Shirley Temple

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shirley Temple

Shirley Temple dalam film Glad Rags to Riches
Lahir Shirley Jane Temple
23 April 1928
Bendera Amerika Serikat Santa Monica, California, Amerika Serikat
Meninggal 10 Februari 2014 (umur 85)
Bendera Amerika Serikat Woodside, California, Amerika Serikat
Nama lain Shirley Temple Black
Tahun aktif 1932 - 1961
Pasangan John Agar (1945-1950)
Charles Black (1950-2005)
Situs web
http://www.shirleytemple.com

Shirley Jane Temple (lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat, 23 April 1928 – meninggal di Woodside, California, 10 Februari 2014 pada umur 85 tahun) adalah mantan pemeran cilik Amerika Serikat yang membintangi lebih dari 40 judul film sepanjang dekade 1930-an. Setelah mengundurkan diri dari layar perak, ia menjadi diplomat dan sekarang sudah pensiun.[1]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Temple mulai mengikuti kelas tari sejak berusia 3 tahun di Meglin's Dance School, Hollywood. Temple ditemukan sutradara casting dari Educational Pictures yang datang berkunjung ke kelas tarinya. Walaupun berusaha menyembunyikan diri di belakang sebuah piano, Temple dipilih untuk mengikuti audisi, dan akhirnya menandatangani kontrak dengan studio Educational.

Dari tahun 1932 hingga 1933, Temple tampil dalam dua judul film seri produksi studio Educational. Film seri Baby Burlesks yang mengawali kariernya di bidang akting adalah sebuah satir tentang keadaan politik dan industri film pada waktu itu. Dalam film, Temple digambarkan masih mengenakan popok, namun berganti kostum dengan pakaian orang dewasa. Film seri Baby Burlesks dianggap kontroversial bagi sebagian pemirsa, karena memperlihatkan anak kecil berperan sebagai orang dewasa. Pemirsa lebih bisa menerima Temple memerankan anak perempuan bandel dalam film seri keduanya, Frolics of Youth.

Sewaktu dikontrak studio Educational, Temple sering menjadi figuran dan memainkan peran-peran kecil dalam berbagai film produksi studio lain. Ia dikabarkan pernah mengikuti audisi untuk peran utama film komedi Our Gang karya Hal Roach (nantinya dikenal sebagai The Little Rascals), tapi Temple akhirnya tidak jadi dikontrak. Sutradara sekaligus produser Robert F. McGowan mengatakan bahwa studionya ingin memakai Temple, tapi ibunya meminta honor yang besarnya sama dengan honor seorang bintang. Temple dalam otobiografinya yang berjudul Child Star membantah dirinya pernah ikut audisi film Our Gang[2]

Dikontrak studio Fox[sunting | sunting sumber]

Setelah tampil bersama James Dunn dalam film Stand Up and Cheer!, Temple dikontrak studio bernama Fox Film Corporation pada akhir tahun 1933. Studio tersebut nantinya merger dengan 20th century Pictures menjadi 20th Century Fox. Dunn merupakan pasangan mainnya dalam beberapa film, termasuk film larisnya, Bright Eyes produksi Sol M. Wurtzel. Berkat Temple dan film laris yang dibintanginya, studio Fox selamat dari kebangkrutan di puncak depresi ekonomi tahun 1934.

