Georgia on My Mind

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Georgia on My Mind"
Singel oleh Ray Charles
dari album The Genius Hits the Road
Sisi-B "What'd I Say"
Dirilis 1960 (1960)
Direkam 1960
Genre Blues
Pencipta Hoagy Carmichael (musik)
Stuart Gorrell (lirik)

"Georgia on My Mind" adalah sebuah lagu yang ditulis pada 1930 oleh Hoagy Carmichael (musik) dan Stuart Gorrell (lirik). Ini adalah lagu resmi negara bagian Georgia Amerika Serikat. Gorrell menulis liriknya untuk saudara perempuan Hoagy, Georgia Carmichael[1]. Namun kata-kata lagu ini cukup ambigu hingga dapat merujuk kepada negara bagian Georgia atau kepada seorang perempuan yang bernama "Georgia". Otobiografi Carmichael pada 1965, Sometimes I Wonder, mencatat asal-usulnya, seorang sahabat, pemain saksofon dan pemimpin band Frankie Trumbauer, mengusulkan kepadanya: "Mengapa kamu tidak mengarang saja sebuah lagu yang berjudul 'Georgia?' Tiap orang dapat menulis banyak tentang Selatan." Karena itulah lagu ini secara universal diyakini telah dikarang tentang negara bagian ini.

Lagu ini pertama kali direkam pada 15 September 1930 di New York oleh Hoagy Carmichael and His Orchestra dengan Bix Beiderbecke yang memainkan muted cornet dan Hoagy Carmichael pada vokal. Rekaman ini adalah bagian dari sesi rekaman terakhir Bix Beiderbecke. Rekamannya diterbitkan sebagai Victor 23013 dengan "One Night in Havana".

Frankie Trumbauer mencapai hit utama yang pertama pada 1931 ketika rekamannya mencapai sepuluh terbaik pada tangga lagu-lagu paling populer. Trumbauer menyarankan agar Carmichael mengarang lagunya.

Lagu ini barangkali paling terkenal ketika dinyanyikan oleh Ray Charles, yang merekammnya pada 1960 dalam album The Genius Hits the Road. Lagu ini menjadi lagu negara bagian Georgia pada 1979. Terilhami oleh versi blues ini, Willie Nelson secara resmi memperkenalkan lagu ini kepada para audiens countrynya pada 1978 sebagai hit no. 1 lagu Country/Western.

Versi[sunting | sunting sumber]

Templat:Sample box start variation 1

Lagu ini pertama kali direkam oleh Hoagy Carmichael (bersama Bix Beiderbecke) pada 1930. Lagu ini kemudian dibawakan oleh banyak pemusik, yang paling signifikan di antaranya adalah: Frankie Trumbauer and His Orchestra, Louis Armstrong, Dean Martin, Glenn Miller, Ian Moss, Willie Nelson, Michael Bolton, Anita O'Day, Ella Fitzgerald, Jo Stafford, Red McKenzie and His Mound City Blue Blowers pada 1931, Gladys Knight, Gene Krupa, James Brown, Alicia Keys dan Jamie Foxx, Usher, Fats Waller, Billie Holiday, Nat Gonella dan band-nya The Georgians, The Band, Django Reinhardt, Wes Montgomery, John Mayer, Jerry Lee Lewis, The Righteous Brothers, Tom Jones, Van Morrison, Coldplay, The Joel Haynes Trio (bersama Denzel Sinclair) dan Spencer Davis Group (bersama Steve Winwood pada vokal), Tony Rice dalam albumnya California Autumn, serta Arturo Sandoval dalam album Ronnie Scott's Jazz House, dan sebuah versi instrumental oleh Oscar Peterson. Penyanyi Ceko Pavel Novak juga merekam lagu ini pada 1968.

Pada 30 Juli 1963, Lou Rawls merekam lagu ini untuk albumnya "Tobacco Road". Versi Cold Chisel dari lagu ini telah menjadi bagian utama untuk pertunjukan-pertunjukan hidup mereka. Gitaris Ian Moss masih memainkan lagu ini dan sebuah versi siaran langsungnya diikutsertakan dalam albumnya "Let's All Get Together". Peserta American Idol (Musim 8) Matt Giraud membawakan lagu ini pada Pertunjukan Solo Kedua Minggu Hollywood.

