagai disc jockey di stasiun radio lokal. Sambil menjadi DJ di radio KHBR Hillsboro, Texas, dan kemudian KBOP di Pleasanton, Texas, Nelson menyanyi di bar-bar honky tonk setempat.[4]

Nelson lulus dari Abbott High School pada tahun 1951. Ia bergabung dengan Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun yang sama, namun setelah 9 bulan berdinas dibebastugaskan karena menderita masalah punggung.[5] Ia lalu sempat kuliah di jurusan pertanian Universitas Baylor selama setahun pada 1954.

Nelson pindah ke Vancouver, Washington pada tahun 1956 untuk memulai karier musik, dan merekam lagu "Lumberjack" ciptaan Leon Payne. Lagu tersebut terjual cukup baik, namun tidak berhasil mengorbitkan kariernya. Nelson terus melanjutkan kerja sebagai penyiar radio di Vancouver dan menyanyi di kelab-kelab. Ia menjual sebuah lagu ciptaannya, "Family Bible" seharga $100, dan tidak disangka-sangka berhasil menjadi lagu hit bagi Claude Gray pada tahun 1960. Lagu tersebut di kemudian hari banyak didaur ulang oleh penyanyi lainnya, dan sering dianggap lagu klasik dalam musik gospel.

Menjadi pencipta lagu populer[sunting | sunting sumber]

Pada 1960, Nelson pindah ke Nashville, tapi tidak berhasil mendapatkan kontrak rekaman. Kontrak yang diperolehnya adalah kontrak mencipta lagu dengan Pamper Music. Setelah Ray Price merekam lagu Nelson, "Night Life" (kemungkinan lagu country yang paling sering didaur ulang sepanjang sejarah), Nelson bergabung sebagai pemain bas dengan band Price yang melakukan pertunjukan keliling. Ketika bermain untuk Ray Price and the Cherokee Cowboys, lagu-lagu pop dan country ciptaan Nelson banyak yang menjadi lagu hit. Di antara lagu-lagu ciptaannya yang menjadi populer di tangan penyanyi top adalah "Funny How Time Slips Away" (Billy Walker), "Hello Walls" (Faron Young), "Pretty Paper" (Roy Orbison), dan "Crazy" (Patsy Cline). Album San Antonio Rose nantinya dibuat Willie bersama Ray Price pada tahun 1980.

Nelson mendapat kontrak rekaman dari Liberty Records pada tahun 1961, dan merilis sejumlah singel, termasuk "Willingly" (duet bersama Shirley Collie yang nantinya dinikahi sebagai istri kedua) dan "Touch Me".

Dengan bermodalkan suara saja, Nelson tidak mampu meyakinkan produser rekaman di Nashville, dan ia tidak kunjung diorbitkan sebagai penyanyi. Pita demo yang dibuatnya dari awal karier sebagai pencipta lagu untuk Pamper Music nantinya ditemukan kembali dan dirilis sebagai album Crazy: The Demo Sessions (2003).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Allen, Bob. (1998). "Willie Nelson." In The Encyclopedia of Country Music. Paul Kingsbury, Editor. New York: Oxford University Press. pp. 374–6.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Album Willie Nelson

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
Didahului oleh:
Rodney Crowell
Penghargaan atas Prestasi Seumur Hidup AMA
2007
Diteruskan oleh:
John Hiatt