Dalam film Bright Eyes, Temple untuk pertama kalinya membawakan lagu "On the Good Ship Lollipop" yang menjadi salah satu penampilannya yang terus dikenang. Lagu "Animal Crackers in My Soup" yang dibawakan dalam film berikutnya, Curly Top mencuatkan nama Shirley Temple. Pada tahun 1936, Temple menerima honor yang sangat besar, 15 ribu dolar AS per minggu untuk film Poor Little Rich Girl. Film-film Temple merupakan hiburan yang membawa optimisme dan harapan di masa depresi. Presiden Franklin Delano Roosevelt bahkan pernah berkata, "selama negara kita masih memiliki Shirley Temple, kita bakal selamat."[3]

Dalam 16 judul film dari keseluruhan 20 judul film yang diproduksi Fox, Temple selalu memerankan tokoh yatim piatu yang ditinggal mati salah satu atau kedua orang tuanya. Temple yang selalu digambarkan yatim piatu merupakan resep ampuh kelarisan film-filmnya. Dalam kegelapan gedung bioskop, penonton seolah-olah diminta berperan sebagai orang tua Shirley Temple.[4]

Temple bertahan dengan studio Fox hingga tahun 1940, dan merupakan bintang yang paling menghasilkan uang bagi Fox. Kontraknya diperbarui beberapa kali antara tahun 1933 dan 1935. Temple juga sempat dipinjamkan ke studio Paramount untuk membuat dua judul film pada tahun 1934, dan kedua judul film tersebut juga laris. Selama 4 tahun berturut-turut, film yang dibintangi Temple selalu menjadi film laris. Tahun lahir di akta kelahirannya bahkan dimajukan setahun menjadi tahun 1929, supaya menjadi setahun lebih muda. Temple bahkan tidak diberi tahu umurnya yang benar hingga ulang tahunnya yang ke-12 (ulang tahun ke-13 menurut tanggal lahir yang sebenarnya).[5]

Popularitas Temple tidak hanya menjadikannya sebagai pujaan publik, tapi hasil pekerjaannya juga diakui sesama bintang film. Bahkan sewaktu masih berusia 5 tahun, Temple sudah sangat profesional. Semua skenario dihafalnya luar kepala, dan gerakan tari sudah dikuasainya saat pengambilan gambar dimulai.

Temple juga pernah tampil bersama bintang terkenal seperti Carole Lombard, Gary Cooper, Adolphe Menjou, dan lain-lain. Aktor Arthur Treacher sering diturunkan sebagai butler yang baik hati dalam sejumlah film Shirley Temple.

Kemampuan dan bakat Temple sebagai penari (khususnya tap dance) banyak dikagumi orang. Dalam film-film awalnya, Temple sudah bisa menguasai koreografi tap dance yang rumit. Pada waktu itu, ia baru berusia 5 tahun. Temple dipasangkan dengan penari terkenal Bill "Bojangles" Robinson dalam film The Little Colonel, The Littlest Rebel, Rebecca of Sunnybrook Farm, dan Just Around the Corner. Robinson juga menjadi pelatih tari bagi Temple, dan menulis koreografi untuk film-film Temple yang lain. Adegan Temple berpegangan tangan dengan Robinson yang orang Afrika-Amerika harus digunting sebelum diputar di banyak kota di bagian selatan Amerika Serikat.

Temple merupakan penerima Piala Oscar kategori Pemeran Anak-anak Terbaik tahun 1935. Rekor Shirley Temple sebagai pemeran cilik termuda yang pernah menerima Oscar bahkan belum terpecahkan hingga sekarang. Temple juga menjadi aktris termuda yang pernah mengabadikan cap tangan dan kakinya di Grauman's Chinese Theatre, Hollywood, California.

Peran Dorothy dalam The Wizard of Oz sebetulnya memang dibuat untuk Judy Garland. Namun, pimpinan MGM sempat kuatir filmnya bakal tidak laku kalau dibintangi Garland. Studio MGM sebagai gantinya memilih Temple sebagai pemeran utama, tapi akhirnya tidak jadi dipasang karena negosiasi antara Fox and MGM putus di tengah jalan. Walaupun demikian, "Rags", anjing kesayangannya dalam film Bright Eyes dipasang dalam film The Wizard of Oz sebagai anjing bernama "Toto". Pada tahun 1940, Temple membintangi film dongeng The Blue Bird dengan plot yang mirip dengan The Wizard of Oz, tapi ternyata tidak laku.

