Our Gang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkas:Our-gang-title-card.jpg
Kartu judul untuk film komedi Our Gang 1937 Rushin' Ballet.

Our Gang (juga dikenal sebagai The Little Rascals atau Hal Roach's Rascals) adalah serial film pendek komedi Amerika mengenai sekelompok anak-anak miskin yang tinggal bertetangga dan petualangan-petualangan mereka. Serial tersebut dibuat oleh produser komedi Hal Roach.

Selain itu, Our Gang dikenal menempatkan anak laki-laki, perempuan, kulit putih dan kulit hitam setara, yang terkadang terpecah menjadi kelompok baru, menurut sejarawan film Leonard Maltin.[1]

Waralaba tersebut dimulai pada 1922 sebagai serial subyek-subyek film pendek bisu yang diproduksi oleh studio Roach dan dirilis oleh Pathé Exchange. Roach mengganti distributor dari Pathé ke Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) pada 1927, dan serial tersebut memasuki masa paling berjayanya setelah dijadikan film bersuara pada 1929. Produksinya berlanjut di studio Roach sampai 1938, ketika serial tersebut dijual kepada MGM, yang memproduksi film-film komedi sendiri sampai 1944. Dalam jumlah secara keseluruhan, serial Our Gang memiliki 220 film pendek dan satu film fitur, General Spanky, yang menampilkan lebih dari 41 aktor cilik.

Ikhtisar serial[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti berbagai film bergerak yang menampilkan anak-anak dan berdasarkan pada fantasi, produser/pembuat Hal Roach menampilkan Our Gang dalam kehidupan nyata: kebanyakan anak-anaknya adalah orang miskin, dan gang tersebut sering dihadapkan dengan "anak-anak kaya," orang dewasa dan orang tua, dan petualangan-petualangan lainnya. Serial tersebut dikenal karena gangnya meliputi orang berkulit hitam dan perempuan ketika diskriminasi terhadap kedua kelompok tersebut adalah hal umum.[1]

Anggota pemeran Afrika-Amerika[sunting | sunting sumber]

Sebuah poster teatrikal asli untuk film komedi Our Gang Baby Brother.

Serial Our Gang dikenal karena menjadi salah satu dari film pertama dalam sejarah perfilman dimana orang berkulit hitam dan orang berkulit putih digambarkan setara. Empat aktor cilik Afrika-Amerika yang memerankan peran karakter utama dalam serial tersebut adalah Ernie "Sunshine Sammy" Morrison, Allen "Farina" Hoskins, Matthew "Stymie" Beard dan Billie "Buckwheat" Thomas. Ernie Morrison, dalam faktanya, adalah aktor Afrika-Amerika pertama yang menandatangani kontrak berjangka panjang dalam sejarah Hollywood,[2] dan bintang Afrika-Amerika utama pertama dalam sejarah Hollywood.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berkas:Our Gang production still (1923).jpg
(Dari kiri ke kanan) Ernie "Sunshine Sammy" Morrison, Andy Samuel, Allen "Farina" Hoskins, Mickey Daniels dan Joe Cobb pada film 1923 yang merupakan salah satu dari film komedi Our Gang terawal.

1922–1925: Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Menurut Roach, gagasan Our Gang datang kepadanya pada 1921, ketika ia mengaudisi seorang aktris cilik untuk tampil dalam sebuah film.

1926–1929: Wajah baru dan distributor baru[sunting | sunting sumber]

Setelah Sammy, Mickey dan Mary meninggalkan serial tersebut pada pertengahan 1920an, serial Our Gang memasuki masa transisi.

Berkas:Jackiecooper.JPEG
Jackie Cooper dalam film pendek 1930 School's Out.

Tahun-tahun Roach terakhir[sunting | sunting sumber]

Our Gang sangat sukses pada 1920an dan awal 1930an.

George "Spanky" McFarland, Darla Hood, dan Carl "Alfalfa" Switzer dalam sekuensi mimpi "Club Spanky" dari film pendek 1937 Our Gang Follies of 1938.

Setelah tahun-tahun penggantian pemeran yang keluar, kelompok tersebut distandardisasikan pada 1936 dengan pengubahan ke pengambilan gambar satu reel. Penggemar paling kasual dari Our Gang biasanya familiar dengan inkarnasi 1936–1939 dari para pemerannya

Status kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Sonar Entertainment (awalnya dikenal sebagai RHI Entertainment, Cabin Fever Entertainment dan Hallmark Entertainment)[4] memiliki hak-hak salinan dan memegang hak-hak video rumah dan bioskop pada film-film pendek Our Gang yang diproduksi Roach. Sonar mengakuisisinya setelah pembubaran Hal Roach Studios pada 1988, dan estate Roach dan Cabin Fever Entertainment pada akhir 1990an.[5]

Pemeran dan personel Our Gang[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar dari aktor cilik utama dalam film-film komedi Our Gang. Mereka dikumpulkan pada masa tersebut pada saat mereka bergabung pada serial tersebut.

Periode film bisu Roach[sunting | sunting sumber]

Periode film bersuara Roach[sunting | sunting sumber]

Periode MGM[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2014, aktor-aktor Our Gang yang masih hidup meliputi Robert Blake, Sidney Kibrick, Jean Darling, Dickie Moore, Jerry Tucker, Lassie Lou Ahern, Mildred Kornman, dan Leonard Landy.

Film komedi Our Gang terkenal[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar film komedi Our Gang pilihan, yang dianggap oleh Leonard Maltin dan Richard W. Bann (dalam buku mereka The Little Rascals: The Life and Times of Our Gang) menjadi film terbaik dan paling berpengaruh dalam serial tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

  1. ^ a b Maltin, Leonard (1994). The Little Rascals: Remastered and Uncut, Volume 22 (Introduction) [Videorecording]. New York: Cabin Fever Entertainment/Hallmark Entertainment
  2. ^ Maltin & Bann, p. 243.
  3. ^ Burns, Linda (April 8, 2005). "Life & Times (interview with Donald Bogle) [Television broadcast". KCET. Los Angeles. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-04-21. Diakses tanggal 2015-02-03.  Transcript - Excerpt: "[The] interesting thing is the first real kind of African-American star in Hollywood was a [child actor]. His name was Ernest Morrison, whose stage name was "Sunshine Sammy." He worked with Harold Lloyd in the early "Our Gang" series. He was very well known in the African-American community in Los Angeles and much admired
  4. ^ (12-08-2005). "Hallmark to Sell Film-Production Entity". Hallmark.com. Retrieved from the Wayback Machine on 03-24-2013.
  5. ^ Citron, Alan (6 Juni 1990). "Qintex Entertainment to Sell Virtually All of Its Assets". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-03. Diakses tanggal 2015-02-03. 

Daftar pustaka

Pranala luar[sunting | sunting sumber]