Ray Charles[sunting | sunting sumber]

Baru setelah rekaman Ray Charles pada 1960 dalam The Genius Hits the Road lagu ini menjadi sangat terkenal, mencapai tempat pertama selama satu minggu pada November 1960 dalam U.S. Billboard Hot 100. Pada 7 Maret 1979, sebagai lambang rekonsiliasi bersama setelah konflik menyangkut hak-hak sipil, Charles membawakan lagu ini di depan Sidang Umum (dewan legislatif) Georgia. Setelah penampilan ini, hubungan dengan negara bagian dikukuhkan, dan Sidang mengadopsi lagu ini sebagai lagu negara bagian pada 24 April.

Versi lagu ini dimainkan dengan sebuah montase video setiap kali Televisi Publik Georgia menutup siarannya setiap malam. Dengan munculnya siaran 24 jam, lagu ini sekarang jarang dimainkan. Yang terakhir adalah pada 2009 untuk penutupan secara permanen stasiun-stasiun TV analog pada 17 Februari.

Lagu ini digunakan sebagai lagu tema untuk komedi situasi CBS Designing Women (yang mengambil tempat di Atlanta), mula-mula sebagai lagu instrumental (dibawakan oleh Doc Severinsen), dan belakangan dalam sebuah rekaman oleh Ray Charles. Versi Charles juga digunakan oleh lagu singel 2005 kelompok rap Field Mob, "Georgia", yang menampilkan Jamie Foxx dan Ludacris.

Setelah tahun 2000, Charles mengndang penyanyi Italia Giorgia Todrani untuk membawakan lagu itu bersamanya setelah mengetahui bahwa namnya disebutkan untuk menghormati lagu itu.

Jamie Foxx dan Alicia Keys, didukung oleh Quincy Jones & his Orchestra, membawakan sebuah aransemen baru unutk menghormati Ray Charles pada Anugerah Grammy 2005.

Signifikansi budaya[sunting | sunting sumber]

Pada 2003, majalah Rolling Stone memilih "Georgia on My Mind" sebagai lagu ke-44 terbaik sepanjang zaman.

Judul lagu ini digunakan sebagai slogan plat kendaraan bermotor Georgia secara eksklusif dari Januari 1997 hingga November 2003, dan beberapa dari plat ini masih tetap berlaku setidak-tidaknya hingga Desember 2009.

Lagu ini dirujuk dalam album The Beatles "Back in the USSR", dengan kata-kata "Georgia's always on my mind" merujuk kepada Republik Sosialis Soviet Georgia (Georgia Soviet).

Lagu ini ditampilkan dalam Stone Mountain Laser Show yang berlangsung setiap musim panas di luar kota Atlanta.

Lagu ini adalah salah satu dari lagu-lagu Olimpiade 1996 yang diselengggarakan di Atlanta.

Dalam film televisiQuantum Leap, versi Ray Charles dari lagu ini digunakan dalam beberapa episode, karena inilah lagu yang dimainkan pada pernikah dari peran pendukung film itu Al Calavicci. Izin penggunaannya terbatas, dan ketika seri ini diterbitkan dalam bentuk DVD di AS, produsennya memutuskan bahwa mereka tidak mampu lagi memperbarui izin penggunaannya, sehingga lagu ini digantikan dengan musik instrumental yang generik. Karena lagu ini digunakan dalam beberapa adegan yang emosional, beberapa penggemar film ini menjadi kecewa oleh keputusan ini.

Lagu ini disebut dalam lagu Johnny Flynn, "Hong Kong Cemetery".

Lagu ini ditampilkan pada bagian akhir episode "Saviors", dibawakan oleh Hugh Laurie.

Lirik[sunting | sunting sumber]

Lirik versi Ray Charles dari lagu ini muncul dalam Georgia Code dengan izin khusus.

rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
"Save the Last Dance for Me" oleh The Drifters
U.S. Billboard Hot 100 lagu singel no. 1 (versi Ray Charles)
14 November 1960 (satu minggu)
Diteruskan oleh:
"Stay" oleh Maurice Williams & the Zodiacs
Didahului oleh:
"Do You Know You Are My Sunshine"
oleh Statler Brothers
Billboard Hot Country Singles singel nomor satu
10 Juni 1978
oleh Willie Nelson
Diteruskan oleh:
"Two More Bottles of Wine"
oleh Emmylou Harris

Templat:Ray Charles