Film The Little Princess merupakan film berwarna berwarna Technicolor yang pertama bagi Temple. Film tersebut diproduksi tahun 1939 menjelang berakhirnya kontrak Temple dengan studio Fox.

Produk Shirley Temple[sunting | sunting sumber]

Boneka Shirley Temple yang diproduksi Ideal Toys merupakan mainan laris sepanjang dekade 1930-an. Pakaian yang dikenakan boneka serupa dengan kostum yang dikenakan sang bintang dalam film-filmnya. Sekarang, boneka Shirley Temple yang asli bisa dihargai ratusan dolar di pasaran barang antik. Busana dan pita rambut merek Shirley Temple juga merupakan produk yang laris. Lagu-lagu dari film Shirley Temple banyak yang menjadi lagu hit di radio, termasuk di antaranya "On the Good Ship Lollipop" (dari film Bright Eyes), "Animal Crackers in My Soup" (dari film Curly Top), dan "Goodnight My Love" (dari film Stowaway). Kepopuleran Shirley Temple menjadikannya tokoh dalam berbagai kegiatan sosial, termasuk organisasi Palang Merah.

Sekolah privat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1940, Temple yang sudah tidak lagi dikontrak studio Fox menyempatkan diri bersekolah di Sekolah Putri Westlake. Pada waktu itu dirinya sedang sibuk bermain film untuk studio MGM and Paramount. Film-filmnya yang sukses dari periode tersebut, antara lain: Since You Went Away dengan Claudette Colbert, The Bachelor and the Bobby-Soxer dengan Cary Grant, dan Fort Apache dengan John Wayne. Pada tahun 1949, Shirley Temple, 21 tahun, mengundurkan diri dari layar perak.

Kembali ke Hollywood[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Temple kembali ke dunia showbiz untuk membintangi dua film seri televisi: Shirley Temple's Storybook dan Shirley Temple Theatre. Keduanya menampilkan adaptasi cerita dongeng dan cerita yang bisa menjadi tontonan seluruh keluarga. Episode pertama Shirley Temple's Storybook] ditayangkan NBC pada 12 Januari 1958, dan episode terakhir ditayangkan 1 Desember 1959. Film seri Shirley Temple Theatre yang terkenal sebagai The Shirley Temple Show ditayangkan NBC mulai 11 September 1960, dan episode terakhirnya ditayangkan 10 September 1961. Pada kedua film seri tersebut, Shirley Temple menjadi pembawa acara sekaligus pengisi narasi.

Di usia lanjutnya, Temple hanya kadang-kadang tampil di televisi dalam acara bincang-bincang, khususnya ketika sedang mempromosikan memoar yang ditulisnya.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Karya Salvador Dalí, Shirley Temple, The Youngest, Most Sacred Monster of the Cinema in Her Time merupakan lukisan yang kontroversial. Foto hitam-putih kepala Temple yang diambil dari surat kabar dipadukannya dengan tubuh singa betina berwarna merah menyala, lengkap dengan buah dada dan cakar berwarna putih yang panjang.[6] Penulis asal Britania Raya, Graham Greene yang sering menulis tinjauan film Shirley Temple berpendapat bahwa walaupun Temple "dipasarkan sebagai bocah tidak berdosa, ia memiliki 'lebih banyak lagi daya tarik yang tersembunyi dan daya tarik seorang dewasa'" dan bagi "laki-laki dewasa penggemarnya, 'layar pembatas antara cerita dan dialog terjatuh di antara kecerdasan dan hasrat.'"[6]

Sebagai politikus dan diplomat[sunting | sunting sumber]

Shirley Temple dengan nama Shirley Temple Black terjun dalam politik sebagai anggota Partai Republik, namun gagal terpilih dalam Pemilihan Anggota Kongres AS tahun 1967. Black waktu itu mendukung keterlibatan AS di Vietnam. Walaupun demikian, Black sukses menduduki sejumlah pos diplomatik, dan menjadi wakil AS dalam berbagai konferensi internasional dan pertemuan tingkat tinggi. Pada tahun 1969, Black ditunjuk sebagai anggota delegasi AS untuk PBB oleh Presiden Richard M. Nixon. Kariernya berlanjut sebagai Duta Besar AS untuk Ghana (1974–76). Pada tahun 1976, Black ditunjuk wanita pertama yang menjabat Kepala Protokol Amerika Serikat. Tugasnya mengatur semua urusan protokoler Departemen Luar Negeri. Dari tahun 1989 hingga 1992, Shirley Temple Black menjadi Duta Besar AS untuk Cekoslowakia dan menjadi saksi terjadinya Revolusi Beludru.

Black berkomentar tentang jabatannya sebagai Duta Besar, "Itulah pekerjaan terbaik yang pernah saya miliki." Pada tahun 1987, Menteri Luar Negeri, George Shultz mengangkatnya sebagai Honorary Foreign Service Officer yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat.

Setelah pensiun sebagai diplomat, Black menjadi anggota dewan direktur beberapa perusahaan besar, di antaranya: The Walt Disney Company (1974–1975), Del Monte, Bancal Tri-State, dan Fireman's Fund Insurance. Di bidang nonkomersial, Black menjadi anggota dewan Institut Kajian Internasional di Universitas Stanford, Council on Foreign Relations, Council of American Ambassadors, World Affairs Council, Komisi Amerika Serikat untuk UNESCO, Komite Nasional Hubungan AS-RRT, United Nations Association, dan US Citizen's Space TaskForce.

Shirley Temple Black menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Santa Clara, dan Universitas Lehigh. Penghargaan fellowship diterimanya dari College of Notre Dame, dan Chubb Fellowship dari Universitas Yale. Black sekarang tinggal di Woodside, California.

Kanker payudara[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1972, Black diketahui menderita kanker payudara dan mengalami mastektomi. Publik mengingatnya sebagai selebritas yang pertama kali mengidap kanker payudara. Dalam wawancara yang diterbitkan situs web American Cancer Society, aktris Barbara Barrie berkata, "Shirley Temple Black adalah orang pertama yang mengatakan, di depan jaringan televisi nasional, "Saya menderita kanker payudara." Bukan Betty Ford, melainkan Shirley Temple Black, mantan aktris cilik. Salah satu bintang film terbesar yang pernah dimiliki dunia. Juga, dia mengatakannya dengan begitu berani, karena dulunya, orang tidak pernah mengucapkan kata "kanker" dan "payudara," tidak di depan umum.[7]

Pada tahun 1999, Black dijadikan sampul majalah People dengan tambahan tulisan "Picture Perfect" untuk dirinya. Masih pada tahun yang sama, Black diliput untuk edisi spesial "Surviving Breast Cancer", serta menghadiri upacara penyerahan Piala Oscar ke-70, dan menerima penghargaan Kennedy Center Honors.

Kegiatan sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Black menjadi konsultan Jaringan Televisi ABC dalam produksi Child Star: The Shirley Temple Story. Film dokumenter tersebut diangkat dari bagian pertama otobiografinya.

Pada tahun 2004, Black bekerja sama dengan Legend Films melakukan pemugaran dan pewarnaan, serta merilis ulang film hitam-putih dari periode awal Shirley Temple. Selain itu, proyek juga merilis ulang film seri asal tahun 1960, The Shirley Temple Storybook Collection (dulunya direkam dalam kaset video berwarna). Pada 12 September 2005, Screen Actors Guild (SAG) memberikan Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup kepada Shirley Temple.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ayahnya bernama George Francis Temple (1888 - 1980), seorang usahawan dan bankir di Santa Monica, California. Ibunya bernama Gertrude Amelia Krieger (1893 - 1977). Shirley Temple memiliki dua orang kakak laki-laki, Jack (lahir tahun 1915), dan George Jr. (lahir tahun 1919). Ibunya yang senang menari mendorongnya untuk menjadi seorang aktris. Ketika berkarier sebagai bintang cilik, Temple terus menerus ditemani Gertrude sang ibu. Skenario dihafalnya dengan bantuan sang ibu, dan begitu pula kostum yang dikenakannya selalu diatur sang ibu. Model rambut Shirley Temple yang terkenal dengan sebutan "Keriting Shirley Temple" juga diatur atas perintah ibunya. Ikal kecil pada rambutnya harus pas berjumlah 52 buah pada setiap kali pengambilan gambar.[8]

Sewaktu berusia 17, Temple menikah dengan prajurit John Agar (1921–2002) yang kemudian beralih profesi menjadi seorang aktor. Bersama Agar, Temple dikaruniai seorang anak perempuan, Linda Susan Agar yang nantinya dikenal sebagai Susan Black (lahir 30 Januari 1948). Temple mengajukan permintaan cerai pada akhir tahun 1949, dan perceraian mereka disahkan pada 5 Desember 1950. Pada awal tahun 1950, ketika berlibur di Hawaii, Temple bertemu dengan usahawan asal California, Charles Alden Black (1919–2005). Keduanya jatuh cinta dan menikah pada tanggal 16 Desember 1950. Pernikahan mereka hanya dipisahkan kematian Charles, 86 tahun, pada 4 Agustus 2005 akibat penyakit sumsum tulang sindrom myelodysplastic. Mereka dikaruniai dua orang anak, Charles Alden Black Jr. (lahir 29 April 1952) dan Lori Black (lahir 9 April 1954). Shirley Temple memiliki seorang cucu, Theresa Falaschi (lahir tahun 1980), dari Susan Black putri sulungnya.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film layar lebar[sunting | sunting sumber]



Film pendek[sunting | sunting sumber]

  • Merrily Yours (1932)
  • Kid's Last Stand (1932)
  • The Kid's Last Fight (1932)
  • Glad Rags to Riches (1932)
  • Runt Page (1932)
  • War Babies (1932)
  • The Pie-Covered Wagon (1932)
  • New Deal Rhythm (1933)
  • Kid in Hollywood (1933)
  • Polly Tix in Washington (1933)
  • Dora's Dunking Doughnuts (1933)
  • Kid inn Africa (1933)
  • What's to Do? (1933)
  • Pardon My Pups (1934)
  • Managed Money (1934)
  • The Hollywood Gad-About (1934)
  • Our Girl Shirley (1942)
  • American Creed (1946)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.shirleytemple.com/shirleyQNA.html Shirley Temple Q&A
  2. ^ Maltin, Leonard & Bann, Richard W (1977, rev. 1992). The Little Rascals: The Life & Times of Our Gang. New York: Crown Publishing/Three Rivers Press. ISBN
  3. ^ http://www.kennedy-center.org/calendar/index.cfm?fuseaction=showIndividual&entitY_id=3814&source_type=A
  4. ^ lihat video "A&E Biography - Shirley Temple"
  5. ^ "Thirteen". Diakses 27 Juli.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  6. ^ a b Most sacred monsters Mark Lawson, The Guardian, 1 Juni 2007 (URL diakses 1 Juni 2007)
  7. ^ http://www.acscsn.org/Talk_Shows_and_Stories/Celebrity_Interviews/Celebrity_Barbara_Barrie_Colon.html
  8. ^ lihat pernyataan penulis biografi Anne Edwards dalam video "A&E Biography - Shirley Temple"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Tidak ada
Aktris Anak-anak Terbaik
1934
Diteruskan oleh:
Deanna Durbin & Mickey Rooney
Didahului oleh:
James Garner
Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup Screen Actors Guild
2005
Diteruskan oleh:
Julie Andrews